Mungkin kamu sudah sadar kalau akhir-akhir ini cuaca siang hari makin panas? Ternyata fenomena ini disebabkan oleh gelombang panas atau heatwave. Tidak hanya di Indonesia, gelombang panas yang menyengat juga dialami oleh negara lain, bahkan lebih parah!

Beberapa Negara Asia seperti India, Myanmar, Laos, China, dan Thailand melaporkan bahwa suhu 40°C berlangsung selama beberapa hari. Sedangkan di Indonesia, suhu maksimum harian juga dilaporkan mencapai 37,2°C. 

Meski begitu, BMKG menghimbau agar kita tidak panik menghadapi heatwave ini. Yuk, simak cara mengatasinya agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan!

Penyebab gelombang panas

penyebab keringat dingin dan cara mengatasinya

Gelombang panas terjadi karena beberapa fenomena alam yang akhirnya mengakibatkan udara menjadi panas. Berikut beberapa penyebabnya:

Global warming (pemanasan global)  

Penyebab paling umum adalah pemanasan global. Peristiwa ini tidak hanya mempercepat kemungkinan datangnya gelombang panas, tapi juga memperburuk dampaknya. Global warming sendiri banyak disebabkan oleh efek rumah kaca hingga emisi gas berbahaya. Dampaknya akan lebih parah bila memang iklim panas sedang terjadi di suatu daerah. 

Tekanan tinggi di atmosfer

Tekanan tinggi di atmosfer juga menjadi salah satu penyebab terbentuknya gelombang panas. Tekanan tinggi ini akan membuat udara panas turun ke permukaan bumi, yang seharusnya panas dibiaskan di lapisan ini. 

Ketika panas turun secara berkelanjutan dan dalam intensitas tertentu, maka akan terbentuk gelombang panas. Akibat lainnya, awan tidak akan memproduksi muatan hujan dan udara akan memiliki suhu yang lebih tinggi.

Kombinasi panas dan kelembaban ekstrim

Kombinasi suhu panas ekstrem dengan kelembaban juga menyebabkan gelombang panas. Namun gelombang panas yang disebabkan perpaduan ini biasanya tidak berlangsung terlalu lama. 

Migrain Adalah Sakit Kepala Sebelah, Ini Cara Mengatasinya!

Tidak adanya hujan dalam waktu lama

Keseimbangan antara hujan dan panas tentu akan berpengaruh pada berbagai aspek. Termasuk pada kemungkinan terjadinya gelombang panas. Nyatanya, intensitas terjadinya hujan dalam kurun waktu tertentu akan meningkatkan potensi terjadinya gelombang panas.

Ciri datangnya gelombang panas yang bisa dicermati yaitu kelembaban tinggi, permukaan tanah pecah-pecah, sumber mata air yang kering, suhu naik ekstrem secara tiba-tiba sehingga kamu merasa sering kegerahan.

Pengaruh gelombang panas pada kesehatan

Adakah pengaruh gelombang panas terhadap kesehatan tubuh? Jawabannya tentu ada! Apalagi jika kamu terbiasa tinggal di tempat dengan suhu sejuk, maka dampaknya terhadap tubuh akan sangat berbeda. 

Dehidrasi

Saat terjadi gelombang panas, umumnya orang akan merasa lebih cepat dehidrasi. Namun sebagian orang menghiraukan hal ini dan menganggapnya hal biasa. Hati-hati, bila kamu merasakan gejala dehidrasi, segera penuhi kebutuhan cairan tubuh dan untuk sementara hindari udara panas di luar ruang.

Kulit kering

Tidak hanya berkaitan dengan hidrasi tubuh, gelombang panas juga berpengaruh pada kesehatan kulit secara langsung. Kulit yang cepat kering, tiba-tiba kemerahan, bahkan bisa menimbulkan bercak kehitaman pada kondisi tertentu. Solusi yang bisa digunakan salah satunya dengan sering mengaplikasikan krim sunblock

Sontek Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik Secara Tradisional Ini!

Emosi tidak stabil

Pahami juga tidak hanya kesehatan fisik, tidak jarang mental lebih tidak stabil ketika merasakan panas akibat gelombang panas. Misalnya, kamu akan lebih sering emosi karena sedang merasa tidak nyaman akibat cuaca panas.

Suhu tubuh meningkat

Suhu tubuh yang cenderung naik signifikan juga bisa terjadi padahal tubuh dalam keadaan sehat. Menjaga tubuh agar tetap dingin bisa jadi upaya agar terhindar dari berbagai kemungkinan buruk termasuk dehidrasi.

8 Cara mengatasi gelombang panas

Mengatasi dampak gelombang panas memerlukan perhatian dan kesadaran. Baik secara global maupun personal, ada banyak hal yang bisa diupayakan demi menekan kemungkinan dampak buruk menimpa diri sendiri.

Secara global bersama institusi petinggi yang bisa dilakukan:

  • Mulai gaya hidup go green
  • Kurangi bangunan kaca
  • Kurangi emisi gas berbahaya, dll.

Secara personal kamu bisa melakukan:

  • Jaga hidrasi tubuh dengan sering minum air mineral
  • Gunakan pakaian yang nyaman
  • Hindari produksi sampah berlebihan
  • Gunakan krim pelindung panas
  • Atur intensitas kegiatan di luar ruangan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menekan kemungkinan dampak negatif dari gelombang panas. Perhatikan apa saja pengaruh gelombang panas terhadap kesehatan dan mulai melakukan langkah antisipasi yang tepat. 

__________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference