cara melupakan orang yang kita sukai

Tidak banyak orang yang mudah melupakan orang yang pernah disukai. Apakah kamu salah satunya?

Banyak kebersamaan atau kenangan yang mungkin masih melekat dalam ingatan sehingga sulit untuk melupakan seseorang.

Lalu bagaimana cara melupakan seseorang yang kita sukai? Yuk coba simak tips ampuh berikut ini.

Cara melupakan seseorang yang kita sukai

Banyak dari kita yang sulit untuk melupakan seseorang yang pernah kita sukai. Terkadang ada memori indah atau luka yang sering muncul sehingga melupakan orang tersebut menjadi hal yang sangat sulit.

Tidak hanya orangnya, namun juga kenangan yang pernah diukir bersama. Lalu bagaimana cara melupakan seseorang yang kita sukai?

Mengingat juga bukan suatu hal yang merugikan, akan tetapi jika hal ini sudah mengganggu kehidupan, bahkan menghalangi kamu untuk bertemu dan menjalin hubungan dengan orang baru, tentu itu sudah hal yang perlu kamu sudahi bukan? Berikut cara melupakan seseorang yang kita sukai yang bisa kamu lakukan secara perlahan:

1. Terima kenyataan

Salah satu cara melupakan seseorang yang kita sukai paling ampuh yang bisa kamu lakukan adalah mulai menerima kenyataan.

Terima kenyataan bahwa kamu dan dia tidak ditakdirkan untuk bersama. Segera sudahi perih dan kembali jalani hidupmu lagi. Menerima kenyataan akan membuat kamu mudah untuk segera melupakannya.

10 Cara Melewati Masa Putus Cinta, Anti Galau-Galau Club!

2. Ceritakan kepada orang lain

Terkadang suatu hal yang kamu pendam sendiri akan membebani hidup dan hatimu bukan? Coba ceritakan dengan sahabat atau teman yang kamu percaya.

Dengan menceritakan mungkin beban akan kenangan bersama dia akan terasa lebih ringan. Jika kamu tidak ingin menceritakannya, kamu bisa menulis buku harian atau menulis tentang perasaanmu hari ini.

3. Berdoa dan banyak bersyukur pada Tuhan

Banyak berdoa dan bersyukur kepada tuhan. Percayalah bahwa tuhan mungkin memberikan jarak kamu dengan dia karena adanya suatu alasan. Banyak berdoa dan segera jalani hidupmu yang bahagia agar segera bisa melupakannya.

4. Tidak perlu kepo tentang dia

Ingatan yang terus ada di dalam otak dan kenangan terkadang dibarengi dengan rasa penasaran akan kehidupannya yang sekarang.

Mungkin kamu akan kepo dengan sering melihat sosial medianya, bertanya kepada temannya atau segala hal yang bisa membuat kamu semakin sulit melupakannya.

Tidak perlu kepo tentangnya dan fokus kepada diri kamu sendiri agar lebih bahagia.

Apa Itu Cinta Bertepuk Sebelah Tangan? Sadari dan Waspadai Tandanya!

5. Tidak perlu meresponnya

Rasa yang sulit menghilang dan terus mengingat umumnya diawali dengan dia yang pertama kamu mengontak kamu baik itu lewat pesan atau telepon.

Jika memang ingin melupakannya, tidak perlu banyak meresponnya dan jalani kehidupan masing-masing tanpa perlu melihat kebelakang lagi. 

6. Menyibukkan diri dengan hal positif

Cara ampuh agar dapat melupakan dia adalah menyibukkan diri sendiri baik itu dengan pekerjaan, sekolah atau kuliah.

Perbanyak kegiatan positif, sering bertemu dan merencanakan agenda dengan teman atau keluarga akan membuat hidup semakin berwarna dan tentu saja kamu akan dengan cepat melupakannya.

7. Lakukan hal yang kamu sukai

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di rumah atau dimana saja, misalnya kamu memulai hobi baru atau melakukan kembali hobi yang lama.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membahagiakan diri sendiri sehingga segera dapat melupakan dia.

8. Hindari hal yang sering dilakukan bersama

Kamu sering berkegiatan bersama dengannya sehingga sulit lupa akan dia? Cobalah untuk menghindari hal yang sering dilakukan bersama itu jika memang masih sulit melupakannya.

Lakukan variasi kegiatan baru sehingga kamu tak akan cepat bosan dan merasa sendiri.

10 Ciri Ciri Tanda Orang Jatuh Cinta, Yuk Kenali Cirinya!

9. Biarkan kehidupan mengalir

Jika kamu pernah menyukai seseorang namun kini harus melupakannya, maka terimalah hal itu dan biarkan kehidupan mengalir dengan sendirinya.

Ada banyak kegiatan dan kesibukan yang bisa kamu lakukan sendiri sehingga bisa perlahan melupakan orang yang kamu sukai.

10. Berhenti mencoba melupakannya

Cara melupakan seseorang yang kita sukai yang bisa dilakukan sebenarnya adalah berhenti melupakannya.

Dengan mencoba berbagai cara melupakan, maka kamu akan terus teringat dia. Memaksakan diri hanya akan membuat otak kamu terus merespon semua kenangan tentangnya dan mau tidak mau melupakan akan menjadi lebih sulit.

Ikhlaskan dan mencoba fokus pada hal lain alih-alih mencoba sekuat tenaga untuk bisa melupakan orang yang kamu sukai.

11. Mulai buka hati

Mulai untuk membuka hati bisa menjadi cara melupakan dia yang bisa kamu lakukan. Hal ini memang tak serta merta mudah.

Mulai membuka hati juga bukan berarti kamu bisa dekat dan menjalin hubungan dengan siapa saja agar kamu bisa melupakannya. 

Mulailah dengan sering melkaukan kegiatan bersama dengan orang lain dan secara perlahan hatimu akan berlatih untuk membuka diri dengan hububgan yang baru.

Yuk Merdeka Dari Trauma Sakit Hati Dan Siap Move On!

12. Percaya diri

Percaya diri dan jangan pernah minder karena tidak bisa membuka hati. Jadilah diri sendiri dan lupakan dia yang pernah kamu sukai.

Jika kamu tidak berusaha percaya diri, maka kamu akan terus teringat dengan kenangan pahit yang hanya akan membelenggu kebebasanmu.

Percaya bahwa apapun yang terjadi dalam hidupmu adalah segala sesuatu yang perlu kamu syukuri dan nikmati sepahit apapun itu.

Segera move on dan jadilah versi terbaikmu. Memang tak mudah untuk melakukan cara melupakan seseorang yang kita sukai, namun bukan berarti hal itu tak akan bisa kamu lakukan bukan?


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference