manfaat gym ball untuk ibu hamil

Manfaat gym ball untuk ibu hamil memang tak perlu diragukan lagi. Gym ball sendiri adalah versi bola gym yang sedikit lebih besar yang dapat kamu gunakan untuk berolahraga, duduk dengan nyaman, dan melatih posisi untuk persalinan.

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan. Di antaranya adalah kamu dapat memperbaiki postur tubuh dan keseimbangan serta melatih otot perut. Saat kamu menggunakannya dengan lembut, otot perut dan punggungmu akan bekerja keras untuk membuatmu tetap tegak.

Apa lagi manfaat gym ball untuk ibu hamil? Simak penjelasannya berikut ini

Manfaat pakai gym ball untuk ibu hamil

Ini dia beberapa manfaat potensial menggunakan gym ball.

  • Sebagai pereda nyeri punggung dan meningkatkan mobilitas.
  • Merangsang aliran darah ke area panggul, tempat plasenta dan rahim berada
  • Membantu memperkokoh lutut dan pergelangan kaki 
  • Membantu mengurangi tekanan tulang belakang
  • Dapat meredakan nyeri persalinan dan mengurangi durasi persalinan
  • Dapat mengurangi rasa cemas dan nyeri akibat kontraksi
  • Membantu membuka otot dasar panggul
  • Membantu ibu hamil tetap dalam posisi tegak
  • Memperbaiki posisi bayi sebelum lahir

Daftar manfaat ini masih belum seberapa, lo. Secara keseluruhan, gym ball ini akan membantu kamu untuk persiapan persalinan. Selain untuk melatih otot dan tulang, olahraga menggunakan gym ball juga akan membantu kamu melepaskan stres.

7 Manfaat Belimbing untuk Ibu Hamil Agar Lebih Sehat

Kapan bisa pakai gym ball untuk ibu hamil?

Kamu bisa mulai menggunakan gym ball kapanpun pada setiap tahap kehamilan. Tetapi mulai sekitar kehamilan minggu ke-32, kamu bisa menggunakan gym ball untuk gerakan yang lebih sederhana untuk membantu mengatasi rasa sakit, nyeri, dan menempatkan janin pada posisi yang benar. 

Jika kamu merasa latihan gym ball tidak nyaman atau bermanfaat, mintalah pasangan, teman, atau bidan untuk membantu memastikan bahwa kamu melakukan posisi yang tepat.

Gym ball juga bisa digunakan untuk membantu kamu saat persalinan. Namun untuk penggunaan yang satu ini, kamu sudah harus menggunakannya saat hamil sehingga kamu merasa nyaman dan aman menggunakannya.

Cara memakai gym ball

cara pakai gym ball
cara pakai gym ball

Kamu dapat menggunakan gym ball untuk berolahraga dengan cara apa pun yang dilakukan oleh orang yang tidak hamil, selama tidak menyebabkan ketidaknyamanan. Jika kamu memiliki keraguan atau pertanyaan tentang apa yang aman, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter.

1. Duduk di atas bola

Ayunkan pinggulmu untuk menghilangkan rasa sakit. Kamu juga dapat mencondongkan tubuh ke depan dan mengistirahatkan tangan di kursi atau tempat tidur.

2. Berbaring di atas bola

Berlututlah dengan bola di antara kedua lututmu yang terbuka dan gantungkan tanganmu di atas bola. Istirahatkan kepala di atas bola dan biarkan perutmu menggantung.

5 Manfaat Almond untuk Ibu Hamil, Ini Kandungannya!

3. Berbaring miring

Letakkan bola kacang di antara kedua kakimu untuk menopang.

4. Berbaring miring asimetris

Berbaring menyamping dan miringkan tubuh ke depan sejauh yang dimungkinkan oleh perut. Kemudian, angkat kaki bagian atas ke samping dalam posisi tertekuk di atas gym ball. Posisi pinggul asimetris ini membantu bayi melewati panggul.

5. Peregangan punggung dan bahu

Berlutut dengan gym ball di depan. Regangkan lengan di atas bola. Kamu harus merasakan regangan melalui bahu dan punggung atas.

6. Peregangan samping

Duduklah di atas gym ball dan regangkan satu tangan di atas kepala. Tekuk bagian atas dengan lembut ke satu sisi. Lalu, ganti sisi. Selama peregangan ini, otot inti terlibat untuk membuatmu tetap seimbang, memberi mereka sedikit latihan.

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference