move on dalam percintaan

Move on dalam percintaan kini menjadi istilah yang sangat populer di kalangan anak muda. Istilah ini sering dikaitkan dengan proses penyembuhan diri setelah putus cinta. 

Sayangnya, banyak orang mengaku susah move on karena terus memikirkan mantan pacar dan semua kenangan yang mereka miliki saat berpacaran. Faktanya, salah satu alasan untuk tidak move on mungkin adalah salah paham tentang konsep move on sendiri. Nah, biar lebih jelas, simak pembahasannya di sini ya!

Apa itu move on?

Move on adalah istilah yang mengacu pada proses penyembuhan diri setelah berpisah dengan orang yang kita cintai. Sederhananya, move on disebut sebagai cara untuk melupakan hubungan masa lalu dengan mantan.

Menurut Kamus Cambridge, “move on” berarti meninggalkan tempat tinggal seseorang dan pergi ke tempat lain. Istilah ini menggambarkan cara seseorang meninggalkan hal-hal lama.

Move on sendirinya biasanya dikaitkan dengan hubungan romantis. Istilah ini adalah karena melupakan seseorang yang masih kita cintai memang tidak mudah.

Seseorang dapat mengalami kesulitan melupakan masa lalu selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Perpisahan membuat orang takut menjalin hubungan baru, sehingga move on sering dianggap sebagai jalan keluar terbaik.

Baca juga: Yuk Merdeka dari Trauma Sakit Hati dan Siap Move On!

Kapan waktu terbaik move on?

self care

Jika ditanya waktu terbaik move on, tentu saja setelah kamu berhasil melupakan mantan dan benar-benar berdamai dengan diri sendiri. Namun, waktu yang dibutuhkan untuk mengatasi patah hati berbeda-beda pada setiap orang.

Beberapa orang dapat terbuka kepada orang lain dan melupakan mantan mereka dalam waktu singkat, tetapi banyak yang membutuhkan waktu lama.

Jadi, secara umum, berapa lama waktu yang dibutuhkan orang untuk move on dari mantan kekasih? Menurut Women’s Health, diperlukan waktu berminggu-minggu atau bahkan bertahun-tahun untuk menyelesaikan atau melupakan hubungan yang serius.

Tapi rata-rata orang bisa move on setelah 3 bulan. Hal ini ditegaskan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology, yang menunjukkan bahwa dibutuhkan 11 minggu (sekitar 3 bulan) untuk menyembuh patah hati dan move on.

Baca juga: Merdeka Dari Toxic Relationship, Ini Contoh Hubungan Beracun!

5 manfaat move on

cara menghilangkan trauma sakit hati

Siapa bilang move on tidak ada manfaatnya sama sekali? Kamu harus tahu beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah berhasil move on dari mantan.

Bisa lebih dekat dengan teman dan keluarga

Dengan move on, kamu akan memiliki banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman. Sebelumnya mungkin kamu lebih banyak menghabiskan waktu dengan mantan.

Sekarang semuanya berbeda. Ingatlah bahwa meskipun orang yang kamu cintai telah pergi, masih banyak yang sangat mencintaimu.

Kamu merasa lebih damai dan tenang

Jika kamu belum move on dari mantanmu yang sebenarnya tidak sejalan lagi dengan kamu, tentu ini akan membuatmu terus kepikiran dan tidak tenang.

Kamu mungkin takut terlihat salah di matanya, dan sebagainya. Jika sudah berhasil move on, kamu bisa hidup lebih damai dan lebih mudah tanpa mengkhawatirkan apa yang dipikirkan orang lain.

Lebih cinta diri sendiri

Jika kamu berhasil move on, kamu akan lebih menghargai dan mencintai diri sendiri, lebih bisa mengembangkan diri, dan mencapai hal-hal yang lebih baik. Kamu akan mendapati dirimu dapat mencapai sesuatu yang lebih besar dibanding hanya terjebak dalam ingatan mantan.

Jadi individu yang lebih kuat

Jika kamu berhasil move on, kamu akan menjadi seseorang yang lebih kuat. Kamu akan terbiasa menghadapi masalah seperti ini dalam hidup dan menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan kasus patah hati.

Hidupmu masih terlalu muda untuk menyesali hubungan yang sudah berakhir dan mungkin akan sia-sia jika dipaksakan berjalan terus. 

Kamu jadi lebih dewasa

Dengan move on dari mantan, kamu jadi bisa mengetahui apa yang baik dan apa yang buruk sehingga kamu dapat membuat keputusan yang tepat dan tidak mudah tersesat. Tentu saja ini membuatmu menjadi semakin dewasa secara emosional.

Arti move on dalam percintaan sudah dijelaskan dalam artikel di atas. Jika kamu masih susah move on dari mantan, cobalah lakukan pelan-pelan, jangan terlalu memaksakan diri untuk cepat-cepat melupakannya, karena semua tentu butuh waktu. Ingat juga bahwa banyak manfaat yang kamu bisa dapatkan dengan move on dari mantan.

Share artikel ini
Reference