manfaat kentang untuk ibu hamil

Siapa sangka kentang ternyata memiliki manfaat penting untuk ibu hamil. Adanya kandungan asam folat dalam kentang membantu perkembangan sistem saraf pada janin, dan membantu pembentukan sel-sel tubuh.

Selain itu, kentang juga kaya vitamin A dan C, yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan kulit serta jaringan tubuh.

Manfaat kentang untuk ibu hamil memang beragam. Hal ini karena kentang mengandung mineral penting seperti kalium, magnesium, dan kalsium. Untuk tetap menjaga nutrisinya, hindari menggoreng kentang karena dapat meningkatkan kadar lemak dan kalori.

Manfaat kentang untuk ibu hamil

manfaat jalan pagi untuk ibu hamil

Berikut beberapa manfaat sayuran kentang yang baik untuk ibu hamil, antara lain:

1. Membantu perkembangan janin

Memiliki sumber vitamin A, C dan mineral seperti zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium dapat membantu perkembangan janin lebih sehat.

2. Menurunkan risiko masalah otak dan tulang belakang

Mengandung asam folat dalam jumlah tinggi yang bermanfaat untuk pengembangan sistem saraf janin. Asam folat memiliki peran penting dalam pembentukan saraf sel dan jaringan tubuh yang sedang berkembang, termasuk otak dan tulang belakang.

Dengan mengonsumsi kentang, pada tahap awal kehamilan, dapat membantu mengurangi risiko masalah pada otak dan tulang belakang janin, seperti cacat tabung saraf.

3. Meningkatkan sistem imun tubuh

Salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan B, seperti kentang.

Vitamin C berperan dalam memperkuat sistem imun, membantu proses penyembuhan luka, dan melindungi sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, vitamin B yang terkandung dalam kentang juga berperan dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

7+ Manfaat Apel untuk Ibu Hamil, Dapat Meningkatkan Imun

4. Meredakan kantung mata bengkak

Salah satu manfaat kentang bagi ibu hamil adalah sebagai cara meredakan kantung mata yang bengkak. Kantung mata bengkak merupakan gejala umum pada kehamilan.

Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mencoba menempelkan potongan kentang mentah yang telah dibersihkan pada area kantung mata selama 10-15 menit.

5. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Manfaat kentang untuk ibu hamil juga mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan darah tinggi. Hal ini berasal dari kulit kentang yang memiliki kandungan kalium tinggi.

Efek samping kentang untuk ibu hamil

efek samping kentang untuk ibu hamil
efek samping kentang untuk ibu hamil

Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan dari konsumsi kentang adalah sebagai berikut:

1. Masalah pencernaan

Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, senyawa seperti alpha-solanine, glycoalkaloids, dan alpha-chaconine ini dapat menyebabkan toksisitas dan mengganggu fungsi pencernaan, yang dapat menyebabkan muntah dan diare. Hal ini juga dapat berdampak pada perkembangan janin selama kehamilan.

2. Risiko anomali kongenital

Konsumsi kentang secara berlebihan dapat meningkatkan terjadinya risiko cacat lahir seperti kelainan tulang belakang dan kelainan pada otak.

3. Diabetes gestasional

Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, berisiko lebih tinggi mengalami diabetes gestasional, yaitu diabetes yang muncul selama kehamilan.

Diabetes gestasional dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan ibu dan bayi, termasuk bayi yang lahir dengan berat badan lebih besar dari normal, kesulitan bernapas, tekanan darah rendah, dan risiko kematian setelah melahirkan.

5 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Mampu Kurangi Risiko Diabetes

Cara konsumsi kentang yang aman saat hamil

Selama hamil, kamu dapat mencoba berbagai cara memasak kentang sesuai dengan selera kamu, antara lain:

1. Memanggang kentang tanpa keju

Kamu dapat memanggang kentang dalam oven dengan tambahan bumbu seperti minyak zaitun, bawang putih, dan rempah-rempah sesuai selera.

2. Menggabungkan kentang dengan sayuran, ikan, dan daging lainnya

Kentang dapat menjadi bahan yang enak dalam campuran hidangan seperti tumis sayuran dengan kentang, ikan panggang dengan kentang, atau daging panggang dengan kentang sebagai pelengkap.

3. Sup kentang atau rebus kentang

Agar manfaat kentang untuk ibu hamil terjaga, kamu dapat membuat sup kentang yang lezat dengan menambahkan sayuran, rempah-rempah, dan kaldu.

Resep makanan kentang yang mudah dibuat

berapa kalori kentang rebus

Berikut adalah berbagai resep yang bisa kamu coba untuk mengolah kentang menadi lebih enak dan bergizi.

1. Veggie Wrap

Siapkan bahan:

Stik sayuran dari timun, wortel, dan lainnya

Rice paper
Daun selada
Bawang bombay : 30 gram
Kubis : 30 gram
Wortel: 30 gram
Paprika merah/hijau: 30 gram
Saus Tomat : 10 gram
Saus Cabai Hijau : 5 gram
Bumbu opsional: sesuai selera
Daun ketumbar cincang halus: untuk hiasan
Kertas mentega / kertas aluminium : 1 lembar

Moms, Sontek Resep Hati Ayam yang Bagus Untuk Promil Ini

Cara membuat:

  • Panaskan minyak dan goreng stik sayuran selama 3 menit pada suhu 180 derajat celcius. Kemudian tiriskan dan sisihkan.
  • Campurkan selada dengan bumbu daun ketumbar cincang dan air jeruk nipis.
  • Letakkan stik sayuran di atas rice paper
  • Taburkan salad di bagian tengah di atas stik sayuran, siram dengan saus sesuai selera.
  • Gulung rice paper dan siap disantap.

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference