Siapa sih yang tidak kenal dengan penyanyi cantik bersuara merdu yang satu ini. Yup, Raisa, penyanyi yang satu ini sudah memiliki banyak sekali lagu hits yang menguasai berbagai chart musik tanah air. Yuk, kenalan lebih dekat dengan perempuan inspiratif satu ini. 

Biodata Raisa

Raisa Andriana atau yang lebih dikenal dengan Raisa adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu. Lahir pada tanggal 6 Juni 1990 di Jakarta, Indonesia. Raisa meraih popularitas di industri musik Indonesia dengan album debutnya “Handmade” pada tahun 2011. Sejak itu, ia telah merilis beberapa album yang sukses dan memenangkan beberapa penghargaan atas karyanya. 

Selain karir musiknya, Raisa juga sudah membintangi sejumlah iklan. Ia dikenal karena rentang vokal yang kuat dan balada-balada bernyanyi yang menyentuh hati.

Ini Tokoh Inspiratif Wanita Indonesia, Representasi Kartini Modern

Prestasi Raisa sebagai penyanyi

Raisa telah berkarir selama lebih dari 10 tahun. Ini menjadikannya sebagai penyanyi yang telah meraih banyak penghargaan sepanjang karirnya. Berikut sejumlah prestasi yang pernah diraih aktris kelahiran Jakarta ini. 

1. Masuk dalam kampanye “Equal” Spotify

Raisa masuk dalam kampanye “Equal” yang dibuat oleh spotify. Ia menjadi artis wanita yang jadi perwakilan Indonesia dalam kampanye ini. Ia juga memberikan semangat pada perempuan Indonesia untuk terus berkarya. 

2. Best Composer Of The Year

Pada tahun 2017, Raisa berhasil meraih penghargaan Best Composer of The Year di Asian Music Award. Penghargaan ini berhasil ia raih bersama Isyana Sarasvati yang juga teman duetnya dalam lagu “Anganku Anganmu”

3. Menjadi penyanyi pendatang baru terbaik

Lewat lagunya yang berjudul  “Serba Salah” Raisa berhasil membawa pulang penghargaan penyanyi pendatang baru terbaik pada tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Anugerah Musik Indonesia. 

Single ini jugalah yang berhasil membawa nama Raisa menjadi penyanyi populer dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. 

4. Berhasil meraih 3 penghargaan di ‘Indonesian Choice Awards’

Raisa berhasil meraih kesuksesan dengan membawa banyak penghargaan “Indonesian Choice Awards” pada tahun 2014 lalu. Tidak tanggung-tanggung, ia bahkan berhasil meraih 3 penghargaan sekaligus.  Ia berhasil meraih penghargaan dalam kategori Female Singer of The Year, Song of The Year serta Album of The Year.

5. Digandeng Disney

Raisa dipercayai untuk mengisi soundtrack dari film “Cinderella”  dengan judul  “A Dream is a Wish Your Heart Makes”. Lagu ini dibuat dalam bahasa Indonesia dengan judul “Mimpi adalah Harapan Hati”. Suara merdunya berhasil menghidupkan susana film dengan indah. 

6. Memenangkan Penyanyi Wanita Pop Terbaik

Raisa telah memenangkan banyak penghargaan, salah satunya adalah berhasil meraih penghargaan Penyanyi Wanita Pop Terbaik. Bahkan ia berhasil meraih penghargaan tersebut sebanyak dua kali, yakni pada tahun 2016 dan tahun 2020 pada Anugerah Musik Indonesia.

Penghargaan ini sekaligus menjadi pembuktian bahwa kepopuleran Raisa tetap stabil hingga saat ini. Dan menjadi pembuktian bahwa ia merupakan salah satu penyanyi wanita Indonesia terbaik hingga saat ini. 

Quote inspirasional Raisa

Raisa menjadi salah satu penyanyi yang bukan hanya bersuara merdu tapi juga memiliki banyak sisi positif dalam dirinya. Bahkan, ia juga kerap memberikan quote inspirasional dalam berbagai moment.

Bahkan, dalam beberapa lagu yang ia tulis juga mengungkapkan pesan menyentuh dan penyemangat. Salah satunya adalah dalam singlenya yang berjudul “Ragu”. Ia mengungkap bahwa single yang satu ini menceritakan mengenai keraguan terhadap diri sendiri ketika menghadapi sebuah situasi tertentu. Selain itu, lagu ini juga menggambarkan bagaimana kita ketika dihadapkan pada 2 pilihan. 

Raisa juga kerap mengungkapkan berbagai pesan positif lainnya. Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya ingin membagikan ari kecantikan secara positif untuk membantu wanita dapat bersinar, mampu menghadapi masa depan yang lebih bahagia dan merasa lebih kuat. 

Selain itu, Raisa juga berpesan bahwa wanita memiliki peran penting untuk bisa saling mendukung satu sama lainnya.

Ada beberapa hal yang biasa raisa lakukan untuk memberikan dukungan seperti membagikan pesan positif di media sosial, memberi apresiasi untuk setiap prestasi, pencapaian dan hal lainnya pada orang sekitar.

Wah, ternyata ada banyak sekali sisi positif dari penyanyi berprestasi yang satu ini, ya. Apakah kamu juga mengidolakan Raisa?

Penulis: Intan Dwiyanti

photo: instagram @raisa6690

Share artikel ini
Reference