hifu vagina

High Intensity Focused Ultrasound (HIFU) adalah perawatan pengencangan kulit non-invasif (tidak ada sayatan pada tubuh) yang tidak menimbulkan rasa sakit. Lalu, apa yang dimaksud dengan HIFU vagina?

Sebenarnya, perawatan HIFU awalnya digunakan sebagai terapi untuk tumor jinak (non-kanker). Prosesnya masih menggunakan gelombang ultrasonik yang menghantarkan panas untuk membunuh sel tumor. Faktanya, sejak 1990-an, HIFU telah diperkenalkan ke China sebagai terapi histeria mioma non-invasif baru.

Selain dikenal sebagai perawatan kecantikan, HIFU vagina merupakan metode perawatan untuk mengencangkan vagina dengan menggunakan teknologi ultrasound. Perawatan ini non-invasif atau non-bedah sehingga jarang menimbulkan rasa sakit.

Lantas, apa saja manfaat terapi HIFU yang perlu kamu ketahui? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

HIFU vagina adalah perawatan pengencangan

HIFU tidak ada sayatan, anestesi atau rasa sakit selama prosedur. Telah digunakan untuk mengobati inkontinensia urine atau gangguan pada kemih, peningkatan seksual, tidak hanya untuk mengencangkan vagina.

Ini Ciri-Ciri Rahim Sehat, Bukan Hanya Siklus Haid Yang Lancar

HIFU vagina adalah perawatan pengencangan dan peremajaan vagina non-bedah, menggunakan gelombang ultrasonik untuk menciptakan panas di vagina. Panas merusak sel-sel di vagina, memicu tubuh memproduksi kolagen untuk memperbaikinya, sehingga membuat saluran vagina yang lebih kencang.

Manfaat HIFU vagina

Pasien sering menghadapi perubahan vagina karena melahirkan, penurunan berat badan atau penuaan alami. Perawatan pengencangan vagina HIFU membawa banyak manfaat. Ada berbagai alasan wanita melakukan perawatan HIFU ini, yaitu:

1. Agar bentuk vagina lebih baik

Hal ini karena terapi HIFU dapat membantu mengencangkan vagina, sehingga secara tidak langsung memperbaiki penampilan vagina. Kamu akan melihat bahwa area vagina tidak akan melorot sebanyak sebelumnya dan mungkin tampak lebih kencang daripada sebelum perawatan.

2. Meningkatkan pelumasan pada vagina

Adanya energi panas dari gelombang ultrasonik dapat mengencangkan vagina secara instan. Selain itu, dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak kolagen di saluran vagina. Ini akan menciptakan lebih banyak pelumasan, dan dapat mengurangi ketidaknyamanan saat berhubungan.

Mengenal Sindrom MRKH, Kelainan Vagina dan Rahim Pada Wanita

3. Meningkatkan kenikmatan saat berhubungan seks

Perawatan pengencangan vagina HIFU dapat membantu meningkatkan kekencangan dinding vagina sehingga meningkatkan kenikmatan saat berhubungan seks.

Apakah HIFU vagina berbahaya?

HIFU vagina yang sehat adalah

Sebenarnya HIFU adalah perawatan mengencangkan kulit wajah. Hal ini disampaikan oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat yang menyebutkan bahwa HIFU dapat menyebabkan seorang wanita mengalami luka bakar dan bekas luka. Jadi, tidak disarankan untuk digunakan.

FDA awalnya mengizinkan laser dan perangkat berbasis energi terkait ke pasar untuk terapi kondisi serius, seperti kanker, kutil kelamin, atau operasi termasuk histerektomi saja.

FDA sendiri sebenarnya belum mengklarifikasi HIFU dapat digunakan untuk berbagai masalah dengan gejala menopause, inkontinensia urin dan fungsi seksual. Pasalnya, saat menopause, kadar estrogen turun, yang bisa menimbulkan gejala seperti nyeri saat berhubungan seksual.

Berikut efek samping dari HIFU sendiri menurut FDA:

  • Menyebabkan luka bakar jaringan vagina dan perut
  • Sakit perut saat berhubungan seks
  • Sakit kronis

Beragam manfaat HIFU terkait bisa mengencangkan vagina hingga kini belum ada bukti nyata. FDA mengeluarkan peringatan keras kepada dokter untuk tidak menggunakan terapi laser, termasuk HIFU untuk mengobati disfungsi seksual. Pasalnya, Komisaris FDA Scott Gottlieb mengatakan perempuan lah yang dirugikan karena efek samping perawatan vagina ini.

Gejala Kista Rahim dan Penyebabnya, Yuk Simak Ladies!

Manfaat perawatan HIFU yang perlu diketahui

Berikut berbagai manfaat terapi HIFU untuk kecantikan, antara lain:

  1. Mengencangkan dan menghaluskan kulit, termasuk di leher
  2. Mengurangi kerutan atau garis halus di wajah
  3. Menghilangkan kerutan pada alis, pipi, serta kelopak mata
  4. Bentuk atau tentukan garis rahang di wajah

Faktanya, prosedur ini efektif untuk orang berusia di atas 30 tahun dengan kerusakan kulit ringan hingga sedang. Sementara itu, orang dengan kerusakan kulit yang parah akan membutuhkan beberapa kali perawatan sebelum merasakan hasilnya.

Orang tua dengan masalah kulit yang sangat parah mungkin tidak cocok untuk HIFU dan memerlukan pembedahan, untuk lebih memenuhi harapan.

Efek HIFU akan bertahan selama rata-rata 1 tahun. Namun, jika Kamu memiliki kulit yang rusak akibat sinar matahari, mungkin diperlukan beberapa perawatan untuk melihat hasilnya.

Sedangkan manfaat terapi HIFU vagina adalah sebenarnya tidak dianjurkan menurut FDA, karena dapat merugikan wanita akibat efek samping yang ditimbulkannya.

Cara kerja pengencangan vagina dengan HIFU

Sistem HIFU pengetatan vagina menggunakan teknik pemfokusan ultrasonik non-invasif untuk menargetkan lapisan otot dan lamia mukosa. Dengan menggunakan gelombang ultrasonik sebagai sumber energi dan memanfaatkan penetrasi dan panjang fokusnya, daerah ultrasonik dengan intensitas lebih tinggi terbentuk, yang disebut daerah fokus.

Dalam sepersekian detik, suhu area tersebut dapat mencapai sedikit di atas 65 , sehingga kolagen diatur ulang dan jaringan normal di luar area fokus tidak rusak. Oleh karena itu, lapisan kedalaman yang diinginkan dapat memperoleh efek yang ideal dari konsentrasi kolagen, reorganisasi dan regenerasi.

HIFU vagina adalah perawatan pengencangan vagina, dengan metode tanpa sayatan, hanya menggunakan teknologi ultrasonik. Terapi HIFU sendiri sebenarnya sudah diperingatkan oleh FDA karena risikonya yang serius.

Share artikel ini
Reference