cara mengatasi rasa minder

Minder atau kurang percaya diri tidak muncul begitu saja, ada penyebab yang memicu seseorang hingga akhirnya minder. Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa minder dan tidak percaya diri? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Penyebab rasa minder dan tidak percaya diri

Biasanya penyebabnya datang dari luar diri kita sendiri, seperti dari keluarga, teman, atau lingkungan sekitar. Berikut adalah beberapa faktor utama yang menjadi penyebab kurangnya rasa percaya diri:

1. Trauma masa kecil

Ada banyak penyebab rasa minder dan tidak rasa percaya diri. Pertama, jika seseorang mengalami trauma masa lalu, sering kali hal itu dapat mengganggu atau memengaruhi kehidupan saat ini dan mendatangnya.

Misalnya, kamu tidak mendapatkan cinta dan perhatian yang diperlukan sewaktu kecil, maka saat tumbuh dewasa akan merasa tidak percaya diri.

Selain itu, jika kamu tumbuh di keluarga yang sering bertengkar sejak kecil, maka akan membuat kamu sering kali menyalahkan diri sendiri, menjadi pemalu, dan tidak mampu menghadapi dunia dengan percaya diri.

2. Sering dikritik dan dibesarkan oleh orang tua yang otoriter

Orang tua yang otoriter suka mengatur dan memberikan perintah kepada anaknya. Selain itu, orang tua yang otoriter juga sering kali mengkritik anaknya yang membuat anaknya tidak nyaman dan kurang merasa percaya diri dengan pilihannya. 

3. Penampilan dan sikap sering dikomentari

Kadang kamu mendapat komentar soal fisik, sikap, hingga pencapaianmu oleh orang lain. Komentar yang bernada negatif akan membuatmu ingat terus-menerus daripada komentar yang positif. 

Orang-orang yang mengalami obesitas atau penampilannya berbeda sering kali kurang percaya diri karena komentar negatif soal penampilan mereka dan hubungannya dengan sikap/perilaku mereka sehingga mereka mulai percaya dengan perkataan orang lain tersebut dan memiliki citra diri yang buruk.

4. Pernah mengalami pelecehan

Pelecehan fisik, seksual, atau emosional dapat membuat seseorang sangat sulit untuk menikmati hidup, mempercayai diri sendiri, atau mempercayai orang lain. Trauma dan pelecehan bisa membuat seseorang merasa hampa, minder, dan tidak percaya diri. 

5. Pernah gagal atau mengalami penolakan sebelumnya

Orang yang pernah gagal dan mengalami penolakan sebelumnya membuatnya ragu untuk menghadapi hal-hal baru. Pengalaman semacam itu membuat rasa percaya diri berkurang dan ragu untuk mengejar peluang di masa mendatang.

6. Harapan yang tidak realistis

Banyak orang menetapkan tujuan yang tidak realistis atau mengharapkan kesempurnaan terhadap diri mereka sendiri. Ketika tidak bisa memenuhi harapan yang tinggi tersebut, kamu mungkin merasa tidak mampu dan mempertanyakan kemampuanmu.

7. Membanding-bandingkan diri dengan kehidupan yang tampak di media sosial

Saat ini orang-orang nampaknya tidak bisa lepas dari media sosial. Akhirnya mereka menganggap bahwa kebahagiaan, pencapaian, kekayaan yang orang lain pamerkan di media sosial sebagai standar kebahagiaan. 

Saat tidak bisa sekaya, sesukses, secantik dan semewah orang-orang di media sosial, kamu mungkin pernah langsung menilai bahwa hidupmu gagal. Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki masalahnya masing-masing dan membandingkan diri hanya merusak kepercayaan diri dan harga dirimu sendiri.

Bikin Kagum, Ini Manfaat Percaya Diri Pada Sosok Wanita

Cara mengatasi rasa minder dan tidak percaya diri

cara mengatasi rasa minder dan tidak percaya diri dengan mudah

Setelah mengetahui penyebabnya, kamu tentu penasaran bagaimana cara mengatasi rasa minder dan tidak percaya diri? Langkahnya mudah, yuk coba lakukan hal-hal berikut ini:

1. Lakukan perawatan ke diri sendiri 

Luangkan waktu setiap pagi untuk merawat diri. Ini bukan tentang harus ke salon setiap hari atau menghabiskan uang untuk kecantikan. Namun, lebih ke rajin merawat diri dan memperhatikan tubuh kita.

2. Ubah pola pikir

Ganti pikiran negatif dengan pikiran positif dengan belajar self-talkDaripada mengatakan bahwa kamu tidak dapat melakukan hal-hal tertentu, biarkan dirimu berpikir positif dan tanamkan kalau kamu bisa menghadapi tantangan.

3. Seringlah menganalisis pikiranmu

Saat kamu mempunyai citra diri negatif terhadap diri sendiri, kamu harus mencatat pikiran negatif dan menganalisis apa penyebabnya kamu memiliki pikiran tersebut. Pikirkan hal-hal yang kamu anggap sebagai batasan (boundaries) atau hanya ketakutaan sesaat yang berasal dari luar. 

4. Persiapkan diri sebaik mungkin

Kalau kamu merasa akan selalu gagal, maka kamu akan merasa kurang percaya diri. Kalahkan ketakutanmu dengan selalu mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk menghadapi apa pun yang akan datang di kehidupanmu. 

Mempelajari hal baru, atau mengasah kemampuanmu bisa menjadi langka mempersiap dirimu dan meningkatkan rasa percaya dirimu. 

5. Cobalah tersenyum

Cara mengatasi rasa minder dan tidak percaya diri dengan mudah adalah dengan membiasakan untuk selalu tersenyum. Tersenyum ternyata bisa meningkatkan mood dan membuat perasaan lebih tenang dan positif. 

Di mata orang lain, orang yang rajin tersenyum juga memiliki nilai plus karena dianggap sebagai orang yang mampu berpikir positif dan membuat suasana menjadi lebih ceria. Kamu juga akan lebih disukai oleh orang di sekitarmu.

Apa Itu Percaya Diri dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Manfaat rasa percaya diri

Setelah mengetahui cara mengatasi rasa minder dan tidak percaya diri, kamu perlu mengenali manfaat memiliki rasa percaya diri. Ternyata memiliki kepercayaan diri juga bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, yaitu:

1. Berani dan tidak mudah cemas

Ketika kepercayaan dirimu tinggi, kamu dapat beradaptasi, belajar, dan memperoleh manfaat dari situasi apa pun yang kamu temui.  Dengan kepercayaan diri, kamu dapat keluar dari zona nyaman dan mengambil lebih banyak risiko meskipun harus gagal, kamu melihat kegagalan itu sebagai bagian dari pembelajaran. 

2. Meningkatkan harga diri

Harga diri mencerminkan apa yang kamu pikirkan, rasakan, dan yakini tentang dirimu sendiri. Semakin kamu memikirkan hal-hal baik tentang dirimu, semakin percaya diri dan semakin kamu merasa pantas untuk mencapai kehidupan yang kamu inginkan.

3. Menjadi lebih bersikap positif

Rasa yakin membuatmu merasa nyaman dengan diri sendiri. Ketika kamu merasa nyaman dengan diri sendiri dalam hidup, maka akan memunculkan pandangan dan sikap yang lebih positif dari dalam. 

4. Peluang berhasil menjadi lebih besar

Dengan rasa percaya diri yang besar, sejalan dengan peluang keberhasilan sukses yang lebih besar pula. Hal ini karena kamu tidak takut keluar dari zona nyaman dan mencari pengalaman baru. Meski kamu tahu tidak semua akan berhasil atau sesuai harapan, namun setidaknya kamu memiliki pengalaman berharga.

5. Intuisi menjadi lebih kuat

Beberapa orang menyebut intuisi sebagai firasat atau insting bawaan. Apa pun sebutannya, intuisi dapat memandu kamu mengetahui apakah sesuatu benar dan baik atau bisa juga salah dan harus dihindari.

10 Cara Mencintai Diri Sendiri: Sadari, dan Mulai Lakukan Perlahan!

Sekarang kamu sudah memahami penyebab minder, cara mengatasi rasa minder dan tidak percaya diri, hingga manfaat memiliki dan meningkatkan rasa percaya diri di kehidupan sehari-hari. 


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference