manfaat alpukat untuk promil

Alpukat termasuk buah yang cukup banyak dinikmati orang di seluruh dunia. Tak hanya untuk kesehatan secara umum, ternyata manfaat alpukat untuk promil patut untuk diacungi jempol.

Alpukat kaya akan vitamin dan serat, yang membantu kesehatan pencernaan dan menjaga kesehatan reproduksi. Lantas bagaimana hal tersebut bisa bermanfaat untuk promil? Berikut penjelasannya.

Langkah-langkah promil

asam folat untuk promil

Bagi sebagian orang, menyiapkan tubuh mereka untuk kehamilan membutuhkan waktu beberapa bulan. Sementara bagi yang lain, mungkin butuh waktu lebih lama.

Apakah ini kehamilan pertama, kedua, atau keenam, berikut adalah langkah-langkah penting untuk membantu kamu mempersiapkan kehamilan yang paling sehat.

1. Buat Rencana dan Ambil Tindakan

Perencanaan yang dimaksud di sini termasuk pada kesiapan mental dan pasangan untuk memiliki anak. Pasalnya, memiliki dan membesarkan anak membutuhkan tenaga ekstra. Jika kamu sudah yakin untuk memiliki anak, tetapkan tujuan dan segera ambil tindakan.

Bila kamu memakai KB, segera hentikan pemakaian dan mulailah persiapkan diri dengan memakan makanan yang membantu promil.

2. Temui Dokter 

Sebelum hamil, bicarakan dengan dokter tentang perawatan kesehatan prakonsepsi. Dengan begitu, dokter dapat mengetahui bagaimana kondisi kamu dan pasangan secara menyeluruh.

Bila dokter mendapati suatu kondisi yang mengganggu sistem reproduksi, kamu bisa mendapatkan perawatan dini. Cara ini tidak hanya berguna untuk persiapan kehamilan, tapi juga selama dan setelah kehamilan, untukmu, pasangan, dan si buah hati.

Selain kondisi medis, dokter juga dapat menyarankan gaya hidup dan obat-obatan tertentu untuk meningkatkan peluang memiliki anak.

3. Konsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari

Memiliki cukup asam folat dalam tubuh setidaknya 1 bulan sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat lahir utama pada otak dan tulang belakang bayi yang sedang berkembang (anencephaly dan spina bifida).

5+ Makanan Yang Mengandung Asam Folat Untuk Ibu Hamil

4. Berhenti minum alkohol, merokok, dan menggunakan obat tertentu

Jika kamu mencoba untuk hamil dan tidak dapat berhenti minum, merokok, atau menggunakan obat-obatan, hubungi penyedia layanan kesehatanmu. Ketiga aktivitas tersebut dapat menyebabkan banyak masalah selama kehamilan, seperti kelahiran prematur, cacat lahir, dan kematian bayi.

5. Menghindari zat beracun dan lingkungan tercemar

Hindari bahan kimia berbahaya, kontaminan lingkungan, dan zat beracun lainnya seperti bahan kimia sintetik, beberapa logam, pupuk, semprotan serangga, dan kotoran kucing atau hewan pengerat di sekitar rumah dan di tempat kerja. Zat-zat tersebut dapat merusak sistem reproduksi pria dan wanita. Mereka dapat membuat lebih sulit untuk hamil. 

Paparan duri bahkan dalam jumlah kecil saat kehamilan, masa bayi, masa kanak-kanak, atau pubertas bahkan dapat menyebabkan penyakit. Pelajari cara melindungi dirimu dan orang yang kamu cintai dari zat beracun di tempat kerja dan di rumah.

6. Mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk berbagai kondisi serius, termasuk komplikasi selama kehamilan, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker tertentu (endometrium, payudara, dan usus besar). Dan orang yang kekurangan berat badan juga berisiko mengalami penyakit serius. masalah kesehatan.

Kunci untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat bukanlah tentang perubahan pola makan jangka pendek. Ini tentang gaya hidup yang mencakup makan sehat dan aktivitas fisik secara teratur.

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa, Buat Timbangan Turun!

Jika kamu kekurangan berat badan, kelebihan berat badan, atau obesitas, bicarakan dengan dokter tentang cara mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat sebelum hamil.

7. Pelajari sejarah keluargamu

Mengumpulkan riwayat kesehatan keluarga dapat membantu mengidentifikasi faktor-faktor yang mungkin memengaruhi si buah hati selama masa janin, bayi atau masa kanak-kanak atau kemampuanmu untuk hamil. 

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa kelainan jantung saudara perempuanmu atau penyakit sel sabit sepupu dapat memengaruhi kondisimu. Berbagi informasi ini dengan dokter sangatlah penting dan sangat membantu.

8. Dapatkan Kesehatan Mental

Kesehatan mental juga sangat penting untuk kehamilan. Bukan hanya untukmu, tapi juga pasanganmu. Rasa khawatir, cemas, sedih, atau stres yang tidak normal dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi kesehatan bahkan keguguran. Jadi pastikan untuk selalu menjaga kesehatan mental.

Manfaat Kunyit untuk Promil yang Bagus untuk Kehamilan!

Alpukat untuk promil

manfaat alpukat untuk kesehatan

Penelitian menunjukkan bahwa alpukat menunjukkan hasil positif dalam mendukung program hamil. Jadi apa yang membuat alpukat begitu istimewa dalam hal kesuburan wanita dan pria?

1. Nutrisi Tinggi

Alpukat padat nutrisi dengan folat (asam folat) yang merupakan kunci untuk kesehatan prakonsepsi. Mereka adalah sumber vitamin E yang luar biasa, yang menurut penelitian dapat bermanfaat dalam memperbaiki lapisan rahim.

2. Lemak Sehat

Alpukat mengandung banyak lemak — tetapi ini adalah jenis yang baik! Lemak tak jenuh dalam alpukat dapat membantu mengelola gula dan mengurangi peradangan serta risiko penyakit jantung.

3. Kaya fitonutrien

Alpukat juga kaya fitonutrien yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan.

Alpukat dapat dikombinasikan dengan makanan penambah kesuburan lainnya seperti yogurt dan jus jeruk nipis untuk membuat saus, saus, salad, saus, dan bahkan es krim yang lezat.

Rahasia 10 Manfaat Kacang Hijau untuk Promil yang Perlu Kamu Tahu!

Makanan yang disarankan saat promil

Selain alpukat, yuk coba makanan berikut untuk bantu tingkatkan peluang mendapatkan momongan.

1. Biji bunga matahari

Kesuburan pria bisa mendapat dorongan dari biji bunga matahari, yang bagus untuk meningkatkan motilitas sperma dan jumlah sperma. Taburkan biji bunga matahari pada salad atau cobalah mentega biji bunga matahari yang dioleskan pada roti bakar.

2. Sayuran hijau tua

Kale, bayam, dan chard Swiss mengandung nutrisi prenatal yang penting seperti kalsium, zat besi, dan folat (yang juga membantu melindungi dari cacat lahir), belum lagi banyak serat makanan penting harian.

3. Bit

Bit diketahui dapat meningkatkan aliran darah ke rahim untuk membantu implantasi embrio. Itu sebabnya mereka harus ditambahkan ke daftar makanan terutama bagi kamu yang sedang dalam promil.

4. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan beta-karoten, yang dikenal membantu meningkatkan produksi hormon progesteron.

5. Berry

Dalam hal makanan kesuburan, buah beri adalah salah satu yang paling mudah didapat. Blueberry, stroberi, dan raspberry kaya akan antioksidan seperti folat dan seng. Antioksidan menonaktifkan radikal bebas di tubuhmu, yang dapat merusak sel sperma dan sel telur.

Catatan untukmu: pastikan untuk memilih berry organik karena buah ini sering diberi pestisida karena ‘peminatnya’ yang banyak.

6. Salmon

Salmon adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi jika kamu berharap untuk meningkatkan kesuburan, berkat sumber asam lemak omega-3 dan DHA yang luar biasa, yang penting untuk perkembangan otak dan mata bayi. Salmon liar, terutama, rendah merkuri dan anti-inflamasi.

7. Sarden

Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat optimal omega-3 penting dalam pengelolaan kesuburan wanita. Usahakan untuk memilih salmon segar, bukan yang kalengan ya.

8. Kenari

Jika kamu ingin camilan ramah kesuburan, tidak perlu mencari yang lain selain kacang kenari. Kacang ini merupakan sumber lemak omega-3 dan vitamin E yang sangat baik (yang juga bagus untuk kesehatan endometrium), serta vitamin B dan protein. 

Kacang pembangkit tenaga listrik ini tinggi serat dan satu-satunya makanan vegetarian yang mengandung omega-3 yang sehat. Belum lagi magnesium, yang membantu meningkatkan progesteron dan diketahui bisa mengurangi mual di pagi hari.

9. Yoghurt Yunani

Yogurt Yunani mengandung kalsium dan vitamin D yang bagus, yang membantu folikel ovarium menjadi matang dan memperkuat tulang. Satu porsi yogurt yunani adalah semua yang kamu butuhkan untuk mendapatkan vitamin esensial ini.

Jika Anda membuat parfait yogurt Yunani, sertakan buah beri, satu sendok makan selai kacang tanpa pemanis, dan beberapa kenari di atasnya untuk efek penuh.

—-

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference