Pernah mengalami pusing yang tidak tertahankan? Sensasi pusing luar biasa sering terjadi pada penderita vertigo. Sayangnya hal ini tidak menjadikan penderitanya lebih waspada akan penyebab vertigo itu sendiri hingga menyebabkan hal yang tidak diinginkan terjadi.

Ada berbagai cara mengobati vertigo secara alami yang dapat membantu meredakan gejala dari kondisi ini. Tidak bisa dianggap sakit kepala sembarangan, berikut penjelasan lengkap tentang vertigo dan cara ampuh dalam mengatasinya.

Vertigo adalah

Vertigo adalah kondisi yang dapat membuat penderitanya merasa sangat pusing secara tiba tiba dalam satu waktu tertentu. Meskipun bukanlah nama suatu penyakit, namun sebagian orang belum tau apa sebenarnya vertigo itu, apakah kamu juga demikian?

Vertigo merupakan kumpulan dari berbagai gejala yang datang tiba-tiba. Salah satu gejalanya adalah sakit kepala hingga seakan ingin meledak seperti melihat ruangan yang berputar-putar. Sakit kepala ini membuat keseimbangan tubuh data menurun hingga sulit berpijak kaki dengan mantap hingga dapat ambruk karena sakit kepalanya.

Selain membuat kepala sakit atau pusing, umumnya penderita vertigo juga dapat mengalami munculnya keringat berlebih, mual hingga muntah, telinga seperti berdengung hingga membuat gerakan mata yang tidak normal atau nystagmus.

Apakah vertigo berbeda dengan sakit kepala biasa? Kebanyakan orang dengan vertigo menyangka keduanya sama, hanya sakit kepala biasa, padahal vertigo juga akan memicu gekala lain hingga dapat membuat penderita kehilangan kesadaran. Sementara sakit kepala sedikit berbeda dengan sensasi denyut di area kepala yang terasa kencang layaknya kepala yang diikat.

Baca juga: Ketahui Penyebab Vertigo yang Bikin Mual dan Pusing!

Jenis- jenis vertigo

cara mengobati vertigo secara alami

Cara mengobati vertigo secara alami dapat disesuaikan dengan jenis vertigo yang dialami. Jenis vertigo yang kerap menyerang menurut laman healthline, antara lain:

  • Vertigo perifer. Vertigo ini merupakan jenis pa;onh umum karena adanya masalah di telinga bagian dalam atau yang dikenal dengan saraf vestibular. Saraf ini bertugas mengontrol keseimbangan.
  • Vertigo sentral. Vertigo jenis ini merupakan akibat dari masalah pda otak karena berbagai kondisi atau alasan seperti tumor otak, pukulan, migrain, infeksi, cedera otak traumatis hingga sclerosis ganda.

Apa yang menjadi penyebab munculnya vertigo?

Cara mengobati vertigo secara alami

Jika kepala terasa pusing, kamu dapat segera mengambil posisi duduk atau posisi yang nyaman. Vertigo juga dapat diredakan dengan beberapa cara alami seperti berikut:

Minum air putih

minum banyak air putih

Vertigo dapat dipicu karena dehidrasi atau kondisi tubuh kekurangan cairan. Tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik sehngga tekanan darah menurun, darah tidak dapat sampai ke otak hingga timbul vertigo secara mendadak. Minumlah air putih segera jika merasakan pusing, perbanyak dan penuhi asupan cairan 8-13 gelas dalam sehari.

Minum air jahe

Secara alami, air jahe mampu meredakan vertigo karena sensasi pedasnya dapat memperbaiki kondisi tubuh secara alami. Cukup minum teh jahe pada saat vertigo menyerang dan rasakan manfaatnya saat pusing mereda dengan cepat.

Baca juga: Ternyata Ini Manfaat Jahe Merah untuk Wanita

Konsumsi ginkgo biloba

Tanaman herbal asal tiongkok ini sejak dulu telah menjadi obat alami dari vertigo. Ginkgo biloba dapat mengatasi gangguan saraf, melancarkan peredaran darah pada telinga dalam hingga menurunkan gangguan keseimbangan tubuh secara signifikan.

Menghirup minyak esensial

Manfaat minyak atsiri untuk kesehatan

Tak hanya minuman, minyak esensial dapat digunakan sebagai obat alternatif meredakan vertigo. Minyak esensial seperti chamomile, lavender atau jenis minyak lain dapat meredakan stres, membantu tidur semakin lelap, meredakan iritasi hingga peradangan.

Minyak esensial dapat segera dihirup disaat kamu mengalami sakit kepala tiba-tiba dan meredakan berbagai gejala yang menyertainya.

Baca juga: Manfaat Minyak Atsiri yang Baik untuk Tubuh dan Kesehatan!

Duduk tenang dan hindari menggelengkan kepala

Untuk mengurangi vertigo, segera lakukan gerakan perlahan dan tenang kan badan. Sebagian besar orang berusaha menghilangkan sakit kepala dengan menggoyangkan atau menggelengkan kepala yang berakibat pada rasa sakit yang semakin terasa hebat.

Terapi manuver epley

Terapi gerakan kepala dengan posisi dan gerakan tertentu ini dapat digunakan sebagai cara alami untuk meredakan vertigo. Pada awalnya, terapi manuver epley membutuhkan bantuan dari terapi ahli yang selanjutnya dapat dilakukan sendiri di rumah.

Terapi ini dapat dikonsultasikan dulu dengan dokter apakah dapat dilakukan karena pada beberapa orang yang memiliki kondisi tertentu, terapi ini tidak dapat dilakukan. 

Baca juga: Apa itu Sindrom Kelelahan Kronis? Alami Kelelahan Bekepanjangan

Penyebab vertigo

Beberapa penyebab munculnya vertigo perifer antara lain:

1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

Bppv merupakan penyebab umum dari vertigo. Kondisi ini terjadi ketika telinga mengalami gangguan dan pemicunya adalah perubahan posisi kepala secara tiba-tiba, perubahan seperti posisi kepala tegak lalu menunduk, secara mendadak bangun dari tidur atau mendongakkan kepala.

2. Cedera pada kepala atau leher

Vertigo perifer dapat terjadi karena pernah mengalami cedera atau lupa pada kepala. Cedera baik dari benturan, kecelakaan atau suatu kejadian dapat berdampak buruk pada telinga dalam hingga berkembang menjadi vertigo.

3. Penyakit meniere

Meniere merupakan penyakit langka pada telinga bagian dalam. Penyakit ini dapat menyebabkan vertigo parah yang dapat disertai dengan telinga berdenging, hilang fungsi pendengaran selama beberapa waktu

4. Mengalami labirintitis

Penyakit ini merupakan peradangan dan infeksi karena bakteri atau virus yang menyerang telinga bagian dalam, khususnya dalam saluran berliku yang berisi cairan atau labirin.

Bagian dalam telinga ini berfungsi menjaga keseimbangan tubuh sehingga tidak boleh disepelekan. Labirinitis dapat menjadi vertigo yang dapat disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, demam, nyeri pada telinga hingga sulit mendengar.

5. Radang saraf telinga

Radang saraf telinga dalam atau vestibular neuritis merupakan peradangan pada bagian saraf telinga yang terhubung secara langsung ke otak. Radang ini dipicu oleh infeksi virus tanpa gejala lain dan dapat terjadi selama beberapa jam dalam kurun waktu sehari.

Sedangkan penyebab umum dari vertigo sentral merupakan kelainan pada otak. Beberapa kondisinya antara lain:

  • Tumor otak
  • Neuroma akustik atau tumor jinak
  • Mengonsumsi jenis obat yang menimbulkan efek samping kelainan genetik
  • Cara mengobati vertigo secara alami
  • Migrain atau sakit kepala sebelah
  • Stroke atau penyumbatan pembuluh darah pada otak

Makanan pantangan vertigo

Selain mengetahui cara mengobati vertigo secara alami, penderita vertigo juga sebaiknya tahu akan makanan apa saja yang tidak boleh atau pantang dikonsumsi.

Jenis makanan ini dapat meningkatkan peradangan pada tubuh sehingga sebaiknya dihindari agar gejalanya tidak semakin sering terjadi. 

Menurut vertigo treatment, beberapa pantangan makanan dari penderita vertigo antara lain:

  • Makanan dan minuman berkafein
  • Mengandung tinggi gula
  • Minuman beralkohol
  • Tinggi garam

Sudah tahu kan cara mengobati vertigo secara alami? Hindari penyebabnya dan kurangi gejala vertigo dengan konsumsi makanan sehat bergizi ya!

Share artikel ini
Reference