manfaat puasa untuk wajah

Manfaat puasa untuk wajah ternyata ada banyak, lho. Kamu mungkin selama ini berpikir bahwa puasa hanya untuk menahan hawa nafsu. Faktanya, ada banyak manfaat puasa untuk tubuh yang bisa kamu dapatkan, termasuk untuk wajah.

Yuk, cari tahu beragam manfaat puasa untuk wajah! Pahami juga cara berpuasa yang benar untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit di artikel ini.

Manfaat puasa untuk wajah

Kamu selama ini pasti sudah mengenal yang namanya puasa di bulan Ramadan. Selain puasa umat muslim tersebut, ada juga yang namanya puasa yang sering dilakukan oleh mereka yang sedang diet. Puasa ini dinamakan dengan intermittent fasting.

Baik itu di bulan Ramadan atau intermittent fasting, ternyata ada banyak manfaat puasa untuk wajah. Kok bisa berpuasa bermanfaat untuk wajah? Hal ini berkaitan dengan autophagy, proses “pembersihan diri” dalam tubuh.

Puasa dapat memicu proses autophagy yang mana sel dan protein tua yang rusak dibersihkan dari dalam tubuh, memberikan ruang bagi sel, dan protein baru yang sehat.

Hasil dari autophagy atau “pembersihan diri” dengan sel dan protein baru yang sehat dapat meningkatkan kesehatan otak, membantu mengontrol gula darah, dan membuat kulit bercahaya. Nah, kulit bercahaya inilah yang menjadikan adanya manfaat puasa untuk wajah.

Berikut manfaat puasa untuk wajah selengkapnya:

  1. Meningkatkan kesehatan kulit wajah
  2. Mencegah penuaan
  3. Mempercepat regenarasi kulit wajah
  4. Meningkatkan tingkat antioksidan dalam tubuh
  5. Detoksifikasi kulit (membersihkan racun dalam tubuh)
  6. Mencegah iritasi kulit wajah
  7. Mencegah kulit wajah kusam dan kering
  8. Mencerahkan kulit wajah
  9. Memperbaiki struktur kulit wajah

Rekomendasi Makanan Korea Halal Yang Cocok Untuk Buka Puasa

Manfaat puasa lainnya untuk tubuh

Kamu tidak hanya akan mendapatkan manfaat puasa untuk wajah ketika menjalani puasa, tetapi juga manfaat lainnya untuk tubuh secara keseluruhan. Berikut manfaat puasa untuk tubuh yang perlu kamu ketahui:

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh
  2. Membantu menurunkan berat badan
  3. Meningkatkan kesehatan jantung
  4. Mengurangi kadar kolesterol jahat
  5. Membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh
  6. Mengurangi risiko penyakit diabetes
  7. Membantu meningkatkan pola hidup sehat

Facial saat Puasa Bolehkah? Ternyata Ini Waktu yang Tepat!

Berapa lama kamu harus berpuasa?

manfaat puasa untuk wajah dan waktu terbaiknya

Ada manfaat puasa untuk wajah dan kesehatan kulit, lalu apakah perlu berpuasa setiap hari? Puasa memang memberikan banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan kulit. Namun, bukan berarti kamu perlu melakukan puasa setiap hari.

Ada cara yang benar untuk berpuasa agar bisa mendapatkan manfaatnya. Puasa yang dilakukan seseorang akan berbeda dengan orang lain. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi kesehatan tubuh, penyakit yang sedang diderita, dan juga umur.

Jika ingin berpuasa setiap bulannya, kamu bisa mencoba jendela makan delapan jam dengan intermittent fasting (puasa intermiten 16:8). Cara puasa yang satu ini memperbolehkan kamu makan apa saja selama 8 jam dan dilanjutkan puasa selama 6 jam dalam satu hari (24 jam).

Makan apa saja bukan berarti kamu boleh makan secara berlebihan, tapi mengontrol jenis dan jumlah makanan yang akan kamu konsumsi.

Batalkah Luluran di Bulan Puasa? Yuk, Cek Juga Beragam Manfaatnya!

Punya penyakit kronis boleh berpuasa?

Puasa dan jenis makanan yang akan kamu konsumsi dalam jendela makan akan sangat berbeda pada umumnya ketika kamu mempunyai beberapa kondisi medis. Seseorang yang memiliki penyakit kronis diperbolehkan untuk berpuasa, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan disesuaikan.

Beberapa penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, gagal jantung, hipertensi, dan gagal ginjal kronis diperbolehkan berpuasa, tetapi dengan konsultasi dokter terlebih dahulu. Dokter biasanya akan merekomendasikan cara berpuasa yang cocok untuk penderita penyakit kronis dan jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk berbuka puasa.

Bolehkah Scaling Gigi saat Puasa? Yuk, Cari Tahu Waktu yang Tepat!

Dampak negatif puasa untuk kesehatan kulit

Puasa dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan kulit jika kamu berpuasa dengan cara yang salah. Misalnya, tidak langsung segera berbuka, langsung mengonsumsi makanan tinggi lemak dan karbo saat berbuka, atau kurang minum saat saur dan berbuka. Berikut beberapa dampak negatif puasa untuk kesehatan kulit:

  1. Kulit kering, kurang minum air putih saat saur atau berbuka puasa
  2. Bibir kering, kurang minum dan kebiasaan menjilat bibir
  3. Wajah kusam, juga merupakan dampak dari kurang minum saat berpuasa
  4. Jerawat, mengonsumsi makanan tidak sehat saat saur atau berbuka puasa

Sekarang kamu sudah paham kan apa saja manfaat puasa untuk wajah dan tubuh secara keseluruhan? Jika kamu punya penyakit asam lambung atau mag, sebaiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum berpuasa.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini