ekstrovert adalah kepribadian berbeda dengan introvert-min

Halo Yoonies, kamu pasti tidak asing kan dengan salah satu metode tes psikologi bernama MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator? Tes ini dikembangkan oleh seorang psikolog sejak tahun 1940 dan mengklasifikasikan kepribadian menjadi 16 tipe, salah satunya adalah karakter ENFJ.

Apa yang dimaksud dengan ENFJ dan apa saja karakter yang menonjol dari kepribadian ini? Yuk simak ulasan lengkapnya dalam pembahasan berikut.

Apa itu ENFJ?

ENFJ merupakan akronim dari Extraverted, Intuitive, Feeling, dan Judging. Karakter ini merupakan salah satu dari 16 klasifikasi versi MBTI yang memberikan gambaran terhadap pribadi yang peka terhadap perasaan dan sangat pandai berteman.

Tipe ini merupakan salah satu tipe paling hangat dan dapat bersahabat dengan siapa saja. Tipe yang tidak canggung bahkan Ketika berteman dengan orang tertutup atau pendiam. Pribadinya yang sangat ramah, peka dan hangat memang memberikanmu banyak pengalaman bertemu dengan berbagai macam orang.

Pribadi ini mempunyai 2 jenis kepribadian namun memiliki karakter yang sama yang dibagi menjadi ENFJ-A dan ENFJ- T. A merupakan dominan assertive sedangkan T merupakan turbulent. Tingkat kepercayaan keduanya berbeda namun secara karakter kedua tipe ini hampir sama.

Tidak heran jika mereka adalah protagonist dengan kemampuan sosialisasi yang sangat mumpuni dan disukai oleh siapa saja. Apa saja karakter yang paling menonjol dari tipe kepribadian ini?

INFJ Adalah Kepribadian MBTI Paling Langka, Apa Ciri-Cirinya?

Karakteristik kepribadian ENFJ

ciri ciri ekstrovert

Karakter yang sangat menonjol di dalam sebuah kelompok ini memang sangat bersahabat dan dapat mengajak siapa saja, membuat percakapan menjadi sangat bermakna dan tidak sopan dalam berbagai berbagai tujuan.

Setidaknya ada 2,2% populasi di dunia yang mempunyai karakter ini.  Karakter yang paling menonjol dari pribadi ENFJ adalah:

1. Empati tinggi

Karakternya yang sangat peka terhadap perasaan orang lain memang menyebab pribadi ENFJ menjadi suka menolong orang lain. Mereka dengan mudah akan mengerti dan memahami apa yang sedang dirasakan dan dibutuhkan oleh orang lain. Tidak heran jika kemudian karakter ini juga senang membantu dan mengorbankan diri. 

Terkadang mereka mengesampingkan kebutuhan diri sendiri, overprotective terhadap orang lain dan merasa puas saat dapat terlibat langsung dengan orang lain untuk dapat mencapai tujuan mereka.

2. Suka bersosialiasasi

Dengan karakternya introvert sejati, kepribadian ini memang sangat suka bersosialiasasi dan menghabiskan waktu bersama orang lain. Mereka akan lebih berenergi setelah bertemu dan berinteraksi dengan berbagai macam orang. 

Mereka merupakan karakter yang suportif, ramah, hangat dan penyayang. Ruang lingkup dalam pertemanan ENFJ sangat luas dan dapat mengenal dan dikenal siapa saja.

3. Berjiwa pemimpin

Sosoknya yang mudah menginspirasi dan mengajak orang lain memang sikap seorang pemimpin. Gaya komunikasinya yang dapat memberikan dan menyalurkan semangat merupakan ciri khas dari pribadi ENFJ. 

Tidak heran jika pribadi ini banyak yang menjadi pendorong semangat bagi orang-orang di sekitarnya dan mampu menjadi seorang pemimpin yang dapat diandalkan.

4. Sensitif

Pribadi ini juga dikenal cukup sensitif, lho. Apalagi jika usaha dan apa yang mereka ambisikan tidak dihargai. Rasa kesal terkadang akan muncul akibat kurangnya manfaat dan apresiasi yang mereka dapatkan. Terkadang pribadi ENFJ juga dapat memicu perselisihan karena karakternya yang sering memaksakan kehendak yang belum tentu disukai orang lain.

Punya Kepribadian ISTJ? Cocok dengan Kepribadian Mana?

Kelebihan dan kelebihan ENFJ

Hampir sama seperti jenis kepribadian lain yang mempunyai kelebihan dan kekurangan, karakter ENFJ juga memiliki hal yang mungkin dapat mendorong dirinya menjadi pribadi yang lebih baik dan ada juga beberapa hal yang menyebabkan karakter ini sering berbenturan dengan orang lain.

Kelebihan dari pribadi ENFJ antara lain:

  • Mereka merupakan orang yang terorganisir
  • Sangat ramah terhadap orang lain
  • Mempunyai sikap persuasif
  • Empati tinggi terhadap orang lain
  • Penuh akan kasih sayang

Sedangkan kelemahan dari pribadi ENFJ adalah:

  • Terkadang kaku
  • Manipulatif terhadap kehendak orang lain
  • Senstifi
  • Protektif
  • Mengorban diri sendiri 

Kelemahan yang dimiliki oleh pribadi ENFJ ini memang dapat menyebabkan perselisihan karena terkadang mereka suka memaksakan kehendak dan semua hal ingin berjalan sesuai apa yang mereka rencanakan. 

Lalu bagaimana karakter pasangan yang cocok untuk pribadi ENFJ?

Memahami Karakter Seorang INTJ, Si Ahli Perencanaan Yang Rasional!

Pasangan untuk ENFJ

ENFJ memang dikenal sebagai pribadi yang sangat ramah, pandai berbicara dan hangat. Tidak heran jika bakat alaminya ini memang dapat menjadi pengaruh bagi orang lain. Mereka dapat menaruh perhatian yang besar untuk orang lain, bahkan untuk pasangan.

ENFJ pribadi yang sangat cocok dengan INFP atau seorang pemimpi dan ISFP atau seorang komposer. Mereka akan klop ketika disandingkan dengan seseorang yang memiliki dominasi introvert dan mempunyai perasaan yang kuat. Karakter ENFJ dengan INFP yang sama-sama imajinatif akan memberikan dorongan dan hubungan yang kuat serta pasangan yang baik.

Pekerjaan yang cocok untuk ENFJ

Kebutuhan akan membantu orang lain memang dapat menjadi dominasi bagi seorang ENFJ. Mereka dapat membuat strategi, mengelola dan mempunyai potensi besar dalam sebuah kepemimpinan. 

Pekerjaan yang cocok untuk pribadi ENFJ membutuhkan interaksi dengan banyak orang, dapat berkarir dimana saja dan tidak masalah menghabiskan banyak waktu dengan orang lain. Ada kemungkinan peluang baru akan bermunculan saat mereka bertemu dengan banyak orang.

Jenis pekerjaan yang cocok bagi pribadi ENFJ antara lain:

  • Sukarelawan
  • Guru
  • Dosen
  • Pekerja sosial
  • Psikolog
  • Konselor
  • Manager

Jenis pekerjaan ini akan membuat pribadi ENFJ merasa sangat berharga, dihargai dan dapat membantu orang lain sesuai apa yang mereka inginkan dalam pekerjaan.


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference