manfaat collagen untuk wajah

Ada banyak manfaat garam untuk wajah. Di antaranya adalah menyeimbangkan pH kulit, mengurangi minyak dan jerawat, serta membantu eksfoliasi kulit.

Namun sebelum memanfaatkan garam untuk wajah, alangkah baiknya kamu sudah mengenali jenis kulit atau berkonsultasi dengan dokter. Hal ini disebabkan sifat abrasi dari garam, yang mungkin tidak cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif atau tipis.

Bolehkah cuci muka pakai garam?

manfaat mencuci wajah dengan air hangat

Garam menawarkan banyak manfaat bagi kulit dan tubuh. Air garam dapat menjadi penyembuhan yang menyegarkan dan meremajakan kulit, rambut, dan kuku.

Garam yang berasal dari air laut, mengandung banyak mineral, vitamin, dan asam yang bermanfaat. Beberapa mineral yang biasa ditemukan dalam air asin antara lain potasium, magnesium, dan belerang. 

Karena nutrisi ini, banyak peradaban kuno menggunakan air garam untuk mengatasi kondisi kulit.

Ya, air garam bermanfaat bagi kulit, dan khasiat penyembuhannya menjadikannya bahan penting dalam banyak perawatan relaksasi dan perawatan kulit seperti balneoterapi dan thalassoterapi.

Selain itu, air asin dari laut juga memiliki komposisi kimia yang mirip dengan plasma darah tubuh. Oleh karena itu, garam membantu sel-sel tubuh berfungsi dengan baik dan memulihkan sel-sel yang tidak berfungsi sesuai potensinya. 

Namun, tidak banyak bukti ilmiah untuk membuktikan hal yang sama. Belum tentu air garam tidak bagus untuk semua jenis kulit, dan harus digunakan dengan hati-hati. 

Bila digunakan dengan sangat hati-hati, perawatan dengan garam dapat membantu dalam mengobati kondisi peradangan (seperti psoriasis atau eksim) dan berpotensi membantu mengurangi minyak dan jerawat pada jenis kulit berminyak atau rentan berjerawat. 

5+ Manfaat Masker Madu Setiap Hari, Bisa Atasi Jerawat!

Manfaat garam untuk wajah

manfaat mencuci wajah dengan air es

Ada segudang manfaat garam untuk wajah yang bisa kamu dapatkan. Cara-cara sederhana dan pemakaian rutin akan memberimu kulit yng cerah, bersih, dan sehat.

1. Masker Penyeimbang pH

Garam dan madu memiliki sifat anti-inflamasi untuk menenangkan kulit dan menenangkan jerawat dan iritasi. Mereka juga membantu menyeimbangkan produksi minyak dan mempertahankan hidrasi di lapisan kulit yang paling dibutuhkan.

Campurkan dua sendok teh garam laut (sebaiknya digiling halus) dengan empat sendok teh madu mentah untuk membuat pasta yang bisa dioleskan. Oleskan secara merata pada kulit yang bersih dan kering, hindari area mata. 

Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Sebelum membilas, rendam waslap dalam air yang sangat hangat, dan peras perlahan. Letakkan waslap hangat di wajah selama 30 detik. 

Gunakan jari untuk mengelupas kulit dengan gerakan memutar sambil membilas kulit secara menyeluruh dengan air hangat. Ikuti dengan rutinitas perawatan kulitmu yang biasa.

2. Toner Wajah Penghisap Minyak

Garam membantu membersihkan pori-pori secara mendalam, menyeimbangkan produksi minyak, dan mencegah bakteri yang dapat memicu munculnya jerawat.

Campurkan satu sendok teh garam laut dengan empat ons air hangat dalam botol semprot kecil hingga garam larut. Semprotkan pada kulit yang bersih dan kering, hindari mata. Gunakan setiap hari atau dua kali sehari.

3. Lulur Pelembut Tubuh

Selain untuk eksfoliasi alami lembut yang mengelupas kulit mati, garam juga memiliki mineral untuk melembutkan kulit dan mengembalikan hidrasi.

Campurkan seperempat cangkir garam dan setengah cangkir minyak zaitun atau minyak kelapa lunak menjadi pasta kental. Jika mau, kamu bisa menambahkan 10 tetes minyak esensial favorit. Oleskan dan gosok kulitmu dengan lembut dengan gerakan memutar.

5+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Pipi

4. Lulur Peremajaan

Campurkan setengah cangkir garam, seperempat cangkir jus atau gel lidah buaya murni, seperempat cangkir minyak, satu sendok makan bunga lavender kering, dan 10 tetes minyak esensial lavender. 

