Cara mengembalikan keperawanan seperti semula secara alami
Gaya Hidup Hidup Sehat

Cara Mengembalikan Keperawanan secara Alami, Apakah Ada?

Putri Aprillia | April 5, 2022
Share

Berbicara tentang masalah keperawanan, kamu mungkin akan langsung mengaitkannya dengan selaput dara atau hymen. Selaput dara adalah lapisan yang terdapat di bukaan vagina.

Biasanya, masyarakat mengartikan bahwa seseorang tidak lagi perawan jika selaput dara yang dimiliki sudah robek atau tidak utuh. Padahal, banyak hal yang bisa membuat selaput dara robek, tidak hanya aktivitas seksual vaginal.

Karena itu, kamu harus tahu memahami dulu dengan benar apa itu keperawanan dan selaput dara, agar pertanyaan tentang cara mengembalikan keperawanan seperti semula secara alami bisa terjawab.

Apa itu keperawanan dan selaput dara?

Selaput dara adalah lapisan jaringan yang terletak di bukaan vagina. Selaput dara tentu memiliki lubang, karena jika tidak, darah haid tidak akan bisa keluar. Pada setiap wanita, lubang pada selaput dara bisa memiliki ukuran yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya, lubang selaput ini berukuran sebesar jari.

Selain itu, ketebalan dan elastisitasnya pun berbeda. Beberapa wanita memiliki selaput dara yang tebal. Tetapi yang lain memiliki lapisan tipis. Bahkan, ada juga wanita yang tidak memiliki selaput dara saat lahir.

Jadi, jika seorang wanita memiliki selaput dara yang robek, ia tidak bisa langsung disebut tidak perawan. Hal ini karena definisi yang lebih tepat untuk hilangnya keperawanan adalah jika wanita melakukan hubungan seksual vaginal (penis masuk ke dalam vagina).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keperawanan seseorang tidak dapat ditentukan semata-mata dari selaput dara yang utuh tetapi dari proses penetrasi yang telah terjadi sebelumnya. Jika ada bagian penis yang masuk/keluar vagina, maka berdasarkan penafsiran ini dapat dikatakan bahwa seorang wanita telah kehilangan keperawanannya.

Tanda-tanda selaput dara robek

Beberapa tanda selaput dara robek yang bisa kamu rasakan atau amati adalah sebagai berikut.

  • Terdapat luka kecil atau terjadi perdarahan
  • Rasa tidak nyaman atau nyeri di sekitar bukaan vagina
  • robekan pada lubang vagina

seperti luka kecil atau pendarahan, rasa tidak nyaman atau nyeri di sekitar bukaan vagina, dan robekan pada lubang vagina yang berukuran sekitar 1-2 cm.

Beberapa wanita mungkin tidak memperhatikan atau tidak tahu bahwa selaput dara mereka robek. Hal ini dikarenakan selaput dara bisa menipis secara alami seiring berjalannya waktu. Namun, jika kamu memang ingin mengetahui secara lebih akurat apakah selaput dara sudah robek atau masih utuh, kamu bisa memeriksanya ke dokter kandungan.

Cara mengembalikan keperawanan seperti semula secara alami

Banyak orang yang berpikir bahwa selaput dara yang robek dapat dikembalikan 100% secara alami. Padahal, hal ini tentu hanya mitos belaka. Selaput dara tidak dapat diubah setelah mengalami robekan atau kerusakan.

Pada intinya, tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan selaput dara yang robek. Namun, baru-baru ini, prosedur perbaikan selaput dara telah tersedia dan dilakukan secara luas oleh wanita di seluruh dunia. Prosedur ini disebut hymenoplasty, yang merupakan prosedur yang relatif aman yang cenderung memiliki sedikit risiko dan efek samping.

Pada operasi selaput dara ini, dokter akan membuat “selaput baru” dari lapisan sekunder untuk menutupi selaput yang robek. Namun selaput dara buatan ini tentu tidak akan sama persis dengan selaput dara yang kamu miliki sebelumnya.

Tips menjaga elastisitas vagina

Nah, sekarang, jika kamu ingin menjaga elastisitas vagina, ada beberapa tips yang bisa kamu jalankan, yaitu:

Senam Kegel

Otot panggul adalah salah satu otot yang berhubungan dengan rektum, vagina, dan uretra di panggul. Nah, senam kegel secara rutin bisa mengencangkan otot-otot panggul, salah satunya vagina.

Caranya adalah dengan meregangkan otot-otot dasar panggul selama beberapa detik, lalu rileks selama beberapa detik. Lakukan gerakan ini 10-15 kali selama 3 kali sehari. Gerakan ini dapat dilakukan dengan berbaring atau berdiri.

Orgasme

Cara lain untuk menjaga elastisitas vagina adalah dengan orgasme. Selama orgasme, otot-otot dasar panggul wanita dilatih untuk berkontraksi dan rileks. Karena itu, jika wanita sering orgasme, otot-otot di dasar panggul menjadi lebih kuat. Otot dasar panggul yang lebih kuat juga memudahkan wanita untuk mengalami orgasme.

Glute Bridge

Gerakan ini adalah salah satu gerakan termudah untuk membantu wanita mendapatkan vagina yang lebih elastis. Kamu bisa melakukan gerakan ini dimulai dengan gerakan di permukaan yang tidak licin.

Caranya, berbaring dengan lutut ditekuk dan direntangkan. Pastikan kaki menempel di lantai/tanah dengan baik dan letakkan tangan di sisi tubuh. Perlahan angkat panggul dari lantai untuk membentuk jembatan. Tahan posisi selama beberapa detik dan ulangi gerakan ini beberapa kali untuk setiap latihan.

Medicine ball sit up

Gerakan ini sebenarnya merupakan latihan perut biasa, namun latihan ini dilakukan dengan cara memegang bola dengan kedua tangan. Selain bisa mengencangkan vagina, olahraga sederhana ini bisa digunakan untuk menghilangkan lemak perut, sehingga wanita bisa memiliki ukuran perut yang ideal.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang selaput dan keperawanan. Kamu juga sudah tahu bahwa cara mengembalikan keperawanan seperti semula secara alami tidaklah ada. Yuk, bagikan artikel ini ke teman-temanmu agar mereka juga tahu.

Reference
Share