berapa kalori tepung terigu

Tepung terigu memang banyak digunakan sebagai bahan pembuatan bahan makanan seperti roti, kue, dan pasta. Makanan-makanan tersebut kerap menjadi pilihan menu sehari-hari. Tapi, tahukah kamu bahwa kalori tepung terigu ternyata cukup tinggi?

Meskipun memiliki kandungan kalori yang tinggi, tepung terigu masih bisa dikonsumsi sebagai bagian dari diet seimbang. Cara terbaik untuk mengonsumsi tepung terigu adalah dengan memperhatikan jumlah porsinya agar berat badanmu tetap terjaga.

Kalori dan kandungan gizi tepung terigu

manfaat tepung beras untuk wajah

Satu sendok makan tepung terigu mengandung sekitar 100-120 kalori. Meskipun sering dikonsumsi dalam bentuk berbagai makanan, apakah kamu sudah tahu apa saja kandungan gizi yang terkandung dalam tepung terigu?

Tepung terigu merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik. Karbohidrat kompleks ini akan membantu memberikan energi jangka panjang dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Tepung terigu juga mengandung protein dan beberapa mineral seperti zat besi, seng, dan niacin. Protein membantu membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh, sementara mineral membantu menjaga kesehatan seluruh tubuh.

Jadi, tepung terigu bisa menjadi pilihan yang baik untuk bahan makanan, tapi perlu diperhatikan jumlah porsinya agar tetap sehat.

Manfaat Tepung Maizena: Dari Dapur hingga Masker Wajah

Pengganti tepung terigu untuk diet

Kandungan kalori tepung terigu yang tinggi mungkin membuatmu ingin beralih ke jenis tepung lain yang bisa dijadikan sebagai bahan pengganti. Berikut beberapa jenis tepung yang bisa kamu konsumsi untuk diet sebagai pengganti tepung terigu.

1. Tepung kelapa

Salah satu pengganti tepung terigu terbaik adalah tepung kelapa. Tepung kelapa memiliki kandungan karbohidrat yang rendah dan sangat ideal untuk program diet karbohidrat.

Selain itu, tepung ini tinggi lemak, terutama lemak jenuh dan trigliserida rantai menengah (MCT), yang membantu mengurangi peradangan dan mendukung metabolisme yang sehat.

Selain itu, tepung kelapa juga kaya serat makanan, yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Rasanya manis dan sangat cocok untuk membuat berbagai jenis roti dan kue.

2. Tepung almond

Tepung almond terbuat dari kacang almond utuh yang direbus dan digiling hingga halus. Tepung almond dikemas dengan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, termasuk meningkatkan resistensi insulin dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah.

Selain itu, tepung almond merupakan sumber magnesium, protein nabati, zat besi, dan vitamin E. Namun, kamu perlu tahu bahwa tepung almond mengandung asam lemak tak jenuh dalam jumlah tinggi dibandingkan jenis tepung lainnya.

Kalori Roti Gandum Sari Roti, Cocok untuk Ngemil saat Diet?

3. Tepung gandum utuh

Tepung gandum utuh atau whole grain flour adalah tepung yang dibuat dengan cara menggiling biji gandum utuh tanpa menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Tepung ini bisa digunakan sebagai bahan pembuatan roti, pancake, muffin, cookies, waffle, dan sebagainya. Sayangnya, tepung ini masih mengandung gluten yang tinggi dan tidak dianjurkan bagi mereka yang alergi terhadap gluten atau memiliki penyakit celiac.

Kalori tepung terigu memang cukup tinggi. Oleh karena itu, kamu perlu membatasi konsumsinya, terutama jika kamu sedang dalam proses menurunkan berat badan. Meskipun demikian, hal ini bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsinya sama sekali.


Penulis: Hutri Cika Agustina Berutu

Share artikel ini
Reference