Campuran yang dihasilkan akan membentuk pasta kental; jika terlalu kering, tambahkan beberapa tetes minyak ekstra. Oleskan waslap, loofah (spons mandi), atau telapak tangan, gosok kulit dengan lembut dengan gerakan memutar.

Garam adalah exfoliant pelembut yang memulihkan kulit. Lidah buaya menghidrasi, menyembuhkan, dan membantu pergantian sel kulit, sedangkan lavender adalah antiseptik alami yang meningkatkan sirkulasi.

5. Mandi Garam untuk rileks

Garam menyerap kotoran dan racun serta membersihkan pori-pori kulit secara mendalam. Kandungan mineral garam membantu memulihkan penghalang pelindung di kulit dan membantu menahan hidrasi. 

Berendam air garam dalam waktu sedang akan membantu kulit tetap lembab. Magnesium dalam garam laut juga dapat membantu mengurangi retensi air (yaitu kembung) di dalam tubuh.

Tambahkan sepertiga cangkir garam ke dalam bak berisi air hangat, dan desir untuk melarutkan garam. Kamu bisa berendam selama 15 hingga 30 menit.

6. Perawatan Kulit Kepala Anti Ketombe

Garam membantu melonggarkan dan menghilangkan serpihan yang ada sambil merangsang sirkulasi untuk kulit kepala yang sehat. Bahan tersebut juga menyerap kelebihan minyak dan kelembapan untuk mencegah pertumbuhan jamur dan menghambat akar ketombe.

Taburkan satu hingga dua sendok teh garam ke kulit kepala. Pastikan setiap belahan rambut mendapat jumlah yang cukup. Dengan menggunakan jari yang basah, pijat kulit kepala dengan lembut dan menyeluruh selama 10 hingga 15 menit.

Cuci dan beri conditioner pada rambutmu. Hasilnya akan segera terlihat.

7. Pemutih Gigi

Cara obati sakit gigi

Garam dan soda kue merupakan bahan abrasif lembut yang akan membantu menghilangkan noda dan mencerahkan gigi. Garam juga mengandung sumber fluoride alami, yang merupakan bonus untuk gigi dan gusimu.

Campurkan satu sendok teh garam dan dua sendok teh baking powder. Celupkan sikat gigi basah ke dalam campuran tersebut, dan gosok gigi seperti biasa. Jika rasanya terlalu kuat, coba oleskan pasta gigi pada kuas sebelum mencelupkannya ke dalam campuran.

8. Obat Kumur Alami

Garam bertindak sebagai disinfektan untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut dan radang gusi.

Campurkan setengah sendok teh garam, setengah sendok teh baking soda, dan seperempat cangkir air sampai garamnya larut. Kumur-kumur dengan larutan hingga mencapai setiap sudut mulut. Buang sisa kumur-kumur lalu bilas mulut.

9. Perawatan Pencerah Kuku

Garam melembutkan kutikula dan kulit serta memperkuat kuku. Soda kue dan lemon bekerja untuk mengurangi menguning dan noda untuk kuku yang tampak lebih cerah dan sehat.

Campurkan satu sendok teh garam, satu sendok teh soda kue, satu sendok teh jus lemon, dan setengah cangkir air hangat dalam mangkuk kecil. Rendam kuku dalam larutan tersebut selama 10 menit, lalu gosok dengan sikat lembut. Bilas tangan, dan lembabkan.

Efek samping garam untuk wajah

Seperti zat lainnya, menggunakan air garam pada kulit memiliki beberapa efek buruk. Meskipun air garam bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit kering, air garam juga dapat membuat kulit semakin kering. 

Air garam yang asin bisa sangat abrasif pada kulit. Oleh karena itu, pastikan kamu mencucinya hingga bersih dan selalu gunakan pelembab setelahnya.

6 Manfaat Air Garam untuk Wajah, Intip Efek Sampingnya!

Meskipun mungkin garam dapat ditoleransi dan dianggap aman pada jenis kulit tertentu, namun dapat menjadi keras atau mengiritasi pada jenis kulit tertentu, terutama yang memiliki kulit kering atau sensitif. 

Perawatan dengan garam paling baik untuk mereka yang berjerawat atau kulit cenderung berminyak. Namun sangat tidak direkomendasikan sebagai alternatif pengelupasan kimiawi karena menggunakan air garam dapat dengan mudah mengeringkan dan merusak kulitmu karena sifat abrasifnya.

Share artikel ini
Reference