manfaat buah lontar untuk promil

manfaat buah lontar untuk promil

Kamu sudah pernah dengar tentang buah lontar? Yap, buah ini berasal dari pohon lontar yang tumbuh di daerah tropis, seperti Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Biasanya, di satu pohon akan ada 50-300 buah lontar, lho. 

Kalau dari segi bentuknya, buah lontar memiliki bentuk bulat atau oval dengan kulit yang keras. Di dalamnya, terdapat daging buah yang berair dan menyegarkan, lho.

Apalagi, buah lontar memiliki rasa yang manis dan segar, serta kandungan air yang tinggi sehingga bisa menghilangkan dahaga. 

Selain itu, buah lontar juga kaya akan nutrisi. Untuk itu, ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi buah lontar, baik untuk kamu yang sedang promil atau program hamil.

Kandungan gizi dan vitamin buah lontar

Sebelum membahas manfaat buah lontar untuk promil, ketahui dulu bahwa kandungan gizi dan nutrisi dalam buah satu ini tidaklah main-main.

Hanya dengan mengonsumsi buah lontar, kamu bisa mengembalikan cairan tubuh, menambahkan energi, dan masih banyak lagi.

Agar lebih paham, berikut ini rincian nutrisi yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi buah lontar:

  • Air: 77 gram
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 21 gram
  • Kalsium: 9 miligram
  • Fosfor: 33 miligram
  • Tiamin: 0,04 miligram
  • Riboflavin: 0,02 miligram
  • Vitamin B3: 0,3 miligram
  • Vitamin C: 5 miligram

Manfaat buah lontar untuk promil dan kesehatan tubuh

Dengan segudang nutrisi di atas, tak heran bila manfaat buah lontar untuk promil dan kesehatan tubuh begitu banyak. Agar kamu bisa lebih paham, ketahui manfaatnya di bawah ini.

  • Melembapkan kulit

Kamu punya tekstur kulit bersisik karena kering? Selain memakai body lotion, kamu bisa mengatasinya dengan konsumsi buah lontar, lho.

Tak hanya dimakan, kamu juga dapat mengoleskan buahnya pada titik kulit yang sedang kering-keringnya. 

Tenang, untuk kamu yang mempunyai kondisi kulit sensitif, buah lontar juga tidak akan menyebabkan kemerahan, kok. Menarik, bukan?

  • Mengobati masalah perut

Manfaat selanjutnya dari buah lontar untuk kesehatan adalah mengobati rasa panas di perut. Apalagi, buah ini bisa mengisi kembali mineral dan nutrisi tubuh yang hilang dan mencegah rasa sakit ketika buang air kecil.

Buah lontar juga efektif untuk mengobati masalah pencernaan dan penyakit perut lainnya, lho.

  • Menjaga berat badan

Kamu sedang menjaga berat badan? Atau sedang melakukan promil? Bila ya, maka harus menjaga berat badan agar tetap seimbang.

Sebab, wanita yang memiliki berat badan di atas normal atau obesitas cenderung membutuhkan waktu lebih untuk hamil. 

Jadi, konsumsi buah lontar dapat menjadi solusi bila kamu gemar dengan camilan, tetapi tidak mau menambahkan berat badan.

  • Mengobati berbagai jenis penyakit

Buah lontar memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang tinggi untuk tubuh. Untuk itu, mengonsumsi daging buahnya bisa membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, termasuk radang kulit. 

  • Mengatasi dehidrasi

Dari berbagai jenis buah-buahan, lontar memiliki kandungan air yang cukup tinggi, sekitar 77 gram. Dengan begitu, konsumsi buah ini bisa membuat cairan tubuh kamu tetap seimbang, lho.

Jadi, buah ini sangat cocok untuk kamu jadikan takjil saat berbuka puasa agar bisa mengembalikan cairan tubuh yang telah hilang.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan bagian paling penting dari tubuh kita karena berfungsi untuk membuang racun, memproduksi sel darah merah, dan menyeimbangkan cairan tubuh.

Agar ginjal bisa berfungsi sebagaimana mestinya, kamu boleh mengonsumsi buah lontar karena kandungan fosfornya yang cukup tinggi.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang buah lontar, baik dari nutrisi dan manfaatnya.

Apalagi, buah ini bisa kamu temukan dengan mudah karena pohonnya sendiri ada di Indonesia. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba buah lontar?


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference