Cara mempercepat haid di bulan puasa

Setiap bulan wanita mengalami menstruasi dan hal ini memang normal dialami oleh wanita. Ada yang mengalaminya secara teratur, namun ada pula yang mengalaminya secara tidak teratur.

Saat mengalami menstruasi, wanita tentu tidak akan dapat menjalani aktivitas berpuasa di bulan ramadan. Oleh sebab itu, mereka biasanya ingin mempercepat siklus menstruasi mereka, agar bisa segera ikut berpuasa.

Lantas, apakah menstruasi bisa dipercepat? Apakah ada cara aman untuk mempersingkat durasinya? Yuk simak artikel berikut dan ketahui cara agar menstruasi cepat selesai di bulan puasa.

Tahapan Niat Puasa Ganti Haid Dan Waktu Terbaik Membayarnya

Faktor-faktor yang mempengaruhi menstruasi di bulan puasa

Dilansir dari DKT Indonesia, sekitar 30% wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur di bulan puasa. Siklus menstruasi yang tidak teratur sering membuat wanita merasa khawatir. Sebab, hal ini seringkali menjadi tolak ukur terhadap kesehatan. Beberapa faktor berikut ini dapat mempengaruhi menstruasi di bulan puasa.

  • Perubahan pola makan
  • Perubahan jam tidur
  • Perubahan aktivitas
  • Tingkat stres

Mitos dan fakta mempercepat menstruasi

Haid pertama setelah melahirkan

Saat ini ada banyak mitos dan fakta yang beredar mengenai cara mempercepat menstruasi. Beberapa mitos dan fakta tersebut, yaitu:

Minum soda bisa mempercepat menstruasi

Sampai saat ini belum ada riset yang menunjukkan bahwa minum soda bisa mempercepat haid. Sehingga, dapat dikatakan bahwa anggapan bahwa minum soda bisa mempercepat haid adalah mitos. Faktanya, minum soda saat haid justru dapat membuat wanita merasa tidak nyaman. Selain menimbulkan rasa kembung, soda bisa memperburuk suasana hati selama menstruasi.

Minum jahe bisa mempercepat menstruasi

Hal ini merupakan fakta bahwa mengonsumsi campuran ekstrak jahe dan madu bisa mempercepat menstruasi satu minggu lebih cepat. Selama menstruasi, campuran ini bisa mengatasi rasa kram dan sakit selama menstruasi. Jadi, minum jahe bisa mempercepat menstruasi merupakan fakta.

Mengonsumsi kunyit dapat mempercepat menstruasi

Minum minuman herbal dari kunyit ternyata bisa membantu agar menstruasi datang lebih awal. Saat mengonsumsi minuman herbal ini sebaiknya minumlah dalam keadaan hangat. Kunyit bisa membantu memicu aliran darah ke rahim sehingga mempercepat haid. Jadi, dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi kunyit dapat mempercepat haid merupakan fakta.

Cara Agar Mempercepat Haid, Yuk Coba 10 Jenis Makanan Ini!

Cara mempercepat menstruasi

Siklus menstruasi biasanya terjadi selama 21 hingga 35 hari. Sedangkan, menstruasi itu sendiri biasanya terjadi selama 2 sampai 7 hari. Namun, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi durasi menstruasi, seperti berat badan, stres, dan kadar hormon.

Sebenarnya, cara agar menstruasi cepat selesai di bulan puasa tidak bisa dilakukan secara instan. Namun, ada beberapa cara yang bisa membantu meningkatkan aliran darah menstruasi sehingga siklusnya lebih singkat daripada biasanya. Tetapi, kamu perlu ingat bahwa kamu memerlukan waktu untuk memperoleh hasilnya, tidak bisa dalam sekejap saja. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat menstruasi, yaitu:

1. Melakukan olahraga secara teratur

Olahraga secara rutin bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, tidak hanya itu saja, olahraga secara teratur juga bisa meredakan gejala menstruasi dan mempercepat durasinya. Selain itu, olahraga juga bisa mengatasi kram dan perut kembung ketika menstruasi.

2. Mengendalikan stres dan rasa cemas

Selain kadar hormon dalam tubuh, stres dan rasa cemas juga mempengaruhi siklus menstruasi. Oleh karena itu, kamu perlu mengendalikannya. Kamu bisa melakukannya dengan yoga atau relaksasi.

3. Mengonsumsi pil KB

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mempercepat menstruasi adalah dengan mengonsumsi obat-obatan seperti KB hormonal dan obat antiinflamasi non-steroid seperti aspirin dan ibuprofen.

KB hormonal berupa pil maupun suntik serta obat antiinflamasi non-steroid bisa mengatur siklus menstruasi, meringankan nyeri, dan meredakan kram ketika menstruasi. Jika kamu ingin mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya konsumsilah berdasarkan petunjuk dari dokter. Akan tetapi, cara seperti ini memerlukan waktu hingga beberapa bulan untuk melihat hasilnya.

4. Mengonsumsi vitamin C

Cara agar menstruasi cepat selesai di bulan puasa selanjutnya, kamu bisa mengonsumsi vitamin C untuk mengurangi kadar progesteron dalam tubuh. Saat mengonsumsinya, perhatikan dosis yang kamu konsumsi. Sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping, seperti diare dan sakit perut.

5. Menghindari pemakaian tampon

Walaupun tampon bisa dipakai sebagai alternatif dari pembalut, pemakaian tampon justru bisa menghambat keluarnya darah haid. Akibatnya, siklus haid berlangsung lama. Sebaliknya, jika kamu menggunakan pembalut, darah yang keluar akan cepat terserap pada permukaan pembalut. Maka dari itu, gantilah pemakaian tampon dengan pembalut agar menstruasi cepat selesai.

Itu tadi beberapa cara agar menstruasi di bulan puasa. Setiap wanita mengalami siklus haid dan durasi haid yang berbeda-beda. Jika kamu mengalaminya selama 2 sampai 7 hari dan selalu datang tepat waktu, berarti kamu memiliki siklus menstruasi yang normal.

Tetapi, jika siklusnya berlangsung sangat singkat, bahkan kurang dari 21 hari dan menstruasi itu sendiri terjadi lebih dari 7 hari, sebaiknya segera periksakan diri kamu ke dokter. Hal ini juga perlu kamu lakukan ketika kamu mempunyai keluhan yang berat selama mengalami menstruasi.

Share artikel ini
Reference