Manfaat daun ginseng

Kamu mungkin sudah sering mendengar berbagai manfaat ginseng di dunia medis dan kecantikan. Namun, tahukah kamu ternyata manfaat ginseng bagi kesehatan tidak hanya bisa didapatkan dari akar, tetapi juga daunnya.

Nah, daripada penasaran, yuk, cari tahu apa saja manfaat daun ginseng bagi kesehatan tubuh!

Mengenal daun ginseng

Kamu mungkin hanya mengetahui manfaat kesehatan dari akar ginseng. Padahal beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun ginseng juga bagus untuk tubuh dan tidak kalah dengan akarnya.
Journal of Traditional Chinese Medicine menjelaskan bahwa ekstrak daun ginseng ini memiliki sifat anti-kelelahan, antihiperglikemik, anti-obesitas, anti-kanker, antioksidan, bahkan anti-penuaan.

Dalam penggunaan normal, ekstrak daun ginseng cukup aman digunakan. Efek samping hanya terjadi bila dosisnya terlalu banyak atau kualitasnya buruk.

Kandungan daun ginseng

Ekstrak daun ginseng mengandung berbagai bahan aktif yang bagus untuk menghindarkan kamu dari beberapa masalah kesehatan. Beberapa kandungan tersebut seperti:

  • Ginsenosides
  • Polisakarida
  • Triterpenoid
  • Flavonoid
  • Minyak atsiri
  • Alkohol poliasetil
  • Peptida
  • Asam amino
  • Asam lemak
  • Provitamin A

Dan berbagai kandungan lain

Apa manfaat daun ginseng?

Nah, setelah tahu bahwa daun ginseng juga ternyata memiliki banyak manfaat, sekarang saatnya kita bahas manfaat tersebut satu per satu!

1. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas merupakan senyawa yang berbahaya bagi tubuh. Beberapa efek radikal bebas antara lain kanker, penyakit jantung, serta penuaan dini. Salah satu senyawa yang berperan aktif dalam memerangi radikal bebas adalah antioksidan.

Sebuah penelitian dalam jurnal Agritech menyatakan bahwa daun ginseng mengandung antioksidan berupa senyawa flavonoid dan fenolik yang berperan dalam memerangi radikal bebas.

2. Mencegah penyakit degeneratif

Masih terkait dengan kandungan antioksidannya, daun ginseng dikatakan dapat melindungi dari berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, gagal ginjal dan kanker.

3. Memperlancar sirkulasi darah

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa daun ginseng mengandung saponin, alkaloid, tanin, dan senyawa turunan flavonoid yang meningkatkan sirkulasi dan peredaran darah, terutama pada sistem saraf.

4. Meningkatkan imun tubuh

Selain kandungan antioksidan, daun ginseng juga mengandung provitamin A yang tinggi. Keduanya berperan penting dalam menjaga dan memperkuat sistem imun tubuh.

5. Mengatasi radang

Banyak yang percaya bahwa daun ginseng sangat baik untuk mengendalikan peradangan karena kandungan flavonoid dan tanin dalam daun ginseng memiliki sifat anti-inflamasi.

6. Mengatasi masalah pencernaan

Daun ginseng juga dikenal sebagai jenis daun yang banyak mengandung serat dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Serat dikenal sebagai salah satu nutrisi terpenting untuk pencernaan. Mengonsumsi makanan berserat dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit.

Efek samping daun ginseng untuk tubuh

Meskipun manfaat daun ginseng sangat banyak, seperti yang dijelaskan di atas, namun penggunaan daun ginseng untuk kesehatan tubuh tentu memiliki efek samping sendiri.

Oleh karena itu, efektivitas daun ginseng bubuk (yang biasanya dijual di pasaran) masih perlu dipelajari lebih lanjut untuk memastikan keamanan dan kemungkinan efek samping.

Selain itu, bahan aktif yang terkandung pada daun ginseng dapat menyebabkan kontraindikasi terhadap obat lain yang sedang kamu pakai. Namun, sejauh ini, berapa dosis yang baik untuk digunakan belum diketahui.

Bukan hanya itu, pengobatan dengan tanaman herbal juga perlu memperhatikan kebersihan alat dan bahan yang digunakan. Hal ini berkaitan dengan risiko kontaminasi mikroba atau zat berbahaya yang justru dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Tips mengonsumsi daun ginseng

Meskipun belum umum digunakan, tapi di beberapa tempat, daun ginseng sudah cukup umum digunakan untuk pengobatan. Nah, jika kamu ingin coba menikmatinya, kamu bisa coba tips mengonsumsi daun ginseng seperti di bawah ini.

Ekstrak

Ekstrak daun ginseng merupakan ekstrak yang cukup umum diproses. Kamu bisa membuat ekstrak sendiri di rumah karena sangat mudah untuk dicoba. Caranya dengan merebus daun ginseng yang sudah dibersihkan. Ekstrak daun ginseng ini memiliki manfaat utama seperti anti-kelelahan, anti-hiperglikemia, anti-obesitas dan anti-penuaan.

Teh

Untuk membuat teh daun ginseng, kamu bisa memasukkan daun ginseng muda yang telah dikeringkan ke dalam air panas selama sekitar 5 menit. Setelah itu, kamu bisa menikmati teh daun ginseng ini. Jika kamu suka, kamu bisa menambahkan sedikit gula.

Tumis

Kamu juga bisa mengolah daun ginseng menjadi menu masakan, yakni dengan membuat tumis daun ginseng. Kamu bisa menambahkan berbagai bumbu sesuai selera, sama seperti ketika kamu membuat tumis sayur pada umumnya. Dengan mengonsumsi menu makanan yang satu ini, ASI ibu dipercaya bisa lancar juga, lho!

Nah, sekarang kamu sudah tahu ternyata tidak hanya akar ginseng saja yang bermanfaat, tapi manfaat daun ginseng pun ternyata sangat banyak. Jangan lupa bagikan artikel ini biar lebih banyak orang tahu ya!

Share artikel ini
Reference