makanan untuk penderita kista ovarium

Biasanya dokter akan menyarankan seseorang yang mengidap kista ovarium untuk mengubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Lalu, apa saja makanan untuk penderita kista ovarium yang perlu diperhatikan?

FYI, kista ovarium adalah benjolan berisi cairan yang terbentuk pada ovarium. Umumnya, sebagian besar kista ovarium bersifat jinak dan tidak berbahaya. Namun, beberapa kista ovarium dapat menjadi ganas dan menimbulkan masalah kesehatan serius. Beberapa kemungkinan seseorang terkena kista ovarium atau sindrom ovarium poliklinik (PCOS) adalah regimen tanpa diet seimbang dan kurangnya berolahraga atau melakukan aktivitas fisik.

Bila kista membesar, maka memerlukan perawatan medis atau operasi karena dapat menyebar ke organ lain dan meningkatkan risiko kanker ovarium. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan secara teratur untuk memantau kondisi dan memastikan pengobatan yang tepat.

Makanan untuk penderita kista ovarium, mana yang boleh?

Tak perlu khawatir, masih ada banyak opsi makanan untuk penderita kista ovarium yang boleh dikonsumsi. Yuk, perhatikan daftarnya di bawah ini!

  1. Usahakan untuk sering minum air putih setiap harinya untuk membuang racun dari dalam tubuh.
  2. Sayuran segar yang mengandung nutrisi sehat.
  3. Kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun karena mengandung asam lemak esensial untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada tubuh dan menjaga kadar hormon agar tetap stabil akibat kista ovarium.
  4. Lentil dan buncis.
  5. Sayuran berdaun hijau, seperti bayam karena mengandung serat tinggi dan sempurna untuk penderita kista ovarium.
  6. Makanan yang tinggi akan vitamin B6, seperti daging ayam, susu, pisang, untuk merangsang kadar hormon dan mengendalikan kista ovarium.

Pantangan makanan untuk penderita kista ovarium

pantangan makanan untuk penderita kista ovarium

Selain memperhatikan makanan untuk penderita kista ovarium yang aman, kamu juga perlu mengurangi makanan tertentu. Bukan tanpa alasan, makanan berikut ini bisa memperburuk gejala kista dan membuat proses penyembuhan memakan waktu lebih lama. Inilah beberapa jenis makanan yang perlu dihindari penderita kista ovarium.

1. Alkohol

Minuman beralkohol dapat meningkatkan kadar estrogen jika penderita kista ovarium konsumsi secara berlebihan. Sebaiknya kamu menghindari minuman beralkohol untuk mengontrol gejala kista ovarium atau PCOS semakin memburuk.

2. Minuman berkafein

Jenis minuman yang dapat menyebabkan gangguan hormonal untuk penderita kista ovarium adalah kafein, seperti teh dan kopi.

3. Gandum olahan

Gandum olahan mengandung asam fitat yang berperan mengikat mineral, seperti magnesium dan zinc agar bisa menjaga keseimbangan hormon. Proses pengikatan nutrisi ini tidak membiarkan tubuh mendapatkan manfaat yang sama karena kandungan seratnya lebih sedikit sehingga berkontribusi pada perkembangan kista ovarium. 

4. Gula

Gula yang berlebih tidak baik untuk tubuh. Kamu yang didiagnosis oleh dokter memiliki gejala PCOS atau kista ovarium biasanya disarankan untuk menghindari produk gula dan olahannya, seperti kue, biskuit, dan permen. Hal ini karena dapat merusak kadar hormon pada tubuh. Sebaiknya, terapkan diet gula untuk mengurangi konsumsi fruktosa.

5. Nasi putih

Bagi penderita kista ovarium, makanan ini sebaiknya dihindari karena mampu memperburuk gejala PCOS dan proses penyembuhan. Kamu bisa mengganti asupan karbohidrat yang lebih sehat.

6. Daging merah

Makanan lain yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kista ovarium adalah daging merah. Kamu bisa mempercepat proses penyembuhan jika menjauhi makanan ini.

Gejala Kista Rahim dan Penyebabnya, Yuk Simak Ladies!

7. Makanan dengan kandungan garam yang tinggi

Garam dapat meningkatkan sifat asam pada tubuh kita yang menyebabkan pembentukan kista. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi kamu yang menderita PCOS atau gejala kista ovarium untuk beralih menerapkan pola makan yang lebih sehat atau diet rendah garam.

12 Makanan Penyebab Kista Ovarium

Gaya hidup sehat untuk penderita kista ovarium

Selain memilah makanan yang dikonsumsi, penderita kista ovarium juga perlu menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya dengan cara berikut ini:

  1. Yoga atau lakukan olahraga lain
  2. Jaga berat badan ideal atau turunkan berat badan jika sudah berlebihan atau obesitas
  3. Mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari pantangan
  4. Tidur cukup

Itulah penjelasan tentang makanan untuk penderita kista ovarium yang aman beserta pantangannya. Dengan memperhatikan makanan, dapat mengurangi risiko perkembangan kista dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi pilihan makan yang sehat dan bergizi serta menjaga asupan nutrisi yang seimbang untuk membantu memelihara kesehatan ovarium dan mengurangi risiko kista



Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference