bra remaja

Masa pubertas bagi perempuan tidak hanya ditandai dengan menstruasi pertama, tapi juga perubahan bentuk tubuh. Terutama perubahan bentuk payudara. Jadi, sudah sewajarnya bra remaja diperlukan untuk menunjang perubahan bentuk tubuh itu.

Tubuh remaja putri mulai mengalami banyak perubahan fisik termasuk payudara. Ini biasanya terjadi ketika seorang gadis pertama kali mendekati pubertas dan mungkin merupakan tanda pertumbuhan pertama. Di saat seperti itulah, perempuan menggunakan bra.

Beberapa remaja mungkin mulai memperhatikan perkembangan payudara sejak dini. Jadi ketika dia menemukan payudaranya tumbuh, maka inilah saatnya untuk mendapatkan bra pertamanya. 

Jangan khawatir, kamu bisa membaca apa saja tips membeli bra remaja untuk pertama kalinya, sekaligus mendapatkan rekomendasi bra remaja yang nyaman.

Jenis bra untuk remaja

sport bra sehari-hari

Bra remaja sebetulnya cukup banyak, tergantung bahan dan bentuknya. Biasanya bra jenis ini memiliki ukuran lebih kecil dari bra dewasa karena menyesuaikan dengan tahap pembentukan payudara yang masih dini.

1. Bra anak atau miniset

Setiap perempuan mungkin pernah memakai miniset atau bra anak yang biasa dipakai pada usia memasuki sekolah menengah pertama. Biasanya, bra ini memiliki gaya pullover tanpa underwire, padding (bantalan) atau kait. 

Yang paling sederhana dan paling nyaman, bra ini terbuat dari kain katun yang dapat diregangkan yang bergerak untuk mengakomodasi perubahan bentuk dan ukuran. Terlebih, bra ini memiliki karet penahan yang lunak, sehingga dada tidak terasa diikat.

2. Slip-on bra

Slip-on bra atau dikenal sebagai bralette, adalah bra terbaik untuk remaja dan pilihan yang nyaman untuk membantu remaja beralih ke bra. Bra jenis ini memberikan dukungan minimal tetapi cakupan yang cukup baik untuk payudara pemula. 

Juga, bra ini biasanya bertekstrur mulus dan tanpa bantalan. Pilihlah bra yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat seperti katun.

3. Bra T-Shirt 

Beberapa perempuan mungkin merasa jika jenis bra ini paling nyaman dan juga terlihat paling alami. Bra ini memiliki jenis yang berbeda-beda, beberapa mulus, dan beberapa bahkan mungkin memiliki underwires untuk dukungan tambahan.

Jenis bra ini tidak banyak mengubah bentuk payudara seorang gadis, tetapi menyembunyikan puting dan memperhalus siluet dengan baik. Hal ini dapat membuat mereka nyaman, karena bra ini dirancang khusus untuk memungkinkan hasil akhir yang halus bahkan di bawah pakaian yang paling pas sekalipun.

4. Double-layered bra

Bra berlapis ganda juga merupakan pilihan yang bagus dan merupakan bra yang nyaman untuk gadis remaja. Terutama jika dia mencari bra yang terasa seperti kulit kedua dan tidak memiliki bantalan atau underwire. Kain berlapis memberikan cakupan yang baik dan menyembunyikan puting.

5. Sport bra

Bra olahraga adalah yang harus dimiliki di lemari pakaian setiap perempuan, tak terkecuali remaja putri. Sport bra mampu memberikan kenyamanan, meminimalkan gerakan payudara, dan membantu melindungi jaringan payudara yang halus dari kerusakan selama aktivitas atletik. 

Bra ini menjadi favorit bukan hanya karena menawarkan dukungan yang baik tetapi juga karena bra olahraga sering tidak tampak seperti bra. Garis-garis bra akan tersamarkan melalui pakaian dan meminimalkan bekas bra di kulit.

6. Bra berkawat

Bra berkawat lebih disukai oleh remaja yang sudah mendekati usia dewasa atau duduk di bangku SMA, terutama jika mereka memiliki payudara yang lebih penuh. Kawat ini biasanya terbuat dari logam atau plastik berbentuk U yang dijahit di bawah setiap cup bra, untuk membantu menopang payudara dan mengangkat secara alami dan nyaman. 

Selalu periksa apakah kawat terletak tepat di sekitar lipatan payudara (cup bra) sebelum membeli. Jika bra seperti ini dipakai, akan ada kemungkinan menyebabkan ketidaknyamanan atau justru kawat mencederai payudara.

Tips memilih bra remaja

Pertimbangkanlah beberapa tips memilih bra untuk remaja berikut ini sebelum membelinya.

1. Bahan bra

Pilihlah bahan katun sepertin katun bambu. Jenis ini diyakini paling nyaman dan dapat menjaga suhu tubuh dengan baik sekaligus menyerap keringat. Janis bahan lainnya seperti katun kombet. 

Perhatikan kualitas bahannya, karena kedua bahan ini biasanya memiliki level berbeda yang menentukan tingkat kehalusan, kerapatan, daya tahan, dan daya serap.

2. Warna

Pilihlah warna yang sebisa mungkin senada dengan warna kulitnya. Hindari warna-warna yang mencolok bila anak memakai pakaian yang terang dan tipis. Warna yang mencolok mungkin akan membuat bra mudah terihat sehingga mereka tidak nyaman.

3. Ukuran dan bentuk

Ukuran bra remaja sudah pasti tidak boleh terlalu ketat. Sebisa mungkin pilihlah bra yang tidak ketat. Karena pada tahap awal ini, payudara tidak terlalu membutuhkan topangan.

Bentuknya pun pastinya harus mengutamakan kenyamanan. Pilihan polos mungkin lebih tepat supaya mereka lebih nyaman.

Kapan waktu tepat pakai bra remaja?

Usia rata-rata seorang gadis untuk mulai mengenakan bra adalah 11 tahun. Namun, dapat juga bervariasi dari satu gadis ke gadis lain karena beberapa gadis perlu memakai bra pada usia 8 tahun dan beberapa gadis tidak perlu memakai bra bahkan pada usia 12 tahun.

Remaja gadis berusia 12 tahun dapat mengenakan miniset atau sport bra. Sport bra dapat melindungi payudara dari gerakan berlebih saat berolahraga, sedangkan miniset bisa dipakai selama hari-hari sekolah.

Share artikel ini
Reference