Tips Menjalani Kencan Pertama

Apakah kamu akan menjalani kencan pertama dengan doi? Momen itu pasti bikin kamu deg-degan, tapi juga dinantikan ya, ladies. Kira-kira apa saja yang harus disiapkan untuk sukses menjalani first date?

Kencan yang pertama bisa menjadi hal yang menegangkan untuk seseorang yang belum pernah bertemu dengan teman nge-date sebelumnya. Penasaran tips menarik apa yang bisa kamu lakukan saat pertama kali kencan? Yuk simak!

Apa itu kencan pertama?

Kencan pertama adalah suatu permulaan dan pertemuan untuk mengenal antara pasangan. Sebagian orang berpikir bahwa kegiatan ini dapat menentukan hubungan asmara kedepannya apakah akan berlangsung baik atau sebaliknya. Maka dari itu penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan saat pertama kali dating.

Meskipun begitu, sebetulnya kamu tidak perlu memikirkan atau berekspektasi terlalu jauh tentang semua hal yang akan terjadi. Membuat kesan pertama saat kencan memang baik, namun yang jauh lebih penting adalah bagaimana prosesnya berjalan.

Apa yang harus dilakukan wanita saat kencan pertama

Perasaan gugup, tegang dan campur aduk bisa menjadi hal menarik sekaligus menantang saat melakukan kencan. Bertemu dengan orang asing untuk pertama kali terkadang membuat kamu bingung harus berbuat apa. Untuk itu, yuk cari tahu apa yang harus dilakukan demi kelancaran:

1. Pergi dengan perasaan santai dan percaya diri

Kencan selalu mendatangkan perasaan gugup dan cemas. Cobalah untuk merasa santai dan percaya diri ketika bertemu untuk yang pertama kali. Sebisa mungkin kelola ekspektasi kamu, supaya tidak terlalu menjadi beban.

2. Berpakaian nyaman dan pantas

Pilih pakaian yang nyaman, sopan dan pantas sesuai dengan tempat yang dituju. Tidak perlu memilih pakaian yang mencolok dan berlebihan. Berpakaian yang semestinya tanpa harus mencoba menjadi orang lain untuk membuat teman kencan terkesan.

3. Beri tahu teman atau keluarga di mana kamu berada

Tinggalkan pesan kepada seseorang untuk mengetahui di mana dan apa yang kamu lakukan. Berikan kejelasan siapa orang yang kamu temui dan kapan kamu akan pulang. Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu pada kamu.

4. Jadi dirimu sendiri

Tidak perlu takut untuk menjadi diri sendiri saat pertama kali bertemu Relaks, berpikiran terbuka dan bertingkah seperti sedang berbicara dengan teman. Tak perlu menjadi orang lain yang membuat kamu menjadi tidak nyaman ya, ladies.

5. Berikan kejelasan apakah ada kencan selanjutnya atau tidak

Berhasil atau tidaknya sebuah kencan terkadang bisa terlihat bagaimana kegiatan tersebut berakhir. Berikan kejelasan apakah kamu akan membuat pertemuan untuk kencan kedua atau tidak sama sekali sehingga dapat dipahami oleh gebetan.

Tips first date supaya sukses?

Menjadi seorang wanita terkadang ada naluri untuk mempersiapkan nge-date dengan sebaik-baiknya, tidak itu saja, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan selama nge-date:

Pahami tujuannya

Apakah kencan ini memiliki tujuan mencari pasangan, mencari hubungan dengan komitmen atau hanya sekedar bertemu orang baru? Jika kamu memahami apa alasan nge-date, maka kamu bisa bertingkah sesuai dengan tujuan kencan tersebut.

Menikmati kencan

Nikmati kencan walaupun itu bukan dengan seseorang yang sepenuhnya kamu inginkan. Kencan merupakan sebuah proses ketika kamu bisa bertemu orang baru dan belajar sesuatu darinya.

Pilih lokasi netral untuk kencan

Pilih lokasi yang bisa membuat kamu dan gebetan dapat menikmati suasana nyaman dan sesuai dengan tujuan kalian hang-out.

Kencan yang singkat

Kencan pertama bisa kamu lakukan sesingkat mungkin, namun dapat kamu jadikan pertimbangan apakah akan ada pertemuan kedua atau tidak sama sekali.

Hadir sepenuhnya

Kamu perlu hadir sepenuhnya dalam percakapan dengan gebetan. Terlalu sibuk melihat gadget atau malah melihat sekeliling bisa membuat kencan terlihat membosankan.

Tidak perlu mengumbar banyak hal

Bicara tentang dirimu seperlunya dan coba lebih banyak berdiskusi tentang ketertarikan kamu dan gebetan. Tidak perlu menanyakan hal yang terlalu personal jika gebetan membahas tentang suatu hal.

Jaga bahasa tubuh

Berikan kontak mata natural dan hindari postur defensive yang bisa terbaca gebetan. Perhatikan bagaimana bahasa tubuh kamu selama kalian nge-date, tetap memperhatikan namun tidak terlalu berlebihan.

Pilih beberapa topik menarik untuk didiskusikan

Pilih topik yang umum mengenai ketertarikan namun hindari membahas topik kontroversial, tentang mantan, atau topik sensitif yang belum diketahui tentang gebetan.

Tips di atas sangat perlu dilakukan selama menjalani kencan yang pertama, dan tentunya ada hal yang harus diperhatikan wanita saat pertama kali nge-date, apa saja hal-hal tersebut?

Hal hal yang harus diperhatikan saat kencan pertama

Hal-hal berikut perlu diperhatikan dan perlu dihindari saat kamu pertama kali nge-date:

  1. Jangan melontarkan pertanyaan seakan wawancara kerja. Pahami bahwa kegiatan ini bertujuan untuk saling memahami satu sama lain dan bukan sebagai ajang untuk melempar tanya-jawab saja.
  2. Terburu-buru meninggalkan jika dirasa tidak cocok. Jika berlangsung membosankan, jauhi pikiran meninggalkan teman tanpa alasan. Akhiri dengan baik dan sopan.
  3. Jangan memanipulasi gebetan. Negging atau taktik manipulasi emosional berupa pujian dapat merusak kepercayaan gebetan. Hindari hal ini agar tidak menjadi boomerang di masa depan.
  4. Membicarakan masa depan. Tidak perlu membahas hal terlalu jauh apalagi tentang masa depan, cukup hadir sepenuhnya di saat momen nge-date berlangsung.
  5. Memanfaatkan situasi demi kepentingan sendiri. Tidak membuat gebetan seolah menjadi peluang untuk melakukan suatu hal demi kepentingan sendiri. Sadari bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk saling mengenal lebih dalam.

Kencan pertama memang selalu menarik dan penuh kejutan, entah akan menjadi gerbang bagi kencan selanjutnya atau tidak, semuanya harus dipersiapkan agar bisa berjalan lancar. Ketahui dan pahami tips melakukan kencan yang pertama sehingga dapat memberikan kesan baik untuk teman kencan.

Share artikel ini
Reference