apa itu cinta monyet

Apakah kamu pernah mengalami cinta monyet saat remaja? Saat merasa jatuh cinta pada lawan jenis baik karena daya tarik fisik, komunikasi atau faktor lainnya. Tapi apa itu cinta monyet dan apa bedanya dengan cinta sejati? Yuk, simak ulasan berikut ini. 

Apa itu cinta monyet?

Cinta monyet mungkin terasa manis dan menggemaskan, namun cinta yang satu ini bukanlah jenis cinta yang pasti dapat berlangsung permanen. Seiring berjalannya waktu, akan ada perubahan perasaan yang terjadi. 

Bagi para remaja, mungkin lebih umum mengalami atau merasakan gejala seperti ini. Pasalnya, remaja dapat lebih mudah tertarik pada orang lain karena berbagai faktor baik kecocokan, komunikasi atau hanya karena penampilan fisiknya. 

gaya berhubungan harmonis

Cinta monyet sendiri juga dapat berupa obsesi atau rasa kagum yang dicirikan oleh harapan yang tidak realistis terhadap gairah rasa bahagia tanpa adanya perkembangan positif.

Hal ini dapat terbentuk karena kurangnya loyalitas, kepercayaan, timbal balik atau komitmen. 

Ciri-ciri cinta monyet

Berikut beberapa ciri-ciri cinta monyet:

1. Tiba-tiba merasa jatuh cinta pada pandangan pertama

Biasanya, cinta monyet yang dialami remaja bukan didasari karena perasaan yang mendalam. Bahkan, cinta ini dapat terjadi hanya dalam satu kali pertemuan atau cinta pada pandangan pertama. 

2. Kamu terus melakukan hal-hal baik dengan harapan ia akan lebih menyukai kamu

hubungan yang sehat

Ciri-ciri selanjutnya adalah kamu ingin melakukan hal-hal yang menarik perhatian pasangan supaya ia tertarik atau suka padamu. Jika kamu melakukan ini, bisa jadi ini bukanlah cinta sejati. Kamu juga dapat melakukan hal-hal yang ia senangi seperti memberikannya kado, makanan yang ia sukai atau memberinya pujian. 

3. Kamu mulai membentuk sebuah obsesi

Kamu juga ingin tahu semua hal yang pasangan kamu lakukan. Cinta seperti ini umumnya tidak berlangsung lama dan bukan merupakan cinta sejati. 

4. Tidak dapat berpikir jernih

Cinta monyet memang membuat seolah tidak bisa berpikir jernih. Hati-hati jangan sampai jadi bucin!

Semua hal terasa menggembirakan, apa yang pasangan lakukan terasa lucu dan menggemaskan. Selain itu, orang yang mengalami cinta monyet juga selalu memikirkan pasangan atau orang yang ditaksir.

Ini adalah hal yang umum dialami remaja ketika jatuh cinta. Bahkan, kamu mungkin selalu melihat video, media sosial atau fotonya. 

Perbedaan cinta monyet dan cinta sejati 

Bagi kamu yang masih bingung membedakan apa itu cinta monyet dan cinta sejati, berikut beberapa perbedaan di antara keduanya. 

ciri ciri orang jatuh cinta

  • Rasa nyaman. Jika kamu merasa nyaman selama kamu bersamanya bahkan tanpa harus berusaha untuk terlihat selalu baik di hadapannya, ini dapat menjadi tanda cinta sejati. Sementara cinta monyet dapat membuat kamu berusaha ekstra untuk membuat kalian nyaman satu sama lain. 
  • Rasa aman. Tanda cinta sejati selanjutnya adalah kamu merasa aman dan dilindungi selama bersama pasangan. 
  • Rasa yakin. Jika kamu benar-benar jatuh cinta kamu benar-benar yakin dengan perasaan yang kamu rasakan dan perasaan yang pasangan kamu miliki. Kamu juga tidak cenderung meragu dan tidak mempertanyakan perasaannya karena keyakinan yang kamu miliki. 
  • Kamu melakukan hal-hal baik karena ingin membuat dirimu bahagia bukan melakukan hal-hal manis karena ingin disukai. Jikalau pun kamu melakukan hal-hal tersebut kamu melakukannya bukan karena dasar ingin disukai namun karena kamu memang ingin melakukannya. 
  • Mencintai pasangan apa adanya. Berbeda dengan cinta monyet, cinta sejati selalu menerima kekurangan dan kelebihan pasangan. Bukan hanya melihat sebatas penampilan saja melainkan menyukai dan menerima semua yang ada pada diri pasangan. Bahkan, tidak peduli jika penampilannya tampak tidak menarik sekalipun, 
  • Mendorong diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Cinta sejati akan membantu satu sama lain untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan bekerja sama dalam menciptakan hubungan yang harmonis. 
  • Kebahagiaan pasangan adalah kebahagiaanmu. Jika salah satu merasa bahagia, pasti pasangannya pun turut bahagia. Namun, pada cinta monyet biasanya mereka cenderung egois dan menempatkan kebahagiaan diri sendiri saja namun tidak terlalu memperhatikan kebahagiaan bersama. 
  • Saling percaya. Jika benar-benar jatuh cinta, kamu akan saling percaya, memelihara hubungan bersama dan menciptakan hubungan yang nyaman untuk satu sama lainnya.

Photo: unsplash

Share artikel ini
Reference