berapa kalori es krim

Diantara berbagai macam kudapan, es krim menjadi salah satu cemilan favorit banyak orang. Es krim umumnya mempunyai rasa manis, dingin dan berbagai topping lezat yang bisa kamu pilih dengan mudah.

Namun untuk kamu yang sedang berdiet, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sehingga tidak berlebihan dan tetap aman untuk rencana penurunan berat badan kamu. Apa saja tip pilih kalori es krim rendah yang aman? Yuk simak!

Berapa kalori makan es krim?

Mungkin banyak orang yang belum tau bahwa kandungan lemak dalam es krim termasuk tinggi. Kandungan kuning telur dan krim yang digunakan dalam pembuatan es krim termasuk tinggi lemak. 

Bahkan jika dibandingkan dengan gelato, es krim tetap memiliki jumlah kalori yang lebih banyak. Dalam satu porsi es krim dengan rasa vanilla, atau setara dengan ½ cangkir es krim terdapat 210 kalori es krim dan 16 gram gula.

kandungan es krim

Menurut FatSecret Indonesia, dalam 1 mangkok es krim terdapat:

  • 267 kal kalori
  • 14,26 gram lemak (46%)
  • 32,45gram karbohidrat (47%)
  • 4,68gram protein (7%)

Kemungkinan kandungan kalori es krim dengan rasa yang berbeda akan lebih tinggi atau lebih rendah menyesuaikan dengan takaran bahan pembuatnya.

Meskipun tidak semua orang melakukan defisit kalori pada saat diet, namun es krim menjadi salah satu kudapan yang perlu disesuaikan lagi agar tidak terlalu berlebihan. 

Bagaimana memilih es krim yang aman dan sehat untuk berdiet?

Baca juga: Berapa Kalori Roti Tawar? Apakah Cocok untuk Diet? 

Es krim apa yang rendah kalori

Meskipun kamu sedang berdiet, tidak ada salahnya kamu mencoba sesekali makan es krim. Berikut cara aman konsumsi es krim tanpa menambah berat badan:

Pilih es krim rendah kalori

Pada saat diet, usahakan untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk dengan memilih es krim rendah kalori.

Pilih kudapan manis dengan jumlah kalori 100-200 kalori yang tergolong aman meskipun kamu masih berdiet.

Batasi makanan manis lain

berapa kalori boba

Jika kamu sudah menghabiskan jatah kalori untuk menyantap es krim, kurangi jenis makanan lain yang mengandung gula dan tinggi kalori seperti coklat, permen, biskuit atau makanan lain.

Pilih saja salah satu atau dua jenis kudapan sehingga porsi makanan manisnya tidak berlebihan.

Baca juga: Berapa Kalori Boba? Apakah Bisa Membuat Tubuh Gemuk? 

Makan dalam porsi kecil

Es krim selalu tersedia dalam berbagai ukuran dari kecil, sedang hingga besar. Tahan diri untuk tidak menyantap es krim porsi besar dengan tambahan topping yang hanya menambah asupan kalori untuk tubuh. Konsumsi dalam porsi kecil dan batasi es krim untuk tidak disantap setiap hari.

Makan dengan sendok kecil

Tidak hanya membatasi jumlah es krim yang disantap, kamu juga bisa makan es krim dengan sendok kecil sehingga tidak kalap saat menyantapnya.

Makan dengan perlahan akan membuat kamu lebih menikmati es krim dan mudah kenyang dibandingkan dengan makan lahap dengan porsi besar!

Fokus saat makan es krim

Jika kamu menyantap es krim sambil menonton film atau acara TV favorit, kamu bisa tidak sadar telah menyantapnya dalam porsi besar, lho.

Coba fokus saat makan es krim sehingga kamu sadar betul berapa banyak es krim yang sudah kamu santap agar tidak berlebihan.

Tidak perlu simpan stok es krim

Godaan untuk menyantap es krim jika ada didalam lemari es memang tidak dapat dihindari. Tidak perlu menyimpan es krim di rumah dan makanlah pada saat ada kesempatan saja.

Buat sendiri es krim sehat

kalori es krim

Banyak cara untuk membuat camilan sehat di rumah. Tidak perlu membeli es krim, kamu bisa mencoba membuat makanan yang mirip es krim dengan bahan-bahan yang lebih sehat. 

Misalnya, yogurt beku, yogurt rendah lemak dengan toping buah yang bentuknya hampir sama dengan es krim. Diet sukses dan kamu tetap bisa menyantap kudapan lezat, bukan?

Perhatikan waktu menyantap es krim

Ada waktu-waktu tertentu saat tubuh menyerap sedikit atau banyaknya lemak saat makan.

Waktu terbaik untuk menyantap es krim adalah pukul 3-6 sore dimana tubuh akan lebih sedikit menyerap lemak. Usahakan santap es krim kamu sebelum pukul 4 sore ya!

Konsumsi es krim saat diet

Mengonsumsi es krim saat diet masih diperbolehkan asalkan kamu bisa membatasi diri untuk tidak terlalu banyak dalam menyantapnya.

Sebaiknya kamu juga mengenal jenis es krim yang akan kamu santap berikut dengan kandungan di dalamnya. Berikut beberapa kategori es krim:

  • Ice cream. Kandungan dalam kategori es krim ini yaitu milk solid 15%, lemak 8%. Tipe ini mengandung banyak milk fat dan milk solid.
  • Ice milk. Kandungannya 10% milk solid dan 3% milk fat. Kandungannya susunya lebih sedikit dari ice cream. 
  • Lacto ice. Kandungan milk solid 3%, komposiis susunya lebihs edikit. Mengandung banyak vegetable fat sehingga kalorinya belum tentu lebih rendah dari kategori es krim lain.
  • Frozen dessert. Kandungan milk solid 3%. Biasanya terdapat rasa buah dan susu dalam kudapannya.

Selain jenis es krim rendah lemak yang perlu kamu pilih, jangan lupa untuk selalu mengecek kandungan kalori es krim dalam kemasan es krim yang kamu beli.

Semakin sedikit kandungan kalorinya, maka akan semakin baik untuk rencana diet kamu. Konsumsi juga makanan sehat bergizi yang dapat mengatasi rasa lapar sehingga keinginan menyantap es krim berkurang.

Share artikel ini
Reference