manfaat jambu merah untuk ibu hamil

Selama masa kehamilan, penting bagi kamu untuk mengonsumsi makanan kaya nutrisi, termasuk buah-buahan. Salah satu buah yang memiliki manfaat bagi ibu hamil adalah jambu merah. Jambu merah sendiri mengandung nutrisi penting seperti asam folat dan vitamin B9 yang dibutuhkan oleh wanita selama kehamilan.

Nutrisi dalam jambu merah bantu pertumbuhan sistem saraf bayi, dan melindunginya dari risiko penyakit saraf. Selain itu, manfaat jambu merah untuk ibu hamil juga memiliki peran penting karena mengandung vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Pastikan kamu mengonsumsi jambu merah dengan bijak. Jika berlebihan, bisa menyebabkan kembung, perut kembung, dan sakit perut, dan perut kembung. Sebelum konsumsi, yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Khasiat jambu merah

khasiat jambu merah

Jambu biji mengandung banyak nutrisi penting seperti serat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, dan berbagai jenis vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Oleh karena itu, disarankan untuk memasukkan biji jambu ke dalam pola makan seimbang selama kehamilan guna memperoleh manfaat nutrisi. Jambu merah memiliki banyak khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jambu merah mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.

8 Manfaat Vitamin C untuk Ibu Hamil yang Perlu Kamu Ketahui

2. Menurunkan risiko kanker

Jambu merah mengandung senyawa antioksidan seperti likopen yang dapat membantu melindungi sel sel.

Lebih sehat jambu merah atau jambu biji?

Kalori Jambu Kristal

Jambu merah memiliki kandungan air lebih banyak, gula lebih sedikit, kandungan pati dan vitamin C lebih sedikit, serta biji yang lebih sedikit atau bahkan tanpa biji. Sementara jambu biji putih cenderung memiliki kandungan gula yang lebih tinggi, vitamin C, dan banyak biji.

Jambu biji merah muda mengandung karotenoid, kelas pigmen organik alami yang memberi wortel dan tomat warna merah. Jambu biji putih memiliki kandungan karotenoid yang lebih rendah sehingga tidak memberi warna pada kulit buahnya. Selain perbedaan tersebut, jambu biji putih dan merah juga memiliki perbedaan rasa.

Penting untuk dihindari mengonsumsi jambu merah yang sudah matang atau berwarna merah muda jika sedang mengalami pilek dan batuk biasa. Sebaliknya, disarankan untuk mengonsumsi jambu yang masih mentah untuk mengurangi produksi lendir.

Kaya Akan Nutrisi, Ternyata Segini Kalori Jambu Air!

Jambu merah sering dianggap sebagai “buah super” karena kandungan vitamin A dan C yang tinggi, asam lemak tak jenuh poli omega 3 dan omega 6, serta serat makanan. Kandungan serat yang tinggi ini bermanfaat bagi penderita diabetes.

Manfaat jambu merah untuk ibu hamil

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa kamu dapat saat mengonsumsi jambu merah saat hamil, antara lain:

1. Menjaga keseimbangan tekanan darah

Selama kehamilan, ibu hamil rentan terhadap peningkatan tekanan darah. Selain itu juga dapat menjaga tekanan darah lebih terkontrol dan bermanfaat untuk mencegah terjadinya risiko kelahiran prematur.

Jambu biji kaya akan kandungan kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap optimal dan mencegah kecanduan tekanan darah.

2. Mencegah sembelit dan wasir

Konstipasi dan wasir adalah masalah umum yang dialami ibu hamil akibat perubahan hormonal. Jambu biji kaya serat, dan memiliki peran penting dalam mencegah kondisi tersebut. Tingginya kandungan serat dalam biji jambu dapat membantu mencegah sembelit dan mengurangi risiko wasir selama kehamilan.

Moms, Ini 10 Cara Menghilangkan Wasir setelah Melahirkan

3. Mendukung perkembangan sistem saraf bayi

Memiliki kandungan asam folat dan vitamin B9 yang membantu perkembangan otak dan sistem saraf pada bayi.

Asam folat sendiri merupakan nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil dan dapat membantu mencegah kelainan saraf seperti spina bifida. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi biji jambu yang matang untuk mendukung perkembangan sistem saraf bayi dengan baik.

4. Sumber kaya vitamin B3 dan B6

Vitamin B3 dan B6 memiliki peran penting dalam diet kehamilan karena dapat berkontribusi pada kesehatan kognitif yang baik.

Vitamin B3 dan B6 membantu meningkatkan kesehatan otak janin dan mendukung fungsi kognitif yang optimal. Selain itu, vitamin ini juga dapat meningkatkan fokus dan tingkat konsentrasi pada wanita hamil.

5. Mengurangi mual di pagi hari

Manfaat jambu merah untuk ibu hamil juga dapat membantu mengendalikan rasa mual di pagi hari yang umum terjadi selama kehamilan.

Mengkonsumsi biji jambu ketika merasa mual percaya dapat menenangkan perut dan mencegah muntah yang berlebihan.

Resep minuman jambu merah simpel

manfaat jus 3 diva untuk promil

Kamu bisa mencoba membuat jambu merah dengan berbagai resep berikut ini:

1. Jus Jambu

Bahan-bahan:

4 cangkir jambu merah muda
4 sendok makan gula
1/4 gelas air atau secukupnya
1 sendok teh bubuk jinten panggang
Garam hitam secukupnya

Cara membuat:

  • Cuci jambu merah muda, kupas, dan potong-potong.
  • Dalam blender, tambahkan gula dan potongan jambu merah muda.
  • Blender hingga menjadi pasta halus.
  • Siapkan mangkuk besar dan letakkan saringan dengan ukuran yang sama di atasnya.
  • Tuangkan pasta jambu merah muda melalui saringan ke dalam mangkuk.
  • Gunakan sendok untuk mengaduk ampas dan mengumpulkan ampas halus yang diekstraksi.
  • Tuangkan air di atas ampas yang tersisa di saringan dan buang bijinya.
  • Jus kamu siap disajikan.

2. Es krim jambu merah

Bahan-bahan:

3 cangkir krim kental, dinginkan
2 cangkir jambu merah muda yang telah dihaluskan
14 ons susu kental manis
1 sendok teh ekstrak vanila, atau pasta biji vanilla
Pewarna makanan merah muda (pilihan)

Cara membuat:

  • Campurkan jambu merah muda yang telah dihaluskan, susu kental manis, dan ekstrak vanila dalam mangkuk. Aduk hingga tercampur rata dan sisihkan.
  • Tuangkan krim kental ke dalam mangkuk. Kocok krim hingga kaku, sekitar 5 hingga 8 menit.
  • Tambahkan beberapa tetes pewarna makanan merah muda, jika diinginkan, hingga mencapai warna yang diinginkan.
  • Pindahkan adonan es krim ke dalam loyang roti. Ratakan agar terisi dengan rata.
  • Sisihkan dalam freezer dan biarkan hingga beku, minimal 6 jam hingga semalaman.
  • Es krim jambu kamu siap disajikan

Untuk mendapat manfaat jambu merah untuk ibu hamil sebaiknya dikonsumsi dalam batas wajar, yakni antara 100-125 gram. Hal ini karena konsumsi berlebihan juga berdampak bagi kesehatan dan sebaiknya dihindari untuk mencegah efek buruk pada janin.
__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference