manfaat sumsum tulang sapi

Tahukah kamu jika sumsum pada tulang sapi merupakan suatu jaringan spons yang berada di tengah tulang seperti tulang panggul atau tulang paha? Banyak makanan lezat yang berasal dari tulang sapi dengan cita rasa khas dan luar biasa.

Sederet manfaat sumsum tulang sapi juga dapat dirasakan dengan pengolahan yang tepat, yuk ketahui rahasia manfaatnya dan cara aman hindari efek samping mengonsumsi berlebihan. 

Kalori sumsum tulang sapi

Diketahui mengandung lemak yang tinggi, sumsum tulang sapi memang banyak dihindari. Tidak salah, dalam 14 gram sumsum tulang sapi, sekitar 100 kalori terdapat didalamnya, selain itu ada 12 gram lemak dan 1 gram protein.

Kebutuhan harian akan nutrisi bisa dilengkapi dengan konsumsi sumsum tulang yang sesuai. Beberapa kandungan dari bahan masakan ini antara lain:

  • 6% kebutuhan harian riboflavin
  • 4% kebutuhan harian zat besi
  • 2% kebutuhan harian vitamin e
  • 1% kebutuhan harian fosfor
  • 1% kebutuhan harian thiamin atau b1
  • 7% kebutuhan harian vitamin b12
  • 1% kebutuhan harian vitamin a

Meski begitu, mengonsumsi sumsum ini dengan porsi yang wajar tentu akan aman. Di samping itu, ada banyak manfaat dari sumsum tulang yang belum banyak diketahui masyarakat.

Mempunyai tinggi vitamin b12, tidak heran jika sumsum tulang termasuk dalam bahan makanan yang tinggi mineral dan vitamin. Apa saja manfaat sumsum tulang bagi kesehatan?

Baca juga: Apa Saja Sumber Kolagen Terbesar? Berikut Ulasannya!

Manfaat sumsum tulang sapi

Sumsum tulang sapi yang dikonsumsi secara bijak akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu:

Jaga fungsi sendi

obat pengapuran sendi

manfaat sumsum tulang yang pertama adalah menjaga fungsi sendi. Jenis makanan ini dapat membantu menjaga fungsi sendi karena kandungan alaminya sebagai osteoartritis yang dapat mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Senyawa penting lain seperti kolagen dapat mendukung produksi pada tulang rawan dan mengoptimasi fungsinya bagi tubuh. 

Baca juga: 6 Obat Pengapuran Sendi, Cara Tepat Atasi Masalah Sendi!

Kurangi peradangan

Sumsum tulang sapi ternyata dapat meredakan peradangan sering terjadi pada beberapa bagian tubuh. Hal itu karena, sumsum ini mempunyai sifat anti inflamasi, dan sejeni protein seperti adiponectin membuat masakan ini dapat mengatur peradangan dan meredakannya.

Turunkan risiko penyakit berat badan

Punya berat badan berlebih? Hormon adiponectin pada sumsum tulang menunjukkan efek baik pada penderita kelebihan berat badan sehingga dapat mencegah penyakit yang sering menjadi mimpi buruk penderita obesitas. Hormon ini akan memecah lemak sehingga membantu tubuh menghindari berbagai penyakit serius di samping penurunan berat badan yang signifikan.

Tingkatkan metabolisme tubuh

Sumsum tulang juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh akan meningkat dengan bantuan sumsum tulang dan berbagai kandunganya. Vitamin b12 akan bermanfaat membuat dan dan membangun senyawa penting seperti asam amino dan protein dari metabolisme tubuh.

Tingkatkan energi

Jika kamu kekurangan energi, cobalah untuk segera mengonsumsi sup sumsum tulang. Jenis makanan ini mengandung vitamin b yang tinggi akan tiamin, biotin, asam pantotenat dan berbagai kandungan lain yang dapat memberikan dorongan tenaga dengan cepat.

Atasi gangguan saluran pencernaan

penyakit pencernaan yang perlu diwaspadai

Punya masalah pencernaan yang mengganggu? Beberapa masalah pencernaan memang cenderung sangat mengganggu sehingga membuat tidak nyaman, meningkatkan peradangan, hingga menurunkan kesehatan usus. Sumsum tulang sapi dengan kandungan bermanfaat dapat membantu saluran pencernaan tetap sehat dan bantu mengurangi peradangan.

Tingkatkan kesehatan kulit

Manfaat sumsum tulang selanjutnya adalah untuk kesehatan kulit. Siapa sangka, kandungan kolagen dalam sumsum tulang mampu bermanfaat sebagai penjaga kesehatan kulit. Kolega dapat meningkatkan hidrasi kulit, elastisitas, melindungi kulit hingga dapat menghindari efek penuaan.

Pulihkan sel darah putih

Efek positif peningkatan sel darah putih diketahui dari penderita leukimia yang mengonsumsi jenis makanan ini. Terdapat beberapa senyawa yang menambah kekebalan seperti alkylglycerols dimana senyawa ini bermanfaat tinggi untuk tubuh.

Tingkatkan komposisi tubuh

Sumsum sumsum tulang sapi baik dalam meningkatkan komposisi tubuh dan merupakan makanan yang ramah untuk tubuh. Makanan tinggi lemak ini dapat mengubah tubuh sehingga dapat menjadi mesin pembakar lemak yang baik untuk menjaga komposisi tubuh tetap stabil dan baik.

Tingkatkan fungsi otak

Sumsum tulang yang dikenal lunak dan mudah dimakan merupakan salah satu makanan untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan yang dapat dicoba. Makanan ini dapat meningkatkan fungsi otak sehingga meningkatkan aktivitasnya. Lemak dapat membantu ingatan menjadi lebih baik dan meredakan depresi secara signifikan.

Menghilangkan lemak

macam-macam diet

Selain manfaat di atas, ada manfaat lainnya, yaitu mengilangkan lemak. Tidak perlu ragu mengonsumsi sumsum tulang karena makanan ini dapat membantu menghilangkan lemak dengan memecah lemak karena hormon adiponectin didalamnya.

Bantu lawan penyakit berat

Ternyata banyak manfaat dari kandungan adiponectin dalam sumsum tulang. Pasalnya, jenis kandungan ini dapat mempertahankan sensitivitas insulin sehingga dipercaya dapat menurunkan berbagai risiko penyakit berat seperti kanker, jantung hingga diabetes.

Berbagai manfaat yang terdapat dalam sumsum tulang aman untuk kesehatan, namun apakah ibu hamil boleh mengonsumsi sumsum tulang sapi?

Manfaat sumsum tulang sapi untuk ibu hamil

Ibu hamil nyatanya akan menemukan banyak fungsi kesehatan pada sumsum tulang. Mineral baik seperti fosfor, kolagen, magnesium hingga kalsium akan bermanfaat untuk ibu hamil.

Beberapa detail manfaatnya antara lain kolagen dapat memperkuat kondisi kuku rapuh serta tulang rawan dan penyakit sendi dapat dihindari selama kehamilan. Makanan ini aka aman dan baik dikonsumsi ibu hamil jika dimasak dengan benar. Sajikan setelah direbus dalam kaldu akan membuat ibu hamil lebih berenergi dan sehat.

Efek samping makan sumsum tulang sapi

Konsumsi sumsum tulang sapi secara bijak dapat menghindari efek sampingnya, seperti:

  • Sumsum tulang yang tidak dimasak dan disimpan dengan benar berisiko mengandung logam berat dan bahan kimia keras yang dapat memberikan bahaya untuk tubuh. Pelajari dan olah sumsum tulang sapi dengan tepat agar menghindari risiko nya.
  • Beberapa penelitian menyebutkan bahwa sumsum tulang mempunyai glutamate tinggi sehingga dapat menyebabkan kegelisahan, kecemasan, lelah mental, sulit tidur hingga masalah konsentrasi.
  • Efek samping lainnya itu sakit peru, kembung, mual, sembelit, sindrom radang usus, hingga peningkatan buang air besar.

Konsumsi sumsum tulang sapi dengan porsi harian dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh agar tidak berlebihan dan menghindari risikonya ya!

Share artikel ini
Reference