qust al hindi obat apa ini manfaat dan aturan pakainya

Banyak orang yang mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata qust al hindi. Yaps, akhir-akhir ini qust al hindi atau yang populer dengan sebutan qusthul hindi ini memang marak diperbincangkan. Terlebih sejak adanya wabah Covid-19. Lalu, qust al hindi obat apa, sih? Yuk, cari tahu selengkapnya!

Selain obat-obatan medis yang dokter berikan, tak sedikit pula orang yang mencoba berbagai pengobatan herbal, termasuk pengobatan dengan qusthul hindi. Seperti namanya, qust al hindi merupakan obat herbal yang berasal dari negara India dan telah terbukti mampu mengobati berbagai macam penyakit, termasuk penyakit akibat virus Covid-19.

Fakta menariknya, qust al hindi ini sudah terkenal sejak beberapa abad silam. Bahkan, qust al hindi dikenal sebagai rempah kesukaan Rasulullah SAW, lho! Meski berasal dari India, obat ini digunakan untuk pengobatan di Arab, Persia, hingga Yunani. 

Qust al hindi obat apa?

Qusthul hindi atau dengan nama lain kayu India ini merupakan salah satu tanaman berbunga yang mampu hidup di sekitar dataran tinggi dengan cuaca dingin. Faktanya, tanaman ini memiliki lebih dari 300 jenis dengan berbagai macam nama, seperti mu xiang, kuth, costus, dan mokkou.

Dari banyaknya jenis qusthul hindi, salah satu jenisnya yaitu S. asteraceae mampu hidup di ketinggian 12.000 kaki tepatnya di pegunungan Himalaya, lho! Nah, berdasarkan sejarah, sejak berabad-abad lalu, tanaman herbal ini sebenarnya sudah digunakan oleh masyarakat India maupun Tibet untuk mengobati berbagai penyakit.

Kalau kamu tanya qust al hindi obat apa, dulunya tanaman ini digunakan sebagai obat infeksi, pereda nyeri, hingga anti inflamasi. Bahkan, tak sedikit orang yang mengeringkan akarnya untuk kemudian diproses menjadi sebuah suplemen.

Meski telah digunakan sejak ribuan tahun silam. Namun, sampai saat ini, masih banyak para ahli yang memutuskan untuk meneliti lebih jauh khasiat qust al hindi untuk kesehatan. 

Kendati masih dalam penelitian, tetapi faktanya tanaman herbal ini memang memiliki sejumlah nutrisi baik, seperti enzim cyclooxygenase (COX) dan antibakteri yang diyakini mampu membunuh berbagai patogen jahat, mulai dari Staphylococcus aureus, bakteri E. Coli, dan Pseudomonas aeruginosa

Sering Digunakan Sebagai Pereda Nyeri, Arcoxia Obat Apa Sih?

Beragam manfaat qust al hindi

qust al hindi obat apa

Kamu bisa mengetahui qust al hindi obat apa apabila kamu mengetahui berbagai manfaat yang ditawarkan dari obat herbal ini. Dengan obat herbal ini, kamu bisa mendapatkan manfaat, seperti:

1. Mengobati cacingan

Masalah cacingan memang bisa siapa saja alami. Selain diobati menggunakan perawatan medis, kamu juga bisa mengatasi masalah cacingan dengan qust al hindi ini. Pasalnya, di dalam qust al hindi terdapat zat yang dipercaya mampu membunuh parasit cacing hingga memperlambat pergerakan usus.

Tak hanya itu, zat tersebut juga mampu mengurangi jumlah telur cacing yang biasanya ditemukan dalam feses. Bahkan, manfaat yang didapat dari qust al hindi ini terbilang hampir sama efektifnya dengan obat cacing pirantel pamoat, lho!

2. Mengatasi masalah saluran pernapasan

Dengan berbagai kombinasi kandungannya, qusthul hindi juga berkhasiat mencegah penyempitan pada saluran pernapasan. Maka tak heran jika obat ini diklaim mampu mengatasi asma dan berbagai masalah pada saluran pernapasan.

3. Sebagai antibiotik

Meski qusthul hindi tergolong obat herbal, namun obat ini memiliki senyawa yang dikaitkan sebagai antibiotik. Memiliki sifat antibiotik, ternyata beberapa jenis bakteri seperti Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, dsn methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) mampu dibunuh oleh qusthul hindi.

Perlu diketahui bahwa, obat herbal yang dianggap sebagai alternatif pengobatan untuk Covid-19 ini ternyata masih dalam penelitian dan dalam tahap in silico atau simulasi komputer. Jadi, masih diperlukan uji klinis yang tepat untuk membuktikan qusthul hindi bisa menyembuhkan Covid-19.

Latibet Obat Apa? Ketahui Dosis dan Efek Sampingnya!

Dosis atau aturan pakai

Di Indonesia, kamu bisa menemukan qusthul hindi dalam bentuk kapsul, serbuk obat, hingga akar yang telah dikeringkan. Untuk aturan penggunaannya pun berbeda-beda. Namun di antara jenis tersebut, qusthul hindi berbentuk serbuk lah yang paling banyak digunakan.

Adapun aturan penggunaan qusthul hindi dalam bentuk serbuk, yaitu dengan menyeduhnya bersama segelas air atau susu panas dan campurkan 1 sdt serbuk qusthul hindi, kemudian aduk rata. Setelah tercampur, biarkan sampai ampasnya turun. Baru kamu bisa meminumnya.

Apa saja efek samping qusthul hindi?

Meski qusthul hindi tergolong obat herbal, namun bukan berarti tidak bisa menimbulkan efek samping sama sekali. Walau jarang terjadi, tetapi qusthul hindi bisa menyebabkan efek samping pusing dan mual.

Perlu dicatat bagi kamu yang alergi serbuk bunga serbuk bunga atau makanan yang berasal dari keluarga bunga daisy, sebaiknya hindari mengonsumsi qusthul hindi atau sebelum menggunakannya lebih baik lakukan konsultasi terlebih dahulu.

Apa Kegunaan Obat Helixim 100 dan Efek Sampingnya?

Dari penjelasan di atas, kini kamu sudah tidak bertanya-tanya qust al hindi obat apa kan, Yoonies? Faktanya, obat herbal ini bisa mengobati berbagai macam penyakit, termasuk cacingan hingga masalah pernapasan.


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference