Begini Ciri-Ciri Suami Selingkuh

Apakah akhir-akhir ini kamu mendapati gelagat pasangan terasa aneh dan tidak seperti biasanya? Terkadang sikap aneh pasangan atau suami bisa menjadi alasan saat seorang istri merasa bahwa suaminya berselingkuh. Bagaimana sebetulnya ciri ciri suami selingkuh?

Fenomena selingkuh sendiri saat ini menjadi hal yang semakin banyak dibicarakan. Jika tidak ingin salah menuduh, maka kamu harus tahu apa saja yang menjadi tanda atau ciri-ciri bahwa suami selingkuh. Yuk ladies coba gali lebih dalam apa itu selingkuh dalam hubungan.

Apa itu selingkuh

Selingkuh adalah suatu perbuatan tidak jujur, tidak berterus terang, dan menyembunyikan sesuatu. Biasanya dalam hubungan pacaran atau pernikahan, selingkuh juga diartikan sebagai penyelewengan terhadap pasangannya. Istilah ini sering digunakan sebagai suatu hal yang melanggar kesepakatan akan kesetiaan dalam hubungan.

Sebagai seorang wanita, tentunya kamu ingin menjaga hubungan dengan pasangan tetap awet tanpa hadirnya orang ketiga. Untuk itu, kamu perlu mengetahui ciri ciri suami selingkuh agar tidak terjadi kesalahpahaman yang mengakibatkan hubungan malah akan bubar.

Selingkuh dalam hubungan suami istri

Selingkuh bisa dilakukan oleh pria atau wanita, namun memang pria cenderung lebih banyak yang berselingkuh karena menginginkan kepuasan dalam hal seksual atau perhatian yang mungkin tidak dapat diberikan oleh pasangan.

Institute of Family Studies di Amerika Serikat menggunakan data survey dari YouGov Survey Infidelity tahun 2019 menemukan bahwa 20% pria menikah berselingkuh, sedangkan wanita hanya 10%. Melalui survey ini dapat dikatakan bahwa pria cenderung mempunyai peluang dua kali lipat berselingkuh daripada wanita.

Lalu bagaimana ciri dari suami yang berselingkuh dalam sebuah hubungan perkawinan?

9 Ciri ciri suami selingkuh

Ciri-ciri atau tanda umum saat pasangan selingkuh mungkin dapat kamu ketahui dari ulasan berikut ini:

1. Peningkatan penampilan

Jika pasangan terlihat berbeda penampilan, atau olahraga lebih banyak dari biasanya, hal ini bisa diartikan bahwa dia ingin terlihat berbeda untuk orang lain. Tidak ada salahnya jika ingin mengubah penampilan, namun ketahui apa yang menjadi alasan pasangan kamu mengubah penampilannya. Apalagi, untuk orang lain, bukan pasangannya.

2. Menggunakan ponsel/komputer secara rahasia

Ciri ciri suami selingkuh yaitu sering menggunakan telepon atau berkirim pesan secara rahasia. Meskipun hal itu adalah privasi masing-masing, namun jika pasangan sudah berlebihan dalam menggunakan ponsel, seperti menguncinya, membawa ke kamar mandi atau bahkan cenderung hidup dengan ponselnya, maka hal itu bisa diwaspadai.

3. Tidak dapat dihubungi saat ada hal penting terjadi

Pasangan sering tidak dapat dihubungi dengan berbagai alasan yang kurang masuk akal, seperti lembur atau perjalanan bisnis. Kebanyakan pasangan selingkuh akan sulit dihubungi bahkan saat keadaan genting sekalipun.

4. Berhubungan intim lebih sering atau tidak sama sekali

Tanda ini cukup bisa menjadi ciri-ciri saat pasangan selingkuh. Jika hubungan intim lebih sedikit, bisa jadi karena pasangan fokus dengan selingkuhan, namun jika lebih sering, bisa jadi karena menutupi kesalahan dan ingin bersikap wajar. Coba resapi apakah kamu terhubung secara emosional saat hubungan intim atau menjadi biasa saja.

5. Pasangan mempunyai sikap memusuhi

Sikap pasangan menjadi tertutup dan seolah memusuhi apapun yang kamu lakukan. Ciri ciri suami selingkuh yaitu selalu memberikan alasan yang kurang rasional dan memberikan banyak tekanan seolah kesalahan ada pada kamu.

6. Sering terjadi perubahan jadwal

Pasangan sering memberitahu perubahan jadwal mendesak, seperti lembur yang terus menerus sampai perjalanan bisnis yang seharusnya tidak ada dan alasan lain yang semakin lama tidak dapat diterima.

7. Pengeluaran yang tidak dapat dijelaskan

Pasangan tidak dapat menjelaskan bagaimana pengeluaran menjadi lebih banyak. Perselingkuhan dapat membuat pengeluaran membludak untuk kebutuhan dia dan selingkuhannya.

8. Keintiman emosional pudar

Tidak ada lagi keintiman emosional yang bisa dirasakan berdua. Tidak ada kepercayaan, hasrat atau hal penting lagi dalam kehidupan rumah tangga.

9. Pasangan menghindar saat ditanya mengenai perselingkuhan

Pasangan yang selingkuh selalu memiliki beribu cara mengalihkan topik pembicaraan ini dengan kamu. Pasangan cenderung akan berubah sikap dan menyalahkan pikiran serta perasaan kamu.

Beberapa ciri ciri suami selingkuh itu dapat dianalisa apakah suami selingkuh atau sekedar bosan dengan pernikahan? Apa yang menjadi penyebab perselingkuhan?

Penyebab suami selingkuh

Penyebab pasangan melakukan selingkuhan diketahui dapat melalui faktor individual atau pernikahan. Berikut ini adalah faktor individu pasangan melakukan perselingkuhan:

  • Kecanduan. Masalah penyalahgunaan obat seperti narkoba, alkohol dapat membuat seseorang tidak mempertimbangkan efek buruk saat berselingkuh.
  • Trauma masa kecil. Mempunyai riwayat trauma saat kecil seperti pelecehan seksual, diabaikan secara fisik atau emosional sehingga selingkuh digunakan sebagai cara mengatasi trauma yang ada.
  • Paparan perselingkuhan saat masa kecil. Melihat orang tua berselingkuh atau lingkungan yang banyak melakukan perselingkuhan dapat membuat keinginan selingkuh juga lebih tinggi.
  • Penyakit kejiwaan. Gangguan kejiwaan seperti bipolar dapat menjadi faktor risiko selingkuh dalam pernikahan.
  • Masalah psikologis. Gangguan kepribadian seperti narsistik dapat dikaitkan dengan kemungkinan selingkuh karena ego dan rasa berhak yang besar.
  • Kecanduan hubungan seksual. Kecanduan hubungan seksual karena tidak puas dengan pasangan dapat menjadi peluang perselingkuhan.

Selain itu, pasangan atau ciri ciri suami selingkuh jika dilihat dari hubungan rumah tangga bisa disebabkan karena:

  • Kekerasan dalam rumah tangga
  • Pelecehan secara emosi
  • Tekanan keuangan
  • Kurang komunikasi
  • Tidak ada rasa hormat antara suami istri
  • Rasa tidak puas dan bahagia dalam rumah tangga
  • Kurangnya komitmen hubungan
  • Pria bosan terhadap pasangan

Jika sudah terlihat ciri ciri suami selingkuh dalam rumah tangga atau hubungan, lalu bagaimana cara memperbaikinya?

Cara memperbaiki rumah tangga dari perselingkuhan

Pasangan yang berselingkuh tidak berarti hubungan juga akan kandas begitu saja, jika kamu masih memiliki keyakinan terhadap pasangan, ada beberapa cara untuk memperbaiki rumah tangga, yaitu:

  • Memutus kontak selingkuhan. Memutuskan kontak dengan selingkuhan melalui media apapun.
  • Berhenti cari alasan. Mengakui kesalahan dan berhenti mencari penyebab perselingkuhan serta mencari solusi untuk hubungan.
  • Saling memaafkan. Pasangan selingkuh bisa meminta maaf dengan tulus dan berusaha memperbaiki hubungan.
  • Kejujuran. Bertindak lebih jujur dalam hubungan.
  • Komitmen. Kuatkan kembali komitmen jika ingin bersama membangun rumah tangga lagi.
  • Konsultasi dengan ahli. Cari bantuan konselor pernikahan jika ingin rumah tangga terselamatkan.

Mendapati pasangan yang selingkuh memang menyakitkan, namun berusaha membangun kembali rumah tangga dan mencari solusinya adalah hal yang harus kamu lakukan. Pahami bagaimana ciri ciri suami selingkuh dan cara mengatasinya agar rumah tangga dapat kembali bahagia.

Share artikel ini
Reference