frigid artinya

Kata frigid bisa menjadi sesuatu yang dikhawatirkan oleh wanita dan pasangannya. Frigid merupakan masalah disfungsi seksual, yang dapat terjadi pada wanita dan disebabkan oleh masalah psikologis atau fisik.

Lantas, frigid artinya apa? Yuk, kenali ciri-ciri wanita frigid dan ketahui cara untuk mengatasinya segera.

Apa itu frigid

Frigid artinya disfungsi seksual pada wanita yang dapat berupa kegagalan merespons rangsangan seksual. Dikutip dari KBBI, frigid memiliki arti, tidak bergairah dalam hal seks, karena tidak ada keinginan melakukan hubungan seksual. Biasanya penyebabnya karena, kegagalan mencapai orgasme saat berhubungan seksual (anorgasmia) dan adanya rasa sakit saat berhubungan seksual bersama pasangan.

Frigid atau frigiditas sebenarnya merupakan istilah kuno di abad ke-20, yang sudah lama tidak digunakan. Kini istilah frigid artinya diganti menjadi hypogyneismus, yakni ketidakmampuan seorang wanita untuk mendapatkan kepuasan seksual dalam keadaan yang tidak sesuai.

Penggantian kata ini terjadi karena frigid memiliki konotasi menghina. Dalam konteks sosial, kondisi ini sering dijadikan alasan untuk merendahkan perempuan dan tidak dilihat sebagai gangguan kesehatan yang fatal.

Pada pertengahan abad ke-20, jika ada seorang wanita yang mengalaminya maka ia disebut sebagai wanita ‘dingin’. Adanya asumsi ini mengakibatkan wanita yang mengalami frigiditas kerap menjadi kambing hitam dan penyebab dari semua masalah keharmonisan rumah tangga.

Selain itu, ada asumsi lain bahwa wanita frigid memiliki karakter tidak menyenangkan, bahkan bertanggung jawab atas kegagalan pernikahan atau perselingkuhan yang dilakukan pasangan. Padahal, kondisi pria juga turut berperan dalam terjadinya disfungsi seksual pada wanita tersebut.

Penyakit frigid

Frigiditas bisa saja muncul dari adanya masalah psikologis atau emosional wanita, seperti:

  • Tekanan batin
  • Khawatir
  • Depresi
  • Kelelahan
  • Khawatir jika hamil
  • Adanya perasaan bersalah
  • Trauma pada kekerasan
  • Bertengkar dengan pasangan
  • Gangguan seksual pada wanita yang berakibat kerusakan saraf akibat cedera, maupun penggunaan alkohol dan obat tertentu.

Disfungsi seksual juga masalah umum yang dihadapi wanita. Hampir setengah dari semua wanita masih memiliki masalah seks yang terus-menerus, seperti kurangnya dorongan seks atau kesulitan orgasme. Jika kamu mengkhawatirkan hal ini, jangan ragu dan malu untuk segera periksa ke dokter atau psikiater.

Ciri wanita frigid

Ada berbagai ciri-ciri dan gejala disfungsi seksual pada, seperti berikut:

1. Hasrat seksual rendah

Jenis disfungsi seksual wanita paling umum yang dengan gejala seperti, kurangnya minat, serta keinginan seksual untuk melakukan hubungan. Bahkan bisa sama sekali tidak tertarik pada suatu hal yang berkonotasi seksual.

2. Gangguan gairah seksual

Bisa jadi kamu memiliki hasrat yang utuh untuk melakukan hubungan seksual, tapi merasa sulit untuk meningkatkan gairah atau tidak bisa terangsang. Mungkin juga kamu tidak dapat mempertahankan gairah selama aktivitas seksual.

3. Gangguan orgasme

Wanita frigid bisa memiliki minat dan keinginan yang cukup untuk melakukan aktivitas seksual, tapi mungkin mengalami kesulitan berulang sehingga tidak dapat mencapai orgasme. Padahal, kamu sudah memiliki gairah seksual cukup.

4. Gangguan nyeri seksual

Ciri-ciri ini bisa terlihat saat adanya rasa sakit saat menerima rangsangan seksual di area vagina. Kamu bisa merasakan nyeri saat terjadi penetrasi di dalam vagina dan membuat sesi bercinta menjadi sangat tidak nyaman.

Obat frigid

Penggunaan obat untuk mengatasi disfungsi sosial harus melalui resep profesional. Menurut Food and Drug Administration (FDA), Amerika, ada macam-macam obat perangsang wanita yang bisa dikonsumsi oleh wanita frigid, seperti :

1. Fibanserin (Addyi)

Pada dasarnya, obat ini sebagai antidepresan untuk obat kuat bagi wanita. Umumnya, berfungsi sebagai obat perangsang pada wanita yang kehilangan hasrat seksual, karena menopause. Tersedia dalam bentuk pil yang dapat diminum 1 dosis sebelum tidur. Untuk meminum obat ini kamu harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Biasanya konsumsi obat memakan waktu minimal 8 minggu untuk dapat meningkatkan libido rendah pada wanita.

2. Bremelanotida (Vyleesi)

Jenis obat perangsang wanita yang diberikan melalui suntikan. Dokter biasanya merekomendasikan obat ini pada wanita yang belum mengalami menopause. Obat perangsang ini dapat bekerja paling baik jika disuntikkan ke perut atau paha sekitar 45 menit, sebelum melakukan hubungan seksual.

Efek obat ini dapat bertahan selama kurang lebih 24 jam. Profesional medis tidak menyarankan wanita untuk  menggunakan obat kuat ini, sebagai cara untuk merangsang libido rendah lebih dari 8 kali dalam 1 bulan.

Meski begitu ada efek samping dari obat yang bisa saja muncul, antara lain:

  • Mual
  • Muntah
  • Sakit kepala
  • Ruam kulit di tempat suntikan

Untuk mendapatkan kedua jenis obat perangsang fibanserin dan bremelanotide tersebut, kamu harus berkonsultasi dengan dokter dan melakukan konseling terlebih dahulu.

Resep tradisional untuk mengobati wanita frigid

Jika masih ada ketakutan mencoba obat, kamu bisa mencoba resep tradisional yang bisa membantu meningkatkan gairah seksual pada wanita, berikut adalah caranya:

1. Berpikir positif dan mengelola stres

Beberapa penyebab frigiditas bisa muncul dari masalah psikologis. Untuk mengatasi gairah seksual, membutuhkan pikiran tenang dan positif. Jangan terburu-buru stres jika kamu tak bergairah saat berhubungan dengan pasangan. Beri waktu untuk berkomunikasi dengan pasangan sehingga mood bercinta terbangun dengan baik.

2. Makan buah dan cokelat

Beberapa makanan bisa berkhasiat membuat wanita cepat klimaks. Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral penting, yang dapat meningkatkan aliran darah, termasuk ke organ sensitif manusia. Kamu bisa mengonsumsi apel, pisang, dan alpukat untuk membangkitkan gairah seksual kamu. Selain buah-buahan, kamu juga bisa mengonsumsi cokelat yang merupakan salah satu makanan pembangkit gairah yang paling ampuh.

3. Foreplay

Sebelum penetrasi, coba lakukan foreplay untuk meningkatkan mood bercinta supaya meningkat. Luangkan lebih banyak waktu untuk menyentuh, berciuman, atau hal lain yang bisa merangsang keinginan bercinta sebelum terjadi penetrasi.

4. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan masalah seksual. Hal ini dapat meningkatkan hormon stres, dan berdampak negatif pada dorongan seksual kamu. Jika kamu tidak bisa tidur lebih banyak di malam hari, kamu bisa menjadwalkan tidur siang setiap hari selama 30 menit.

Meskipun frigid artinya kelainan seksual pada wanita, bukan berarti tidak bisa diobati. Jangan malu untuk mengutarakan masalah ini dengan pasangan agar terbangun hubungan yang sehat dan romantis.

Share artikel ini
Reference