manfaat hati ayam untuk promil

Hati ayam merupakan salah satu sumber protein yang penting bagi wanita yang sedang promil. Apalagi, hati ayam juga memiliki banyak kandungan lain yang dapat mendukung program kehamilan.

Yuk, ketahui lebih jauh mengenai manfaat hati ayam untuk promil pada ulasan berikut ini. 

Apakah aman makan hati ayam untuk promil?

Hati ayam dapat menjadi salah satu makanan yang bisa dikonsumsi ketika ibu sedang promil. Pasalnya, hati ayam sendiri diketahui memiliki kandungan yang baik untuk kesuburan. 

Hati ayam memiliki kandungan protein tinggi, dan folat yang baik untuk mencegah kecacatan pada bayi dan membantu meningkatkan kesuburan. Jadi, selama dikonsumsi dalam jumlah wajar, hati ayam aman untuk ibu yang sedang promil.

Meskipun untuk promil, hati ayam memiliki banyak manfaat, namun saat kamu hamil kamu perlu untuk membatasi jumlah konsumsi hati ayam. Ini karena hati ayam mengandung vitamin A yang tinggi.

Sehingga dengan mengkonsumsi setengah porsi hari atau 1,5 ons sekali sebulan sudah cukup untuk ibu dan bayi. Mengkonsumsi hati berlebihan dapat menjadi racun bagi janin. Ini sebabnya, untuk ibu hamil konsumsi hati perlu dibatasi. 

Jangan Percaya Mitos, Ini Dia Manfaat Rambutan untuk Promil

Pengaruh hati ayam dan kesuburan

Hati adalah salah satu sumber protein berkualitas tinggi terbaik. Protein sendiri adalah bahan penyusun tubuh dan kebanyakan wanita tidak mendapatkan cukup protein dalam makanan mereka. Padahal, protein memiliki peran penting dalam kesuburan.

Selain itu, hati juga merupakan sumber alami vitamin A yang paling terkonsentrasi. Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak yang memainkan peran penting dalam reproduksi.

Bahkan, hati juga mengandung vitamin B kompleks di dalamnya, terutama vitamin B12. 

12 Makanan untuk Kesuburan Wanita, Ini Daftarnya!

Manfaat hati ayam untuk promil juga berasal dari kandungan inositol yang berguna untuk pematangan folikel di ovarium. Bahkan, hati juga mengandung folat yang baik dan cocok untuk dikonsumsi bagi wanita dengan PCOS. 

Kandungan nutrisi hati yang melimpah termasuk zat besi di dalamnya juga dapat mencegah anemia dan keguguran. Pasalnya, ibu hamil dengan zat besi yang rendah berisiko mengalami anemia hingga keguguran. 

Jangan lupa, hati juga menjadi sumber kolin yang merupakan nutrisi penting untuk kesuburan dan perkembangan janin. 

Resep hati ayam enak dimakan

Supaya mendapatkan manfaat hati ayam untuk promil, ibu bisa mencoba resep berikut ini sehingga olahan hati menjadi makanan yang bukan hanya bermanfaat tapi juga lezat.

1. Hati Ayam dengan Bawang Karamel dan Madeira

Bahan-bahan

  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 3 bawang bombai kuning, iris tipis
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh lada hitam segar
  • 1 1/4 pon hati ayam, masing-masing dipotong menjadi dua
  • 1/2 cangkir Madeira
  • 1 telur rebus, cincang
  • 2 sendok makan peterseli segar cincang

Cara Membuat

  1. Panaskan 2 sendok makan minyak dengan api sedang. Tambahkan bawang, 1/2 sendok teh garam, dan 1/8 sendok teh merica. Masak sambil diaduk sampai bawang bombay berwarna kecoklatan. Angkat bawang dari wajan dan pindahkan ke piring atau wadah.
  2. Dalam wajan yang sama, panaskan sisa 1 sendok makan minyak dengan api sedang. Bumbui hati ayam dengan garam dan 1/8 sendok teh lada. Masukkan hati yang sudah dibumbui sekitar 2 menit atau sampai kecoklatan. Angkat hati ayam dari wajan dan letakkan pada wadah berisi bawang sebelumnya.
  3. Masukan madeira dalam wajan

Masukan madeira pada wajah lalu rebus sebentar untuk dijadikan sebagai saus. Tuangkan saus tersebut di atas hati ayam dan bawang bombay. Kamu juga bisa tambahkan telur dan peterseli.

2. Hati ayam dengan bawang

Bahan-bahan:

  • Minyak zaitun extra virgin untuk menumis
  • bawang bombay kuning dan bawang putih, cincang kecil
  • 1 pon hati ayam, dihilangkan uratnya dan dibilas
  • Kaldu
  • Bumbu: garam laut, oregano kering, bubuk bawang putih
  • jus lemon dan irisan lemon
  • paterseli

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak zaitun dalam wajan berukuran sedang. tambahkan bawang merah dan bawang putih ke dalam minyak dan tumis selama 2-3 menit hingga lunak.
  2. Tambahkan hati ayam yang sudah dibersihkan & dibilas, garam, oregano, bubuk bawang putih, masak hingga semua sisi berwarna keemasan.
  3. Kecilkan api, tambahkan 1/2 cangkir kaldu dan jus lemon, dan biarkan mendidih.
  4. Tutup wajan sembari mengaduk setiap beberapa menit sampai bawang merah dan bawang putih menjadi karamel.
  5. Tumis hati ayam bawang putih lemon dengan peterseli segar dan irisan lemon di atasnya sampai matang.

—-

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference