gejala tukak lambung

Tukak lambung adalah luka terbuka yang berkembang di lapisan perut. Gejala tukak lambung terjadi ketika lapisan pelindung di lambung telah terkikis, sehingga memungkinkan asam lambung dan enzim pencernaan menggerogoti lambung. Ini akhirnya menghasilkan luka terbuka yang terus-menerus teriritasi oleh asam. 

Jika tidak diobati, mereka dapat menyebabkan komplikasi serius pada tubuhmu, seperti pendarahan internal. Seiring waktu, mereka bahkan bisa memakai lubang sepanjang jalan. Ini adalah keadaan darurat medis.

Penyebab tukak lambung

Saluran pencernaan dilapisi dengan lapisan lendir yang biasanya melindungi terhadap asam. Tetapi jika jumlah asam meningkat atau jumlah lendir berkurang, kamu bisa mengalami tukak lambung.

Penyebab umum bisa disebabkan infeksi bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini umumnya hidup di lapisan lendir yang menutupi dan melindungi jaringan yang melapisi lambung dan usus kecil.

Seringkali, bakteri H. pylori tidak menyebabkan masalah, tetapi dapat menyebabkan peradangan pada lapisan dalam lambung, yang menyebabkan tukak. Tidak jelas bagaimana infeksi H. pylori menyebar. Ia dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak dekat, seperti berciuman. Orang juga dapat tertular H. pylori melalui makanan dan air.

Penggunaan pereda nyeri tertentu secara teratur. Mengkonsumsi aspirin, serta obat nyeri yang dijual bebas dan diresepkan tertentu yang disebut obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), dapat mengiritasi atau mengobarkan lapisan lambung dan usus kecilmu.

Obat-obatan ini termasuk ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya), naproxen sodium (Aleve, Anaprox DS, lainnya), ketoprofen, dan lainnya. Mereka tidak termasuk acetaminophen (Tylenol, lainnya).

Gejala tukak lambung

asam lambung naik saat puasa

Meskipun gejala tukak lambung mungkin tidak ada atau cukup samar, sebagian besar tukak lambung berhubungan dengan ketidaknyamanan perut. Biasanya rasa sakit ini terasa seperti menggerogoti, terbakar, seperti kram, sakit, atau “mulas.” tukak lambung biasanya muncul dengan rasa sakit di perut segera setelah makan. Sebaliknya, tukak duodenum cenderung terasa nyeri saat perut kosong.

Asam lambung memperburuk rasa sakit, seperti halnya perut kosong. Rasa sakit seringkali dapat diredakan dengan makan makanan tertentu yang menyangga asam lambung atau dengan minum obat penurun asam, tetapi kemudian rasa sakit itu bisa muncul kembali. Rasa sakit mungkin lebih buruk antara waktu makan siang dan di malam hari.

Gejala lain termasuk:

  • Bersendawa
  • Gangguan pencernaan
  • Perut kembung
  • Darah dalam muntahan atau tinja berwarna hitam dapat mengindikasikan pendarahan di lambung atau duodenum, yang menunjukkan masalah parah yang memerlukan perhatian medis segera.

Perbedaan maag dan tukak lambung

Maag (Gastritis) dan tukak lambung (Peptic Ulcer Disease (PUD)) adalah kondisi yang sangat berbeda. Namun, dalam kedua kasus tersebut dapat menyebabkan komplikasi parah jika tidak diobati dengan benar. Jadi, jangan sampai kondisi ini dibiarkan begitu saja!

Maag adalah peradangan pada lapisan lambung. Di sisi lain, penyakit tukak lambung adalah luka atau borok yang menyakitkan yang berkembang di lapisan perut atau duodenum karena produksi dan penyimpanan asam klorida yang berlebihan.

Meski banyak yang salah mengira kondisi ini disebabkan karena makan berlebihan atau mengonsumsi makanan yang salah, ada berbagai penyebab gangguan pencernaan ini.

Maag: Lambung adalah organ kompleks dengan banyak fungsi. Gastritis terjadi ketika sel-sel yang melapisi usus kamu menjadi bengkak dan mulai menghancurkan jaringan di dekatnya karena mereka percaya ada sesuatu yang bermanfaat di dekat mereka – seperti makanan!

Tukak lambung: Perkembangan tukak lambung disebabkan oleh beberapa faktor yang merusak faktor pelindung yang melapisi lambung (tukak lambung) dan duodenum (tukak duodenum). Berlawanan dengan pendapat umum, sekresi asam lambung yang berlebihan jarang menjadi faktor penyebab tukak lambung. 

Maag dan Tukak lambung mungkin memiliki penyebab yang berbeda tetapi biasanya memiliki banyak gejala yang sama. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan, jadi yang terbaik adalah dapat mengidentifikasinya sejak dini. Jika kamu mengalami salah satu gejala di bawah ini, kamu harus berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan resmi.

Cara mengobati tukak lambung dengan alami 

1. Madu 

Asupan madu mentah bermanfaat untuk sakit tukak lambung. Sifat analgesiknya akan membebaskan kamu dari rasa sakit. Sementara, sifat anti inflamasi akan bertindak untuk mengurangi tanda-tanda peradangan tertentu seperti pembengkakan, nyeri tekan, demam dan nyeri yaitu mencegah atau mengurangi peradangan.

Sifat antibakteri akan menghancurkan bakteri atau menekan pertumbuhannya atau kemampuannya untuk bereproduksi. Sifat antioksidan membuat penyembuhan lebih cepat. Namun, Madu tidak direkomendasikan untuk anak-anak di bawah usia 1 tahun karena risiko botulisme bayi, suatu bentuk keracunan makanan yang langka namun parah.

2. Air jeruk nipis

Asupan air jeruk nipis secara teratur akan membantu dalam mengobati tukak lambung karena memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri. Selain itu garam mineral dan asam sitrat juga membantu mengatasi masalah tersebut. Jika flu sering menyerang, maka jangan memilih buah jeruk karena memiliki sifat histamin, lebih baik pilih opsi lain.

3. Bubuk biji ketumbar

Campur bubuk ketumbar kering dalam air dan didihkan. Minumlah secara teratur setelah disaring. Ini adalah alternatif terbaik karena memiliki sifat analgesik, anti inflamasi, antibakteri, antimikroba, dan antioksidan. 

4. Jus kemangi

Tukak lambung dapat diobati dengan asupan rutin jus kemangi karena memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri, karminatif. Selain itu juga adaptogenik yang meningkatkan respons alami tubuh terhadap stres fisik dan emosional.

5. Kulit kenari hitam

Rebus bubuk kulit kenari hitam dalam air, saring dan ambil. Ini memiliki sifat anti-tukak.

6. Yogurt dan Kunyit

Campurkan satu sendok makan bubuk kunyit dalam yogurt dan konsumsi secara teratur. Kunyit, ketika ditambahkan yogurt, dapat membantu mengisi usus dengan bakteri bermanfaat sebelum bakteri berbahaya mengambil alih.

Share artikel ini
Reference