obat batuk sampai suara hilang

Batuk adalah respons alami dari tubuh untuk membersihkan saluran udara dari benda asing atau lendir.

Meski begitu, batuk berkepanjangan dan disertai dengan suara hilang bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

Lantas, apa saja obatnya ketika batuk sampai suara hilang? Simak daftarnya di sini, yuk!

Apa obatnya ketika batuk sampai suara hilang?

obat batuk sampai suara hilang

Batuk sampai suara hilang biasanya disebabkan oleh iritasi pada pita suara, infeksi saluran pernapasan, atau kerusakan pada saraf pita suara.

Beberapa kondisi medis, seperti asma, alergi, atau GERD juga bisa jadi penyebab batuk hingga tidak ada suara. 

Jika kamu mengalami hal tersebut, ada baiknya untuk berkonsultasi dan bertanya kepada dokter, apa obatnya ketika batuk sampai suara hilang.

Umumnya, dokter akan meresepkan beberapa obat radang tenggorokan di bawah ini sesuai dengan penyebab yang dialami. 

1. Efisol

Efisol Lozenges adalah obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi atau radang pada mukosa mulut, tenggorokan, dan amandel.

Kandungan utama dari obat ini adalah dequalinium sebanyak 0,25 mg dan vitamin C sebanyak 25 mg. Efisol Lozenges dikonsumsi sebanyak 1 tablet setiap 3 jam dengan total konsumsi harian tidak boleh melebihi 8 tablet.

Selain dalam bentuk tablet, Efisol tersedia dalam bentuk cair atau disebut Efisol Liquid. Efisol Liquid mengandung dequalinium sebanyak 5 mg dan vitamin C sebanyak 2,5 mg.

Obat ini dapat digunakan 2-4 kali sehari dengan cara melarutkan 10-20 tetes ke dalam segelas air.

2. Cooling 5 Spray

Cooling 5 Spray adalah obat yang tersedia dalam bentuk semprot dan bermanfaat untuk meredakan masalah kesehatan, seperti: 

  • Sakit tenggorokan
  • Iritasi pada mulut dan tenggorokan
  • Nyeri akibat sariawan

Kandungan utama dari obat ini adalah phenol sebanyak 1.4 persen. Senyawa tersebut berfungsi sebagai antiseptik untuk membunuh bakteri, virus, dan kuman penyebab sakit tenggorokan yang membuat suara kamu hilang. 

Cara penggunaan Cooling 5 Spray sangat mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkan obat ke arah tenggorokan setiap 3 jam sampai gejala hilang.

Obat Methylprednisolone: Indikasi, Dosis, dan Efek Samping

3. SP Troches Meiji

SP Troches Meiji merupakan salah satu jawaban dari pertanyaan batuk sampai suara hilang obatnya apa.

Obat hisap yang mengandung dequalinium chloride sebanyak 0,25 mg ini bantu mengatasi peradangan pada tenggorokan, laring, hingga infeksi selaput lendir mulut. 

SP Troches Meiji tersedia dalam dua varian rasa yaitu melon dan stroberi. Penggunaan obat ini sebaiknya tidak melebihi 8 tablet sehari agar tidak menimbulkan efek samping yang merugikan. 

4. Degirol

obat batuk hisap sampai suara hilang

Degirol adalah obat hisap lainnya yang berfungsi untuk meredakan sakit tenggorokan dan infeksi pada rongga mulut.

Obat ini mengandung dequalinium chloride sebanyak 0,25 mg dan memiliki rasa lemon yang menyegarkan.

Degirol juga dapat membantu mencegah sakit flu dan batuk dengan menghilangkan bakteri dan kuman penyebab infeksi pada rongga mulut.

Penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan menghisap satu tablet setiap 3-4 jam, namun jangan melebihi 8 tablet per hari.

5. Tantum Lozenges

Tantum Lozenges merupakan obat tenggorokan yang berbentuk tablet hisap. Obat ini mengandung 3 mg Benzydamine HCl yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada rongga mulut akibat peradangan dan nyeri lokal setelah bedah mulut. 

Tidak hanya itu, obat hisap ini bantu menghilangkan bakteri dan kuman di dalam mulut. Cara memakai Tantum Lozenges juga tergolong gampang.

Kamu cukup menghisap satu tablet setiap 2 jam untuk kasus yang berat, sedangkan kasus yang ringan setiap 3 jam. 

Meskipun Tantum Lozenges dapat dibeli tanpa resep dokter, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Obat Batuk untuk Ibu Hamil: Coba dengan Resep Ini

6. Methylprednisolone

Jika mengalami batuk suara hilang dan bingung apa obatnya, mungkin methylprednisolone bisa jadi solusi yang tepat. Obat berjenis kortikosteroid ini berfungsi mengurangi peradangan pada tenggorokan. 

Kamu bisa menjumpai Methylprednisolone dalam bentuk tablet atau suntikan. Meski begitu, obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter karena termasuk obat keras. 

Methylprednisolone bekerja dengan cara menghentikan pelepasan senyawa kimia yang dapat memicu peradangan atau inflamasi pada tenggorokan. Dengan begitu, ini bisa meredakan rasa sakit dan pembengkakan yang terjadi. 

Itu tadi sederet obat-obatan yang mungkin bisa kamu gunakan untuk mengatasi batuk yang menyebabkan suara hilang. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu untuk mengetahui diagnosa dan pengobatan yang tepat, ya. 


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference