manfaat jahe untuk promil

Sudah bukan rahasia lagi bila jahe digunakan sebagai bahan alami dalam pengobatan tradisional, terutama di Indonesia.

Bahkan, beberapa orang percaya jahe memiliki manfaat untuk wanita yang tengah menjalani program kehamilan atau promil. Simak informasi selengkapnya di sini, yuk!

Kandungan nutrisi jahe

Mengingat jahe menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, tentu kamu ingin tahu bukan apa saja kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut sederet zat gizi yang ada pada jahe. 

  • Protein
  • Serat
  • Kalsium
  • Fosfor 
  • Zat besi
  • Kalium
  • Tembaga
  • Seng
  • Karoten total
  • Vitamin B1 (Thiamin)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Niacin
  • Vitamin C
  • Antioksidan (gingerol dan shogaol)

Seberapa Penting Manfaat Asam Folat untuk Promil? Ini Penjelasannya!

Manfaat jahe untuk promil dan kesuburan

Manfaat Jahe Merah untuk Wanita

Jahe adalah jenis rempah-rempah yang memiliki rasa pedas dan sering dimanfaatkan sebagai obat.

Pasalnya, tanaman ini mengandung banyak nutrisi dan memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan yang sangat kuat dalam tubuh. 

Kamu bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk mentah atau dimasak, serta tersedia dalam bentuk bubuk, kristal, maupun kering di pasaran. Selain itu, banyak masakan Asia, terutama di Indonesia, yang memakai jahe sebagai bahan utama. 

Jadi, tidak heran bila ada orang, baik wanita maupun pria, yang mengalami masalah kesuburan atau ingin promil menggunakan manfaat jahe untuk meningkatkan peluang. Berikut khasiat jahe untuk kesuburan. 

1. Meningkatkan kualitas dan jumlah sperma

Salah satu manfaat jahe untuk kamu yang tengah menjalani promil adalah meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

Hal ini karena jahe mengandung senyawa aktif yang disebut gingerol. Senyawa aktif ini mampu meningkatkan produksi dan kualitas sperma. 

Terlebih lagi, konsumsi jahe bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah ke organ reproduksi pria. Alhasil, ini secara tidak langsung bisa meningkatkan kesuburan, bukan?

2. Memperkuat rahim wanita

Selain meningkatkan kualitas dan jumlah sprema, jahe dipercaya bisa membantu memperkuat rahim pada wanita.

Seperti yang sudah disebutkan, senyawa aktif pada jahe, yaitu gingerol dan shogaol ternyata berperan penting dalam kesuburan. 

Kedua senyawa ini bermanfaat dengan cara meningkatkan sirkulasi darah ke rahim. Hal tersebut ternyata bantu memperkuat rahim dan meningkatkan peluang keberhasilan program kehamilan. 

Ternyata Ini Manfaat Jahe Merah untuk Wanita? Kulik Ulasannya Berikut!

3. Menjaga keseimbangan hormon

Jahe ternyata juga menawarkan manfaat untuk promil dengan menjaga keseimbangan hormon. Pasalnya, senyawa aktif pada jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan untuk bantu meredakan stres oksidatif dan peradangan tubuh. Kedua hal tersebut ternyata sangat berpengaruh terhadap keseimbangan hormon. 

Di sisi lain, jahe mengandung fitoestrogen yang berperan sebagai pengganti hormon estrogen alami pada wanita. Hormon estrogen sangat penting bagi kesehatan reproduksi wanita, dan ketidakseimbangan hormon ini dapat mempengaruhi kesuburan. 

4. Menjaga kesehatan reproduksi secara menyeluruh

Jahe juga diketahui dapat membantu menjaga kesehatan reproduksi berkat senyawa aktif yang memiliki efek anti-inflamasi, antioksidan, dan antispasmodik.

Berbagai senyawa tersebut membantu meredakan peradangan dalam tubuh, meningkatkan sirkulasi darah ke organ reproduksi, dan meredaka nyeri yang terkait masalah reproduksi. 

Bahkan, jahe juga mengandung zat besi, magnesium, dan vitamin B5. Ketiga zat gizi ini juga membantu menjaga kesehatan rahim, meningkatkan sirkulasi darah ke rahim, dan menjaga keseimbangan hormon pada wanita. 

Walaupun manfaat jahe untuk promil terlihat menjanjikan, efek jahe terhadap kesehatan reproduksi masih perlu diteliti. Kamu juga perlu berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi jahe untuk tujuan tertentu, seperti program kehamilan. 

Resep minuman jahe yang menyehatkan

manfaat jahe untuk promil

Setelah mengetahui apa saja manfaat jahe untuk promil tentu kamu tidak sabar untuk mencicipinya, bukan? Selain dimasukkan ke dalam makanan, kamu bisa membuat minuman jahe yang menyehatkan dengan mudah. Ini resep-resepnya!

Jahe lemon tea

Jahe lemon tea kaya akan vitamin C dari lemon dan anti-inflamasi dari jahe yang baik untuk sistem pencernaan dan kekebalan tubuh.

Bahan:

  • 1 potong jahe, kupas dan iris tipis
  • 2 gelas air
  • 1 buah lemon, ambil airnya
  • 2 sendok makan madu

Cara membuat:

  1. Rebus irisan jahe dengan 2 gelas air hingga mendidih dan warna air berubah menjadi kekuningan.
  2. Matikan api, masukkan air lemon dan madu. Aduk rata.
  3. Sajikan dalam gelas. 

Jahe teh hijau

Jika tidak suka teh lemon, kamu bisa membuat jahe teh hijau sebagai alternatif. Resep ini menawarkan antioksidan dari teh hijau dan anti-inflamasi dari jahe yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah.

Bahan:

  • 1 potong jahe, kupas dan iris tipis
  • 1 kantong teh hijau
  • 2 gelas air
  • 2 sendok makan madu

Cara membuat: 

  1. Rebus irisan jahe dengan 2 gelas air hingga mendidih dan warna air berubah menjadi kekuningan.
  2. Masukkan kantong teh hijau, diamkan selama 3-5 menit.
  3. Saring teh dan masukkan madu. Aduk rata.
  4. Sajikan dalam gelas.

Nah, itu tadi sederet manfaat jahe untuk promil beserta dengan resep minuman yang bisa kamu coba di rumah. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe atau suplemen yang mengandung jahe.


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference