Ternyata, kandungan nutrisi pada tomat juga tak kalah baik untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan. Tomat dikenal sebagai makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

Tak heran, banyak orang mengonsumsinya untuk menghindari risiko kanker, stroke, dan serangan jantung. Padahal, manfaat tomat lebih dari itu, yakni dapat membantu meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

Selain itu, perhatikan juga faktor lain yang dapat mempengaruhi kesuburan pria, mulai dari mengontrol stres, menganjurkan pola makan sehat bergizi seimbang, dan olahraga teratur. Lantas, apa manfaat tomat untuk promil? Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

Pengaruh tomat dan kesuburan

manfaat tomat untuk wajah berjerawat

Bagi wanita, lycopene dalam tomat dapat mencegah pembentukan endometriosis, yang merupakan penyebab penting infertilitas pada banyak wanita di seluruh dunia.

Tomat memiliki kandungan asam folat yang tinggi, asam folat sendiri dapat mencegah cacat lahir yang terjadi pada bayi. Warna merah pada tomat sendiri memiliki kandungan likopen yang mana baik untuk kesuburan kamu.

Penelitian dari European Journal of Nutrition mengatakan bahwa likopen yang ada pada sayuran baik untuk kualitas sperma selama program hamil. Kandungan likopen yang ada didalamnya mampu meningkatkan kerja sperma mencapai sel telur dengan sempurna.

Cek Kalori Tomat Dan Manfaatnya Untuk Kecantikan Kulit

Tomat dan kesuburan pria

Kandungan yang dianggap dapat meningkatkan kesuburan pria pada tomat adalah likopen yang merupakan salah satu zat pembentuk karotenoid yang berfungsi memberi warna cerah tomat.

Antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas yang biasanya terbentuk dari konsumsi makanan yang tidak sehat. Jika dikonsumsi secara rutin, likopen dapat meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen. Selain gerakannya yang lincah dan bentuknya yang sempurna, jumlah yang banyak juga termasuk dalam aspek yang menentukan kualitas sperma.

Selain itu, lycopene juga membantu mempertahankan bentuk sperma yang normal sehingga kelainan dapat dihindari. Kelainan bentuk sperma juga telah terbukti terkait erat dengan infertilitas.
Manfaat tomat untuk promil

Likopen dalam tomat juga diketahui dapat mengurangi penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Dalam satu buah tomat mengandung sekitar 40% vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh baik bagi wanita dan pria.

Tomat adalah sumber mineral yang kaya. Zat besi dalam tomat bermanfaat untuk kesehatan darah karena zat besi merupakan komponen penting dari hemoglobin dan diketahui dapat mengurangi risiko kemandulan. Kalium dalam tomat penting untuk kesehatan saraf pada janin dan ibu hamil.

Selain vitamin C, tomat juga kaya akan vitamin lain seperti vitamin A dan K. Vitamin A penting untuk kesehatan mata sedangkan vitamin K berguna untuk mengurangi pendarahan.

Adakah Manfaat Telur Puyuh Untuk Promil? Simak Faktanya!

Bagi pasangan yang merokok, adanya vitamin A dalam tomat membantu asam coumaric dan chlorogenic acid dapat mengurangi efek karsinogen dan dapat melindungi kamu dari kanker paru-paru.

Makanan lain yang meningkatkan kesuburan

manfaat tomat untuk wajah

Manfaat tomat untuk promil memang banyak. Namun demikian, ada juga berbagai makanan lain yang mana bisa membantu kamu dalam meningkatkan kesuburan saat menjalankan program hamil. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi, seperti:

1. Bayam dan kangkung

Bayam dan kangkung sangat penting bagi kamu yang sedang berusaha untuk hamil. Keduanya kaya akan kalsium, zat besi, dan folat, yang juga membantu mencegah cacat lahir, plus mengandung banyak serat makanan harian yang penting bagi tubuh.

Ada banyak cara mengolah sayuran penyubur kesuburan, seperti bayam dan kangkung. Kamu bisa memakannya mentah dalam salad, ditumis, direbus atau dikukus.

2. Susu

Memang, susu memiliki kandungan kalsium yang banyak dan bagus untuk kesehatan kulit kamu dan juga baik untuk sistem reproduksi. Mengonsumsi susu low fat juga ternyata bisa membantu mengurangi risiko masalah kesuburan ovulasi lho.

Namun, jika kamu memiliki intoleransi laktosa, kamu bisa mendapatkan kalsium melalui sumber lain seperti sayuran hijau atau tahu.

Mau Cepat Hamil? Ini Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita secara Alami!

3.Salmon

Untuk meningkatkan kesuburan tubuh, pilihlah jenis salmon liar yang kaya dengan omega-3. Adanya kandungan tersebut bermanfaat meningkatkan kesuburan wanita dan pria.

Selain itu, salmon juga mengandung nutrisi lain yang disebut selenium. Adanya zat tersebut dapat meningkatkan kualitas sperma menjadi lebih baik. Adanya kandungan lain dalam ikan salmon adalah vitamin D yang tinggi juga bermanfaat untuk kelancaran program hamil kamu.

4. Telur

Manfaat tomat untuk promil yang baik bagi kesuburan juga tidak kalah dengan kuning telur ternyata. Kuning telur sangat dianjurkan untuk kamu konsumsi saat sedang menjalani program hamil. Hal ini karena kuning telur bisa membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan juga wanita.

Sebagai sumber omega-3 dan juga vitamin B telur penting untuk dikonsumsi guna membantu kesuburan. Kamu bisa memilih telur omega dengan kandungan lebih tinggi jika dibandingkan dengan telur biasa.

Tidak hanya itu, telur juga mengandung senyawa kolin yang mana bisa mengurangi risiko cara lahir pada bayi dan bisa membantu perkembangan pada otak janin dalam kandungan.

Tomat juga membantu perkembangan pada organ lain seperti otak, paru-paru, tulang janin, jantung, dan melancarkan peredaran darah pada ibu hamil. Konsumsi sekitar 800 mg vitamin A dianjurkan untuk ibu hamil guna memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari.

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference