prostanix obat apa

Obat herbal menjadi salah satu jenis obat yang banyak dipilih orang. Salah satu obat herbal tersedia di Indonesia adalah Prostanix, tapi sebenarnya prostanix obat apa, sih?

Prostanix obat apa?

Prostanix merupakan obat herbal dalam bentuk kapsul. Obat yang satu ini digunakan untuk mengatasi prostatitis serta membantu mencegah adenoma prostat. Obat yang satu ini dapat membantu mengurangi keluhan dari postatit yang mengganggu. 

Manfaat prostanix

kofiren obat apa

Setelah mengetahui prostanix obat apa, kamu juga perlu tahu nih manfaat dari obat herbal yang satu ini. Manfaat obat yang satu ini datang dari berbagai kandungan ekstrak tanaman yang digunakan. Pada kapsul ini mengandung 20 tanaman obat yang telah diekstrak sebelumnya. 

Berikut beberapa kandungan utama obat ini dan manfaatnya. 

  • Ekstrak artichoke : Tanaman obat yang satu ini memiliki efek antioksidan, dan dapat membantu merangsang produksi testosteron
  • Ekstrak Elecampane: Tanaman yang satu ini dapat membantu menghentikan peradangan.
  • Ekstrak sainfoin: Tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi hingga antiseptik.
  • Ekstrak lobak: Ekstrak tanaman yang satu ini berguna untuk membantu tubuh melawan virus, hingga bakteri.
  • Ekstrak Sagan Dail: Manfaat tanaman ini adalah membantu menghilangkan gejala nyeri, hingga mengurangi bengkak.
  • Ekstrak pala: Kandungan yang satu ini dikenal dapat memperkuat pembuluh darah, meningkatkan kadar testosteron, sampai dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Dosis obat

Mengetahui penggunaan dosis obat sangat penting sehingga kamu bisa mengkonsumsi obat dengan tepat untuk memperoleh efektivitas yang maksimal.

Penggunaan dosis obat yang satu ini  dapat kamu lihat pada petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat. Namun, umumnya dosis obat yang satu ini dikonsumsi sebanyak 1 kapsul dengan jadwal minum 2 kali sehari yakni pada pagi dan sore hari. 

Selain itu, kamu juga dapat menanyakan dosis obat yang tepat dari dokter jika kamu sedang mengkonsumsi obat lainnya. Dokter dapat membantu menyarankan dosis yang tepat untuk kondisi kesehatan kamu. 

7 Cara Menghitung Dosis Obat Anak, Wajib Diketahui!

Petunjuk penggunaan

Bukan hanya mengetahui prostanix obat apa, kamu juga perlu tahu petunjuk penggunaan obat yang tepat supaya obat dapat berfungsi dengan maksimal.

Pada kemasan obat ini, kamu akan menemukan penjelasan rinci mengenai penggunaan obat, seperti dosis penggunaan hingga cara konsumsi obat ini yang tepat.

  • Pastikan untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk pada kemasan tersebut.
  • Konsumsi obat sebelum makan, kamu bisa konsumsi 15-20 menit sebelum makan.
  • Minum 1 kapsul dengan jadwal konsumsi 2 kali sehari. Minum obat secara langsung. 
  • Obat ini umumnya digunakan selama 30 hari, jika ingin menggunakan lebih dari 30 hari baiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Jika kamu memiliki obat pengobatan lainnya, pastikan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat ini.

Ini Dia Manfaat dan Dosis Penggunaan Obat Aspirin

Efek samping obat prostanix

Obat yang satu ini menggunakan kandungan herbal yang mungkin memiliki efek samping lebih rendah. Namun, jika setelah mengkonsumsi obat ini kamu mengalami keluhan atau gejala alergi maupun efek samping lainnya, baiknya hentikan penggunaan obat.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk membicarakan efek samping yang kamu rasakan dan bagaimana cara mengatasi efek samping tersebut. 

Selain itu, perlu diingat bahwa data mengenai efektivitas dari penggunaan obat herbal masih terbatas sehingga efektivitasnya belum diketahui secara pasti. Meskipun mendatangkan manfaat, namun tidak sedikit pula yang mengalami beberapa efek samping setelah mengkonsumsi obat herbal.

Berikut beberapa efek samping tersebut:

  • Pusing
  • Gangguan pencernaan
  • Reaksi alergi.

Beberapa individu mungkin mengalami efek samping lain atau tidak mengalami efek samping apapun. 

Meskipun obat herbal menggunakan bahan alami, namun bukan berarti obat herbal sepenuhnya aman, ya. Ini sebabnya, meskipun kamu mengkonsumsi obat herbal, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat yang satu ini. Terutama jika kamu memiliki kondisi medis tertentu atau tengah mengkonsumsi obat rutin dari dokter. 

Itulah ulasan mengenai prostanix obat untuk apa, manfaat hingga berbagai efek sampingnya. Namun, perlu dicatat, ya obat herbal mungkin menjadi pilihan banyak orang karena dianggap memiliki efek samping yang lebih rendah.

Namun, penggunaan obat herbal tetap dapat menimbulkan efek samping terutama jika kamu mengkonsumsi dalam jangka panjang. 

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference