kalori semangka

Ladies, semua orang tentu sudah tahu bahwa semangka adalah buah dengan kandungan nutrisi dan manfaat yang tinggi, khususnya untuk ibu hamil. Kesehatan ibu dan perkembangan janin dalam kandungan memang sangat penting untuk terus dijaga kesehatannya sehingga ibu hamil tetap dalam kondisi yang fit.

Apa saja kandungan dan manfaat untuk ibu hamil? Yuk cari tahu informasi selengkapnya dalam ulasan kali ini!

Kandungan nutrisi semangka

manfaat buah semangka untuk ibu hamil

Buah yang berisi 91% air ini memang pilihan tepat untuk dapat memberikan nutrisi tambahan bagi ibu hamil dan janin. Menurut healthine, kandungan nutrisi dalam 152 gram semangka yaitu:

  • Kalori: 46 kcal
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Serat: kurang dari 1 gram
  • Vitamin c: 14% dari nilai harian (dv)
  • Tembaga: 7% dari dvd
  • Asam pantotenat (vitamin b5): 7% dari dvd
  • Provitamin a: 5% dari dv

Tinggi nutrisi, vitamin, dan kaya akan likopen serta lutein pada semangka membuat buah yang dikenal besar dan manis ini dapat menjaga kesehatan tubuh secara optimal apabila dikonsumsi secara rutin.

Tak hanya manis dan enak, nutrisi dan kandungan pada semangka memang cocok untuk menunjang kesehatan ibu dan calon bayi yang memerlukan nutrisi berkali lipat daripada ibu yang tidak hamil. Apa saja manfaat semangka untuk ibu hamil? 

Manfaat semangka untuk ibu hamil

manfaat semangka untuk ibu hamil

Kandungan nutrisi dan gizi tinggi ini dapat memberikan segudang manfaat saat hamil. Intip 20 manfaat semangka untuk ibu hamil di bawah ini:

1. Kaya akan gizi

Semangka sangat direkomendasikan untuk ibu hamil karena buah ini kaya akan gizi tinggi. Kadar air yang cukup dan nilai gizinya dapat menjadi sumber zat besi, protein, kalsium dan seng yang dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil.

2. Lindungi diri dari penyakit kardiovaskular dan aknker

Ibu hamil yang rajin mengonsumsi semangka dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, kanker dan preeklamsia hingga 50%. Semangka mengandung antioksidan tinggi sehingga penyakit berbahaya ini dapat diatasi sejak dini.

3. Kurangi risiko preeklampsia

Preeklamsia merupakan kondisi tekanan darah tinggi yang dapat terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini dapat menyebabkan bayi lahir prematur sehingga ibu hamil disarankan banyak mengonsumsi semangka karena kandungan likopennya dapat mencegah preeklamsia.

Bahaya Hipertensi dalam Kehamilan dan Cara Menanganinya

4. Meringankan mulas

Mulas sering terjadi karena masalah pencernaan. Ibu hamil yang rutin mengonsumsi semangka akan meringankan kondisi mual dan mendinginkan perut yang terasa panas.

5. Mengurangi bengkak

Ibu hamil kerap mengalami bengkak atau edema pada kaki, tangan dan area tubuh lainnya sehingga perlu mengonsumsi makanan tinggi air untuk mengurangi penyumbatan pada otot dan pembuluh darah. Konsumsi semangka untuk mengatasi kondisi ini sehingga ibu hamil lebih fit dan segar.

6. Menutrisi perkembangan janin

Vitamin A, C, dan B6 dan nutrisi lain seperti potassium sangat diperlukan ibu hamil agar dapat mendukung perkembambangn janin dalam kandungan. Konsumsi buah ini agar penglihatan lebih tajam, kekebalan tubuh janin semakin tinggi dan membantu perkembangan sistem saraf, otak dan tubuhnya.

6 manfaat vitamin b6 untuk ibu hamil, Cegah Preeklamsia!

7. Cegah dehidrasi

Jika sudah hamil tua, seorang ibu sangat mudah lelah dan dehidrasi sehingga konsumsi air yang banyak sangat diperlukan. Semangka bisa menjadi alternatif buah yang kaya akan manfaat sehingga mengurangi kontraksi palu, ketuban pecah dini dan risiko lain saat hamil tua.

8. Atasi morning sickness

Pada awal kehamilan, seorang wanita kerap mengalami mual muntah atau morning sickness. Kandungan air yang tinggi pada semangka dapat meringankan mual sehingga sangat membantu ibu hamil muda untuk beraktivitas lebih nyaman.

9. Turunkan komplikasi kehamilan

Komplikasi kehamilan dapat terjadi jika seorang wanita kekurangan cairan. Konsumsi semangka dapat menurunkan kondisi ini sehingga cairan ketuban cukup, sirkulasi darah dan volume darah juga mendukung. Hindari dehidrasi selama hamil agar kondisi kehamilan tetap terjaga hingga persalinan.

Emboli Air Ketuban, Komplikasi Langka dan Berbahaya pada Ibu dan Janin

10. Kaya akan air

Lebih dari 90% isi semangka adalah air, dan air sangat penting bagi ibu hamil karena membantu tubuh memenuhi cairan, mencegah komplikasi, wasir hingga sembelit.

11. Jaga kesehatan mata

Seringkali ibu hamil merasa mengalami pengurangan penglihatan selama hamil, kondisi ini dapat dibantu dengan banyak mengonsumsi semangka karena buah ini dikenal tinggi beta karoten dan antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel mata, melindungi kornea dan membantu penglihatan lebih sehat.

12. Dukung pembentukan tulang janin

Tinggi kalsium dan potasium pada semangka dapat membantu pembentukan tulang janin yang umumnya dimulai pada minggu 6-7 kehamilan. Perbanyak konsumsi semangka saat awal kehamilan untuk mendukung perkembangan tulang janin ini.

13. Meredakan ruam panas

Sifat dingin dan daya hidrasi semangka dapat menjadi solusi saat ibu hamil mengalami ruam panas. Kondisi ini dapat mencegah kulit panas, pecah-pecah, kering dan gatal sepanjang

14. Cegah pigmentasi kulit

Jika ingin tampil lebih glowing selama hamil, cobalah untuk rutin mengonsumsi semangka. Buah yang kaya akan nutrisi ini dapat mencegah pigmentasi sehingga tekstur kulit lebih halus, warna kulit merata dna ibu hamil merasa lebih segar dari sebelumnya.

Mengenal Apa itu Hiperpigmentasi Kulit dan Cara Mengatasinya

15. Tingkatkan imun ibu hamil

Saat hamil, seorang ibu perlu menjaga diri lebih ekstra agar terus sehat dan tidak mempengaruhi perkembangan janin. Likopen pada semangka dapat meningkatkan kesehatan ibu hamil dan memainkan peran penting selama kehamilan hingga persalinan.

16. Atasi sembelit

Semangka dapat mengatasi sembelit yang sering terjadi dan mengganggu sistem pencernaan. Buah kaya sera ini membantu feses lebih lunak dan memberikan tekanan pada usus sehingga mudah mengeluarkan bab.

17. Sembuhkan infeksi saluran kemih

Masalah umum pada ibu hamil ini memang menjengkelkan, namun semangka dapat mengatasi infeksi yang sering terjadi kandungan air pada buah ini. Buang air yang menyakitkan akan teratasi dengan mudah.

Hari yang sering terjadi pada ibu hamil.

18. Melegakan perut dan tenggorokan

Ibu hamil sering merasakan panas pada tenggorokan dan perut yang dikenal dengan heartburn. Kondisi ini dapat diredakan dengan banyak mengonsumsi semangka karena sifatnya yang mendinginkan sehingga kerongkongan dan perut menjadi lebih dingin. Selain itu semangka juga mengatasi gangguan pencernaan yang kerap menyerang ibu hamil.

19. Redakan kram tubuh

Bertambahnya berat badan dan perubahan hormon yang tinggi sering memicu kram pada ibu hamil, kondisi ini dapat diredakan dengan konsumsi semangka secara rutin. Kram pada perut dan pinggang juga dapat diatasi dengan menjaga kualitas tidur dan memperhatikan posisi saat tidur.

20. Detoksifikasi tubuh

Buah yang dikenal tinggi air ini dapat menjadi detoks tubuh ibu hamil. Sifat diureticnya dapat dengan mudah mengeluarkan racun berbahauya sehingga fungsi ginjal dan liver semakin maksimal. 

Segudang manfaat semangka untuk ibu hamil ini dapat menjaga kesehatan ibu dan calon janin secara maksimal. Konsumsi secara cukup dna pada pagi hingga sore hari agar tidak mengganggu frekuensi buang air yang dapat semakin meningkat pada malam hari ya, ladies!


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference