manfaat sereh

Lemongrass Honey and Lemon Juice Food and beverage products from Lemongrass extract Food nutrition concept.

Kamu mungkin tidak asing tidak sereh. Pasalnya, sereh umum digunakan sebagai bumbu masakan sampai dengan minuman herbal yang menghangatkan tubuh. Bukan hanya dimanfaatkan dalam makanan dan minuman namun ada banyak manfaat sereh untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Khasiat kandungan sereh

Sereh atau serai (Cymbopogon citratus) memiliki aroma yang bersih, segar yang umumnya ditambahkan dalam bumbu masakan seperti kari atau kaldu. Selain itu, sereh juga kerap dijadikan teh sampai dengan digunakan untuk tujuan pengobatan.

Selain memiliki rasa dan aroma yang enak, sereh juga diperkaya dengan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam setiap satu sendok makan sereh segar memiliki sekitar lima kalori, yang sebagian besar berasal dari karbohidrat (serat) dan juga protein.

Selain itu, sereh juga diperkaya dengan mineral seperti:

  • Kalsium (3 mg)
  • Kalium (34 mg)
  • Mangan (0,2 mg)
  • Magnesium (2,9 mg), dan
  • Zat besi (0,4 mg).

Sereh juga diperkaya dengan kandungan vitamin seperti vitamin C, vitamin A, niacin, dan folat. Namun, jumlah vitamin ini tergolong kecil sehingga tidak berdampak secara signifikan terhadap kebutuhan vitamin harian kamu.

Sereh yang diolah menjadi minyak memiliki kalori yang lebih tinggi. Ini karena, biasanya sereh merupakan kombinasi dari ekstrak sereh dan juga minyak goreng seperti minyak canola.

Manfaat sereh untuk kesehatan

Dengan berbagai kandungan yang ada di dalamnya, sereh memiliki banyak potensi untuk kesehatan. Beberapa penelitian juga menemukan adanya potensi manfaat sereh tersebut.

Sereh sendiri merupakan sumber flavonoid dan juga senyawa fenolik yang mengandung antioksidan. Ini juga merupakan agen antijamur dan antibakteri yang mengandung sifat anti-inflamasi serta antioksidan yang baik untuk tubuh.

Berikut beberapa manfaat sereh untuk kesehatan yang sayang dilewatkan.

1. Efek Anti-Peradangan

Selain beberapa kandungan yang sudah disebutkan di atas, sereh atau sereh juga memiliki kandungan quercetin, yakni flavonoid yang dikenan memiliki manfaat anti-inflamasi dan manfaat antioksidan.
Quercetin juga dapat mengurangi peradangan dan menghambat pertumbuhan sel kanker hingga mencegah penyakit jantung.

2. Mengurangi kolesterol

Sereh juga dikatakan dapat membantu mengurangi kolesterol. Dalam sebuah studi, melakukan pengobatan selama 7 hari menggunakan ekstrak sereh pada tikus. Hasilnya menunjukan kadar kolesterol ternyata menurun secara signifikan. Selain itu, sereh sendiri juga umum digunakan di Afrika sebagai obat alami untuk penyakit jantung koroner.

3. Antijamur topikal

Sereh juga kerap dijadikan sebagai minyak atsiri yang memiliki banyak manfaat. Minyak ini memiliki efek antiinflamasi dan antijamur ketika dioleskan. Para peneliti juga melakukan pengujian dengan cara mengaplikasikan minyak sereh pada infeksi jamur serta kondisi kulit yang mengalami inflamasi.
Penelitian ini dilakukan pada tikus. Meskipun cukup menjanjikan untuk dijadikan sebagai obat untuk kondisi kulit tertentu, namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat efektifitasnya.

4. Membantu mengatasi Infeksi E. Coli

Infeksi bakteri E.coli dapat terjadi ketika mengkonsumsi makanan yang terinfeksi bakteri ini. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi saluran kemih serta pneumonia. Dalam sebuah studi menemukan ekstrak sereh ternyata efektif untuk mengurangi toksisitas kultur E. coli dan dapat membantu mengobati infeksi bakteri yang terjadi di saluran pencernaan.

Kamu bisa membuat sereh menjadi minuman untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Selain itu, sereh juga dapat membuat perut menjadi terasa lebih nyaman.

Selain beberapa manfaat di atas, sereh juga bermanfaat untuk mengatasi:

  • Kecemasan
  • Mencegah kanker
  • Flu
  • Batuk
  • Diabetes
  • Epilepsi
  • Demam
  • Hipertensi
  • Nyeri muskuloskeletal
  • Rematik

Selain itu, manfaat sereh untuk kesehatan juga dapat diperoleh dengan menggunakan minyak sereh pada kulit untuk mengatasi sakit kepala. Minyak sereh yang dijadikan aromaterapi juga dapat membantu mengatasi infeksi, nyeri otot, serta gejala flu.

Risiko untuk minum sereh untuk wanita

Meskipun manfaat sereh untuk kesehatan cukup banyak, namun tidak disarankan untuk mengkonsumsi sereh secara berlebih. Berikut beberapa risiko yang dapat terjadi:

1. Iritasi Kulit

Ketika dioleskan di kulit kepala, minyak sereh dapat menyebabkan iritasi kulit. Apalagi jika kamu memiliki alergi. Sebaiknya hindari penggunaan sereh secara berlebihan.

2. Dapat menyebabkan keguguran

Ada beberapa kekhawatiran mengkonsumsi sereh berlebih di saat kehamilan. Pasalnya, sereh disebut dapat menyebabkan keguguran. Namun, penelitian lebih lanjut untuk dapat memastikan hal tersebut. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter jika kamu hendak mengkonsumsi sereh saat hamil.

Share artikel ini
Reference