apakah haid tidak teratur bisa hamil

Apakah kamu salah satu orang yang menstruasinya tidak teratur? Nah, pernahkah kamu merasa penasaran, apakah haid tidak teratur bisa hamil? Jika iya, apakah ada program hamil (promil) khusus untuk orang-orang dengan haid yang tidak teratur?

Jika menstruasi kamu kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, tidak haid setelah melalui tiga siklus atau lebih berturut-turut, aliran darahnya lebih kental atau encer dari biasanya, atau haid berlangsung lebih dari 7 hari, maka itu termasuk ciri-ciri haid tidak teratur.

Selain itu, haid yang disertai dengan nyeri, kram, mual, muntah atau gejala lainnya hingga mengganggu aktivitas sehari-hari juga merupakan salah satu tanda haid tidak teratur. Lalu, kira-kira apa penyebabnya ya, Yoonies?

Penyebab haid tidak teratur 

Sebelum mengetahui apakah haid tidak teratur bisa hamil atau tidak, kamu perlu mengenali dulu penyebabnya. Ada berbagai penyebab haid tidak teratur, mulai dari faktor internal (yang ada di dalam tubuh wanita) hingga faktor eksternal (yang ada di luar tubuh wanita). 

1. Perimenopause

Ini adalah salah satu penyebab haid tidak teratur yang merupakan masa transisi menuju menopause. Umumnya terjadi pada wanita di akhir usia 40-an dan awal 50-an.

2. Endometriosis

Kondisi ini membuat jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh di luar rahim. Endometriosis dapat menyebabkan rasa sakit yang signifikan, terutama di sekitar organ reproduksi.

3. Gangguan makan

Orang-orang yang mengidap anoreksia nervosa atau bulimia akan membuat seseorang kekurangan gizi sehingga tubuh tidak bisa memproduksi hormon yang berkaitan dengan haid sebagaimana mestinya.

4. Gangguan tiroid 

Saat terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon tiroid di dalam tubuh, maka akan memengaruhi siklus haid kamu. 

5. Obat-obatan

Obat-obatan, untuk mengobati epilepsi atau yang berkaitan untuk mengatasi gangguan mental dapat memengaruhi produksi hormon yang mengatur siklus menstruasi. 

6. Stres

Saat stres, tubuh akan melepaskan hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol sehingga akan memengaruhi hormon seks yang mengatur dan berhubungan dengan haid.

7. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Orang-orang dengan kondisi ini memiliki kadar androgen yang tinggi yang memengaruhi siklus dan membuat haid tidak teratur nih, Yoonies.

Bagaimana Cara Mengatasi Gumpalan Darah saat Haid? Kenali Juga Penyebabnya!

Apakah haid tidak teratur bisa hamil?

program hamil untuk haid tidak teratur

Jika haid kamu tidak teratur, kamu mungkin bertanya-tanya apakah tetap bisa hamil? Nah, wanita dengan siklus haid tidak teratur tentu masih memiliki peluang untuk hamil. Wanita dengan haid tidak teratur masih bisa berovulasi, tetapi masa ovulasinya sulit diprediksi.

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, mengurangi stres, mengonsumsi makanan yang bergizi dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Namun, beberapa wanita mungkin membutuhkan terapi pengobatan lainnya.

Jika kamu memiliki karakteristik berikut, tetapi masih belum hamil, dan haid kamu tidak teratur, maka mungkin kamu perlu berkonsultasi dengan dokter:

  1. Usia di bawah 35 tahun dan telah berhubungan seks tanpa kondom selama 12 bulan tanpa menunjukkan tanda-tanda kehamilan
  2. Lebih dari 35 tahun dan telah melakukan hubungan seks tanpa kondom selama 6 bulan atau lebih, tetapi juga belum menunjukkan tanda kehamilan
  3. Berusia 40 tahun atau lebih dan melakukan hubungan seks tanpa kondom, tetapi juga belum menunjukkan tanda kehamilan

Itulah penjelasan mengenai penyebab haid tidak teratur hingga jawaban apakah wanita dengan haid tidak teratur bisa hamil. Segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk membicarakan kondisi yang kamu alami.

Program hamil untuk haid tidak teratur

Orang-orang dengan haid tidak teratur masih memiliki peluang untuk bisa hamil. Berikut program hamil (promil) untuk haid tidak teratur yang perlu kamu ketahui atau mungkin saja bisa kamu lakukan!

1. Dengan obat-obatan untuk meningkatkan kesuburan

Jika kamu memiliki haid tidak teratur, tentu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat, apalagi jika kamu harus mengonsumsi obat-obatan. Hal ini agar dokter dapat menentukan obat-obatan yang tepat dengan kondisimu dan dapat meningkatkan kesuburan.

2. Program bayi tabung atau fertilisasi in vitro (IVF)

Dokter mungkin akan menyarankan untuk menjalani program bayi tabung untuk meningkatkan peluang kehamilan, apalagi jika kamu memiliki kondisi medis tertentu yang memengaruhi kesuburan atau peluang kehamilanmu.

Apakah Obat Pelancar Haid Bisa Gugurkan Kandungan? Ini Penjelasannya!

Jadi, orang-orang dengan haid tidak teratur bisa hamil dengan menerapkan gaya hidup sehat dan program hamil yang disarankan oleh dokter untuk meningkatkan peluang kehamilan. Semoga informasi di artikel ini menjawab rasa penasaranmu ya, Yoonies!


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference