fungsi niacinamide

Sudah tak asing dengan niacinamide? Niacinamide adalah salah satu dari dua bentuk vitamin B3. Salah satu fungsi niacinamide yang paling terkenal adalah menjaga kesehatan kulit. Tak heran jika banyak produk perawatan wajah dan tubuh yang mengandung niacinamide.

Artikel kali ini Yoona ingin mengajak mengenal lebih jauh tentang apa itu niacinamide, fungsi niacinamide, dan efek sampingnya. Simak terus penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Apa itu niacinamide?

Sebelum mengenal lebih jauh fungsi niacinamide, yuk cari tahu dulu apa itu niacinamide. Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 (niacin), salah satu dari delapan vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin B3 berperan penting dalam mengubah makanan yang kamu konsumsi menjadi energi.

Vitamin B3 umumnya ditemukan sebagai niacinamide dalam produk hewani, seperti daging dan unggas, dan sebagai asam nikotinat dalam makanan nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau. Banyak produk biji-bijian olahan seperti sereal juga diperkaya dengan niacinamide.

Selain membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi, niacinamide dalam bentuk vitamin B3 juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Fungsi niacinamide yang paling terkenal adalah fungsi menjaga kesehatan kulit. Jadi, jangan kaget jika produk perawatan kulit dan wajah yang kamu gunakan saat ini mengandung niacinamide.

Cara Mengatasi Kulit Belang akibat Paparan Sinar Matahari dan Penyebab Lainnya

Fungsi niacinamide untuk kesehatan dan kulit

fungsi niacinamide untuk kesehatan dan kulit

Ada banyak fungsi niacinamide untuk kesehatan antara lain:

  1. Membantu mencegah melanoma (jenis kanker kulit)
  2. Menurunkan risiko penyakit ginjal kronis
  3. Membantu memperlambat perkembangan diabetes tipe 1
  4. Menjaga kesehatan kulit

Fungsi niacinamide untuk kesehatan kulit sangat populer di industri kosmetik dan perawatan kulit. Ketika kamu mengonsumsi suplemen yang mengandung niacinamide atau mengoleskan krim yang mengandung niacinamide, kamu akan mendapatkan efek antiinflamasi pada kulit.

Niacinamide juga dapat kamu gunakan untuk mengobati beberapa kondisi kulit tertentu, seperti rosacea dan jerawat. Fungsi niacinamide yang satu ini menjadikannya sebagai alternatif populer untuk antibiotik oral atau topikal untuk mengobati jerawat atau rosacea.

Kamu yang memiliki masalah kulit wajah dengan pori-pori besar juga dapat menggunakan niacinamide untuk mengatasinya, lho! Fungsi niacinamide untuk kulit juga dapat meminimalkan tampiran pori-pori kulit yang besar. Niacinamide juga cocok untuk kulit berminyak karena dapat membantu mengatur jumlah minyak yang dihasilkan kulit dan mencegahnya memproduksi minyak berlebihan.

Fungsi niacinamide untuk kulit:

  • Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari
  • Membantu meringankan bintik hitam
  • Meminimalkan garis halus dan kerutan
  • Meminimalkan risiko stres oksidatif dari tekanan lingkungan, seperti sinar matahari, polusi, dan racun

Kulit Berminyak, Ini Skincare yang Boleh dan Tak Boleh Untukmu!

Efek samping niacinamide

Jangan terpaku dengan fungsi niacinamide yang banyak. Ternyata ada efek samping juga yang bisa ditimbulkan oleh niacinamide jika kamu mengonsumsinya atau menggunakannya secara berlebihan. Batas konsumsi niacinamide dalam bentuk vitamin B3 yang boleh dikonsumsi oleh orang dewasa adalah 35 mg per hari.

Khusus untuk ibu hamil dan menyusui, niacinamide harus dikonsumsi atau digunakan dalam jumlah yang disarankan oleh dokter. Biasanya, ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengonsumsi niacinamide sekitar 30 mg setiap hari untuk mereka yang berusia dibawah 18 tahun dan 35 mg untuk mereka yang berusia di atas 18 tahun.

Efek samping niacinamide ada yang tergolong ringan maupun berat. Sakit kepala, mual, dan sakit perut merupakan beberapa efek samping ringan dari niacinamide. Penggunaan niacinamide dalam bentuk krim oles dapat menyebabkan iritasi kulit jika digunakan pada area kulit yang sensitif seperti pipi, hidung, dan di sekitar mata. Gejalanya bisa berupa kemerahan, perih, dan gatal.

Efek samping niacinamide yang berat berkaitan dengan penggunaannya dalam konsentrasi yang tinggi. Seseorang yang memiliki alergi kulit, terutama sensitif terhadap zat tertentu, dapat mengalami gejala alergi yang parah jika menggunakan niacinamide secara berlebihan. Jika kamu memiliki alergi kulit, maka pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan niacinamide.

Punya Kulit Kering? Ini Ciri-Cirinya Dan Cara Merawatnya Supaya Glowing

Nah, sudah paham kan sekarang apa itu niacinamide, fungsi niacinamide, dan juga efek sampingnya? Semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin dan mineral memang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kulit, tapi pastikan untuk tidak menggonsumsi atau menggunakannya secara berlebihan, ya!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference