penyebab berat badan naik saat puasa

Puasa pada dasarnya mengatur jam makan dan mengatur porsi makan kita. Seharusnya, ketika sudah  berpuasa, berat badan kita turun atau tetap stabil. Lalu, apa penyebab berat badan naik saat puasa?

Pertanyaan tersebut tentu muncul di benakmu, bukan? Nah, supaya tak penasaran lagi, yuk cari tahu penyebab berat badan naik saat puasa dan cara menjaga agar tetap ideal di artikel ini!

Penyebab berat badan naik saat puasa

Ada beberapa alasan berpuasa malah membuat berat badan seseorang naik. Rata-rata penyebabnya karena kebiasaan makan yang salah saat berpuasa. Selain itu, berikut penyebab berat badan naik saat puasa:

1. Makan secara berlebihan

Puasa biasanya membantu mengatur asupan makanan tanpa perlu menghitung kalori. Namun, sebagian orang sering kali mengonsumsi makanan berkalori tinggi saat berbuka puasa.

Setelah seharian berpuasa, beberapa orang makan dengan porsi yang berlebihan hingga perut terasa ingin meledak. Hal inilah yang menyebabkan berat badanmu naik saat puasa.

2. Mengonsumsi makanan atau minuman berkafein

Bagi pecinta teh atau kopi dan biasa minum teh atau kopi hingga 3 kali sehari, kamu harus berhati-hati saat berpuasa. 

Saat berpuasa, orang yang sudah terikat dengan kafein, pasti akan mencari makanan atau minuman tersebut memuaskan dahaga puasa.

Faktanya, kafein dapat membuatmu gemuk. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa terlalu banyak kafein dapat meningkatkan kadar gula darah.

Ketika peningkatan kadar glukosa darah berlangsung dalam waktu yang lama, maka akan membuat tubuhmu kurang sensitif terhadap insulin dan cenderung menyimpan lemak yang akhirnya membuatmu gampang gemuk.

3. Menuruti nafsu sesaat

Ingat, saat kamu ingin suatu makanan, bukan berarti tubuhmu menginginkannya. Kadang berpuasa membuat kita lapar mata dan susah membedakan keinginan dan kebutuhan tubuh kita.

Selama jam berbuka atau sahur, pastikan kamu mendapatkan banyak serat, protein, dan lemak baik dari sayuran, buah-buahan, daging dan ikan berkualitas, hingga kacang-kacangan dan biji-bijian.

4. Tidak menjaga gaya hidup yang sehat

Gaya hidup dapat memengaruhi berat badanmu. Cobalah untuk tidur cukup setidaknya delapan jam dan mengelola stres.

Batalkah Luluran di Bulan Puasa? Yuk, Cek Juga Beragam Manfaatnya!

Cara menjaga berat badan tetap ideal saat puasa

cara menjaga berat badan ideal saat puasa

Kamu tentu tidak ingin kan berat badan naik saat puasa? Jangan khawatir karena ada beberapa cara menjaga berat badan tetap ideal saat puasa yang bisa kamu lakukan!

1. Perbanyak minum air putih

Jangan minum air karena kamu haus, tapi minum air karena kamu butuh. Usahakan untuk banyak minum air saat berbuka puasa dan sahur.

2. Atur pola makan

Setelah puasa seharian, buka puasa adalah waktu yang paling ditunggu. Sebaiknya siapkan makanan yang beragam dengan gizi seimbang. 

Agar menjaga berat badan tetap stabil, kamu dapat memulai buka puasa dengan buah-buahan, salad, atau sup. Ini akan memuaskan rasa lapar dan pada akhirnya kamu akan makan lebih sedikit.

3. Kelola porsi makan

Bukan hanya kandungan gizi, porsi juga berpengaruh pada peningkatan berat badan. Terkadang setelah puasa seharian menjadi cukup sulit untuk mengelola hawa nafsu untuk makan lebih banyak. Oleh karena itu, makanlah dalam porsi kecil hingga sedang saat berbuka.

4. Jangan konsumsi soda dan jus kemasan

Banyak orang memilih minuman berkarbonasi dan manis, seperti soda dan jus dalam kemasan untuk memuaskan dahaga saat berbuka puasa. Padahal, ini menyebabkan kembung.

Oleh karena itu, lebih baik memilih jus yang berasal dari buah asli untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Mulai memasak dengan cara yang sehat

Cara penting lainnya untuk mengurangi kandungan kalori dalam makanan adalah dengan mulai memasak dengan cara yang sehat. Hindari penggunaan minyak dan cobalah beralih dengan memanggang, mengukus, merebus atau membuat sup.

6. Berolahraga secara teratur

Untuk menjaga berat badan ideal saat puasa, kamu bisa mulai berolahraga dengan rutin. Pastikan waktu yang kamu pilih tepat sehingga tidak memperbesar keinginanmu untuk makan dan minum, seperti menjelang berbuka puasa atau setelah berbuka puasa. 

Facial saat Puasa Bolehkah? Ternyata Ini Waktu yang Tepat!

Itulah penjelasan mengenai penyebab berat badan naik saat puasa dan cara menjaga berat badan ideal. Semoga informasi di artikel ini membantu kamu ya, Yoonies. Semangat puasa!


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference