manfaat kecambah untuk promil

Manfaat kecambah untuk promil seringkali menjadi andalan utama para ibu yang menanti kehamilan. Kecambah atau tauge memang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesuburan seperti serat, zat besi, protein, dan antioksidan. Sehingga banyak orang yang memanfaatkannya sebagai makanan penunjang program hamil. 

Manfaat kecambah untuk promil

asam folat untuk promil
Young pregnant woman taking capsule

Kandungan vitamin E dan antioksidan pada kecambah, dipercaya mampu melindungi sperma dari radikal bebas. Hal inilah yang meningkatkan kualitas sperma sehingga berhasil membuahi indung telur. Selain itu, kecambah juga memberikan berbagai manfaat lain pada kehamilan yaitu:

1. Memperbaiki pencernaan dan meredakan sembelit

Kecambah kaya akan serat tidak larut dan enzim pencernaan yang meningkatkan metabolisme, melancarkan buang air besar, dan mencegah sembelit. Selain itu, kecambah juga mengandung tingkat gluten dan anti-nutrisi yang lebih rendah, sehingga mengurangi potensi masalah pencernaan.

2. Mendukung perkembangan otak dan retina janin

Kecambah adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik yang memainkan peran penting dalam mengembangkan otak dan retina bayi janin. Sifat anti-inflamasi omega-3 juga membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi pembengkakan selama kehamilan.

Mau Cepat Hamil? Ini Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita secara Alami!

3. Penambah energi instan

Kecambah penuh dengan mineral, vitamin, fitokimia, antioksidan, dan enzim, yang meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tetap berenergi selama kehamilan. Kalori kecambah berkisar antara 200-480 kalori, tergantung jenisnya.

4. Mencegah anemia

Rendahnya kadar sel darah merah dapat membuat ibu hamil merasa lelah. Kecambah mengandung cukup banyak zat besi dan folat, yang membantu mengobati anemia akibat kehamilan. Zat besi yang cukup dalam tubuh juga meminimalkan risiko gangguan perut dan mual.

5. Menjaga berat badan selama kehamilan

Kecambah membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga mampu mengurangi keinginan untuk makan berlebih. Dengan cara ini, kecambah membantu mempertahankan berat badan yang sehat selama hamil.

6. Memperkuat sistem imun

Kecambah mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin B, C, E, dan fitokimia yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan pada kecambah mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

7. Mencegah masalah penglihatan

Perubahan penglihatan adalah hal yang umum terjadi selama kehamilan. Kecambah menjadi sumber kaya akan Vitamin A, yang dapat meningkatkan penglihatan. Kecambah juga mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang melindungi sel-sel mata dari radikal bebas.

8. Menurunkan kadar gula darah

Serat yang ada dalam kecambah membantu menurunkan kadar glukosa darah. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kecambah selama dua bulan dapat menurunkan kadar hemoglobin A1c sebesar 10%. Jadi, sangat disarankan untuk mengonsumsi kecambah selama kehamilan untuk menurunkan kemungkinan diabetes gestasional.

Apakah kecambah mentah baik untuk promil?

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS menyarankan wanita hamil untuk tidak makan kecambah mentah atau yang baru dimasak. Kecambah mentah atau setengah matang menimbulkan risiko infeksi bawaan makanan. Selama kehamilan, wanita beresiko lebih tinggi untuk tertular penyakit bawaan makanan.

Tidak seperti produk segar lainnya, kecambah membutuhkan kondisi yang hangat dan lembab untuk bertunas dan tumbuh. Bakteri yang mungkin tumbuh di kecambah mentah yaitu Salmonella, Listeria, dan E. coli. Jika ibu hamil terinfeksi bakteri ini, maka akan berakibat fatal bagi ibu dan janin.

Manfaat Buah Kiwi untuk Promil: Meningkatkan Kesuburan Pasangan

Jenis kecambah untuk kesuburan

Dilansir dari Fertility Hub, jenis kecambah yang bagus untuk kesuburan yaitu brussel sprout atau kecambah brussel. Jenis kecambah ini populer di Belgia, bentuknya seperti kubis berukuran mini yaitu sekitar 2,5 cm saja. 

Kecambah brussel mengandung banyak nutrisi untuk mendukung promil, seperti sulforaphane, yang dikombinasikan dengan folat, magnesium dan serat, membantu tubuh dalam menghilangkan kelebihan hormon. Kandungan ini dapat meningkatkan kesuburan, karena ketidakseimbangan hormon yang sedikit saja dapat memberikan dampak yang sangat besar.

Kandungan penting lainnya yaitu vitamin B, termasuk folat, yang penting untuk kesuburan. Kandungan ini membantu melapisi rahim wanita dengan nutrisi yang menyehatkan rahim dan meningkatkan peluang kelangsungan hidup sperma. Tentunya, penting dalam pencegahan cacat tabung saraf. 

Bukan hanya wanita yang bisa memanfaatkan asam folat, kandungan ini juga penting untuk kesehatan sperma. Namun, kecambah brussel mungkin akan sedikit sulit ditemukan di sekitar kita. Kamu perlu mencarinya ke pasar atau supermarket sayuran yang cukup besar.

_________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference