Berapa kalori es teh manis?

Siapa di sini yang suka minum es teh manis? Minuman ini disukai oleh masyarakat Indonesia. Dari pedagang kaki lima hingga restoran besar, menu es teh manis pasti selalu ada.Namun, siapa sangka kalau minuman ini ternyata bisa menyebabkan gangguan kesehatan? Apalagi karena kalori es teh manis juga tinggi, lho!

Bagi kamu yang suka minum es teh manis, yuk cari tahu info lebih lengkapnya tentang minuman menyegarkan ini!

Kandungan dan kalori es teh manis

Es teh manis adalah campuran ekstrak daun teh, gula, air, dan es. Satu galon teh manis biasanya mengandung setidaknya 1 cangkir gula. Ini setara dengan 250 kalori dan 25 gram gula per gelas es teh manis.

Es teh manis mengandung 14,36 gram karbohidrat. Namun, minuman ini tidak memiliki kandungan sehat lainnya seperti protein atau lemak. Sebaliknya, es teh manis memiliki kandungan tidak sehat, yakni asam oksalat yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Tentu saja, ini berbahaya jika kamu minum es teh manis secara berlebihan.

Apakah sehat mengonsumsi es teh manis?

Sebagai pecinta es teh manis, kamu mungkin pernah bertanya-tanya apakah sehat mengonsumsi es teh manis terus-menerus. Seperti makanan lain, es teh manis juga akan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Terlebih kalori es teh yang cukup tinggi. Berikut beberapa bahaya kesehatan jika kamu mengonsumsi es teh manis secara berlebihan.

Obesitas

Jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, sebaiknya jangan sering-sering minum es teh manis. Hal ini dikarenakan kalori es teh manis cukup tinggi. Jika dikonsumsi terus-menerus, keberhasilan program penurunan berat badanmu akan semakin kecil, bahkan kamu bisa mengalami obesitas.

Diabetes

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, es teh manis mengandung kadar gula yang cukup tinggi, yakni 25 gram untuk setiap gelas es teh manis. Ini masih takaran gula yang normal. Beberapa orang bahkan menambahkan gula lebih hingga 33 gram. Dengan banyaknya asupan gula ini, konsumsi es teh manis dapat menyebabkan diabetes jika dikonsumsi secara berlebihan.

Gagal ginjal

Siapa sangka konsumsi es teh manis dapat menyebabkan gagal ginjal? Seorang dokter dari University of Utah menemukan bahwa es teh manis mengandung asam oksalat. Asupan oksalat yang berlebihan dapat menyebabkan kandungan ini menumpuk di ginjal, yang dapat mengganggu kemampuan ginjal untuk mengeluarkan limbah tubuh dari darah.

Stroke

Selain penyakit-penyakit di atas, konsumsi es teh manis secara berlebihan juga dapat memicu peningkatan risiko stroke. Kandungan gula yang tinggi meningkatkan kadar trigliserida dan dapat menyebabkan stroke. Trigliserida adalah jenis lemak yang bisa kita temukan di dalam darah.

Memperburuk sistem kardiovaskular

Selain kalori es teh manis yang tinggi serta kandungan gulanya, es teh manis juga mengandung kafein. Jika kamu mengkonsumsi terlalu banyak kafein, sistem kardiovaskular bisa terganggu dan bahkan bisa membuatmu merasa tidak stabil dan gelisah.

Mengganggu asupan zat besi

Bahaya lain dari minum es teh manis secara berlebihan adalah mengganggu penyerapan zat besi karena adanya kandungan kafein yang cukup tinggi di dalamnya. Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi teh terlalu banyak mengurangi penyerapan zat besi hingga 64%.

Pusing, sakit kepala, dan mual

Selain sakit kepala, kamu mungkin merasa pusing dan mual yang disebabkan oleh teh yang mengandung tanin yang menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan. Hal ini akan membuatmu merasa mual.

Tips meminum es teh manis yang sehat

Jika kamu adalah pecinta es teh manis, mungkin sulit untuk sepenuhnya menghilangkan kebiasaan minum teh manis. Kamu tentu tetap bisa mengkonsumsi teh manis dengan cara sehat. Berikut 2 tips yang bisa kamu terapkan:

Gunakan pengganti gula

Es teh manis sering digunakan untuk menghilangkan dahaga atau untuk mendapatkan kesegaran setelah makan. Demi kesehatanmu, kamu bisa mengganti gula dalam es teh manis dengan pemanis alami. Beberapa pilihan pemanis yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan gula dalam es teh manis adalah daun stevia, madu, dan gula kelapa.

Batasi asupan teh

Bahaya konsumsi es teh manis berlebihan tidak hanya karena kandungan gulanya yang tinggi, tetapi juga karena kandungan kafeinnya. Karena itu, cobalah batasi asupan teh harianmu. Jika biasanya kamu mengonsumsi 2-3 gelas teh per hari, kurangilah menjadi segelas per hari. Kurangi secara bertahap hingga kamu tidak perlu harus mengkonsumsinya setiap hari.

Jika kamu mengalami gangguan kesehatan baik karena kalori es teh manis yang tinggi, kandungan gula yang banyak, dan sebagainya, segera konsultasi ke dokter ya!

Share artikel ini
Reference