Bingung bagaimana cara memulai program hamil alias promil? Jika kamu sedang merencanakan kehamilan, rasa was-was mungkin menyelimuti. Karena itu, penting untuk mengetahui sejumlah fakta mengenai kehamilan.

Fakta dan tips berikut ini bukan hanya soal kamu, tapi juga pasanganmu. Ikuti tips dan cara meningkatkan peluang hamil ini supaya peluangmu semakin besar.

Cara meningkatkan peluang hamil

tips agar cepat hamil

Bagi pasangan yang baru mau mencoba untuk meningkatkan peluang hamil, perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Perhatikan siklus menstruasi

Setiap siklus menstruasi baru ditandai dengan hari pertama menstruasi. Dengan memperhatikan pola atau siklus menstruasi, kamu akan dapat menentukan kapan waktu ovulasi dan kapan waktu yang tepat untuk bercinta.

Selain memperhatikan kapan menstruasi dan masa ovulasi, kamu dan pasangan juga bisa mengetahui kebiasaan seperti apa yang kamu miliki. Tentunya jika itu adalah kebiasaan yang mendukung dan meningkatkan peluang kehamilan, kamu dan pasangan harus mempertahankan atau meningkatkannya.

Siklus Haid Berantakan, Minum Apa Agar Haid Lancar?

Hal yang dilacak seperti keadaan emosi ─terutama memasuki masa PMS─, kondisi psikologis, gairah seks, dan keadaan fisik termasuk kondisi kesehatan tertentu. Kamu dapat menggunakan aplikasi seluler seperti Fertility Friend dan Clue, atau cara manual di kalender pasutri atau promil.

2. Sering berhubungan seks selama masa subur 

Secara keseluruhan, penelitian telah menunjukkan bahwa pasangan yang berhubungan seks setiap hari atau dua hari sekali selama masa subur memiliki tingkat kehamilan tertinggi. Selain itu, dokter sering menganjurkan untuk hanya sekali sehari selama masa subur.

Pagi hari mungkin merupakan waktu terbaik untuk berhubungan seks untuk pembuahan, setidaknya menyangkut sperma. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jumlah dan kualitas sperma sedikit lebih tinggi di pagi hari, yang berarti kemungkinan pembuahan lebih baik jika disimpan tepat setelah tidur malam yang nyenyak.

Namun, tidak ada konsensus medis yang jelas, jadi jika kamu dan pasangan sedang dalam mood, bisa langsung gas!

3. Berbaring dan rileks selama beberapa menit setelah berhubungan seks

Berdiri atau pergi ke kamar mandi setelah berhubungan seks dapat menarik sperma menjauh dari tujuannya. Jadi, berbaring telentang selama 15 menit atau lebih setelah berhubungan seks dapat membantu sperma bergerak ke arah yang benar.

4. Pastikan menggunakan pelumas yang ramah kesuburan

Jenis pelumas yang kamu gunakan saat berhubungan seks benar-benar dapat mempersulit pembuahan. Ini karena kandungan dalam banyak pelumas, seperti minyak bumi, silikon, paraben, dan gliserin, dapat merusak fungsi sperma. PH pelumas (seberapa asam atau basa) juga dapat berpengaruh.

Lubricant: Pelumas Organ Intim yang Bantu Tingkatkan Hubungan Seksual

5. Upayakan gaya hidup sehat

cara menjaga kesehatan payudara

Hamil bukan hanya tentang waktu dan teknik. Meningkatkan kesehatan dapat membantu meningkatkan peluang untuk hamil dan mempersiapkan tubuh untuk kehamilan yang sehat. Dan itu juga berlaku untuk pasanganmu.

Kebiasaan gaya hidup sehat yang harus kamu dan pasangan lakukan di antaranya meliputi:

  • Mengonsumsi vitamin prenatal yang tinggi asam folat.
  • Diet seimbang protein, lemak tak jenuh dan karbohidrat kompleks.
  • Olahraga secara teratur.
  • Hindari rokok, alkohol, dan obat-obatan.
  • Kurangi stres.

6. Jadwalkan pemeriksaan

Menjadwalkan pemeriksaan prakonsepsi dengan dokter keluarga, OB-GYN atau bidan merupakan langkah penting. Kunjungan prakonsepsi mirip dengan pemeriksaan fisik tahunan tetapi mencakup perawatan tambahan yang berfokus pada keluarga berencana dan kehamilan.

Secara khusus, pemeriksaan prakonsepsi dapat membantu mengidentifikasi masalah kesehatan apa pun yang dapat memengaruhi peluang Anda untuk hamil atau menjalani kehamilan yang sehat.

Pemeriksaan ini mungkin mencakup hal-hal seperti pemeriksaan fisik, dan tinjauan kesehatan dan riwayat reproduksi seperti imunisasi, kehamilan sebelumnya, dan pengobatan saat ini. Tes darah dan pencitraan juga dapat dilakukan. 

Kunjungan ini juga merupakan kesempatan untuk menyuarakan pertanyaan atau kekhawatiran yang mungkin miliki. Jadi pastikan untuk melakukan konsultasi secara berkala, untuk kamu dan pasangan.

Berapa lama bisa hamil dari haid terakhir?

tanda ibu hamil harus membatalkan puasa

Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini. Namun yang pasti, semakin dekat jarak antara kamu dan pasangan berhubungan seks dengan masa kesuburan, semakin besar peluang untuk hamil.

Jika berhubungan seks tanpa menggunakan kontrasepsi, kamu dapat hamil (hamil) kapan saja selama siklus menstruasi. Kamu juga bisa hamil jika belum pernah haid sebelumnya (dalam kondisi normal), saat haid pertama, atau setelah pertama kali berhubungan intim.

Siklus menstruasi dimulai pada hari pertama haid dan berlanjut hingga hari pertama haid berikutnya. Masa subur biasanya terjadi 12 hingga 14 hari sebelum periode berikutnya dimulai. 

Ladies, Ini 10+ Tips Agar Rahim Sehat dan Subur

Kecil kemungkinan kamu akan hamil tepat setelah menstruasi, meskipun hal itu bisa saja terjadi. Penting untuk diingat bahwa sperma kadang bisa bertahan di dalam tubuh hingga 7 hari setelah berhubungan seks.

Artinya, mungkin saja hamil segera setelah haid selesai jika kamu berovulasi lebih awal, terutama jika kamu memiliki siklus haid yang pendek secara alami. 

Tips bercinta untuk hamil

Di sini, kami menjawab beberapa pertanyaan konsepsi umum untuk membantu meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

  • Jangan terlalu sering bercinta

Berhubungan seks terlalu sering bisa menimbulkan potensi masalah. Berhubungan seks beberapa kali sehari atau bahkan setiap hari dapat menyebabkan ‘kelelahan’, dan pasangan mungkin mulai memandang seks sebagai tugas pra-ovulasi.

Menurut sebuah penelitian, tidak melakukan hubungan seks selama satu atau dua hari membantu meningkatkan kualitas sperma, jadi berhenti berhubungan seks sebenarnya bisa menjadi hal yang baik.

  • Berhubungan setelah tidur cukup

Saat tidur, tubuh mereka meregenerasi sperma yang hilang di siang hari. Meskipun rata-rata sel sperma memiliki umur simpan yang cukup pendek, bahkan perenang tangguh pun dapat mencapai tanggal kedaluwarsa lebih awal jika mereka terlalu hangat dari kolam air panas atau olahraga seperti bersepeda.

Menurut sebuah penelitian di Zurich, waktu terbaik berhubungan seks untuk hamil adalah sebelum pukul 07.30. Tidak hanya itu, sperma tampaknya memiliki jam internal 24 jamnya sendiri yang membantunya menentukan waktu terbaik untuk melakukan perjalanan ke sel telur.

  • Konsisten

Bahkan dalam kondisi ideal, pasangan yang subur sempurna membutuhkan waktu beberapa bulan untuk hamil. Jika kamu berusia di bawah 35 tahun, dengan siklus menstruasi teratur dan tidak ada masalah kesehatan mendasar yang dapat memengaruhi kesuburan, umumnya pasutri masih membutuhkan waktu hingga satu tahun.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kesuburan tanpa mengunjungi spesialis. Hal-hal seperti berfokus pada diet sehat, menjaga berat badan, menjaga tingkat stres, dan menjauhi racun seperti pestisida adalah tempat yang cerdas untuk memulai.

  • Periksakan kesehatan segera

Sebagian besar pasangan heteroseksual harus menunggu satu tahun sebelum menemui dokter kesuburan—tetapi dalam beberapa kasus, lebih baik membuat janji temu lebih cepat daripada terlambat.

Memeriksakan diri pada dokter di awal waktu juga berlaku jika kamu atau pasangan mengalami menstruasi tidak teratur atau riwayat infeksi menular seksual (IMS), kehamilan ektopik, endometriosis, atau masalah kesehatan lain yang dapat memengaruhi kesuburan atau kehamilan.

  • Persiapkan tubuh secara keseluruhan

Sebelum mencoba untuk hamil, ada baiknya melakukan beberapa persiapan pada kesehatanmu dan pasangan untuk mengoptimalkan peluang hamil. Menjaga pola hidup sehat adalah yang terpenting.

Ingat, hamil bukan hanya tentang pembuahan, tapi juga tentang fisik dan psikologis. Membangun hubungan yang intim sembari menunggu kehamilan akan menjadikan kehidupan rumah tanggamu tetap harmonis.

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference