alasan wanita kehilangan rasa cinta

Menjalin hubungan dengan pasangan tidak selamanya indah, terkadang kamu merasa jenuh sehingga tidak lagi merasakan cinta. Ada banyak hal yang menjadi alasan wanita kehilangan rasa cinta, mulai dari komunikasi yang tidak baik hingga akhirnya hubungan kamu terasa hambar.

Kehilangan rasa cinta pada pasangan bisa menjadi penyebab munculnya berbagai masalah lain. Kamu mungkin berpikir untuk mengakhiri hubungan, karena merasa tidak mungkin untuk melanjutkan hubungan yang hambar ini. Situasi ini akan membuat kamu bingung untuk bertahan atau berpisah.

Fase jatuh cinta yang menggebu-gebu, kemudian merasa cinta itu hilang tanpa alasan adalah hal yang mungkin saja terjadi. Kamu bisa mencoba mengingat lagi hal apa yang membuat kamu jatuh cinta. Apakah kamu benar-benar cinta pada si dia? Atau kamu hanya cinta pada fantasimu sehingga akhirnya merasa kecewa dan kehilangan rasa cinta itu.

Kehilangan rasa cinta

Para ahli mengatakan bahwa hilangnya perasaan cinta masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Kamu bisa saja tiba-tiba tidak merasakan cinta pada suami atau pacar yang sudah lama bersama. Saat hal seperti ini terjadi, kamu pasti akan merasa gelisah karena berada dalam hubungan yang sudah tidak nyaman.

George Vaillant seorang peneliti dari Harvard dan timnya, menyimpulkan bahwa kunci kebahagiaan dalam hidup cinta (tentu saja) dan yang kedua adalah menemukan cara dalam hidup yang tidak mendorong cinta itu pudar.

Ya, menemukan dan mempertahankan cinta dalam hidup kamu tidak mudah. Namun, cinta sejati adalah sesuatu yang mungkin. Tentunya, cinta itu memerlukan perjuangan yang tidak mudah. Terutama jika kamu dan pasangan memiliki tujuan yang berbeda.

Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa kamu kehilangan rasa cinta dalam hubungan:

  • Tidak banyak mengobrol tentang hal-hal kecil atau tidak saling bertukar pikiran.
  • Sikap kamu berubah dalam memperlakukan pasangan.
  • Menarik diri dari pasangan dan selalu berusaha menghindarinya.
  • Mengabaikan pasangan dengan tidak peduli apapun tentang kehidupannya.
  • Tidak berdebat meskipun ada masalah, karena kamu tidak ingin membuang energi.

Penyebab kehilangan rasa cinta

Hampir semua pasangan selalu berjuang untuk menjaga cinta dalam hubungannya, tidak sedikit juga yang menyerah dan memilih berpisah. Penyebab kehilangan rasa cinta kepada pasangan bisa beragam, atau bahkan tidak ada penyebabnya sama sekali dan terjadi begitu saja. Hal tersebut sangat mungkin terjadi, loh.

Jika kamu ingin mengantisipasi dengan menghindari penyebab kehilangan rasa cinta tersebut, berikut adalah beberapa hal yang menyebabkannya:

1. Komunikasi yang buruk

Komunikasi menjadi akar dari terciptanya hubungan harmonis, jika akarnya saja sudah buruk maka keseluruhan hubungan akan kacau. Seiring berjalannya waktu, kamu akan semakin merasakan jarak dengan pasanganmu.

2. Fantasi berlebihan terhadap pasangan

Fantasi atau ekspektasi yang berlebihan terhadap pasangan menjadi salah satu alasan wanita kehilangan rasa cinta. Mungkin kamu selalu mengharapkan pasangan kamu romantis tapi kenyataannya tidak. Kekecewaan tersebut lama kelamaan akan mengubah rasa cintamu.

3. Membandingkan pasangan dengan orang lain

Membandingkan sesuatu dengan yang lebih baik memang tidak akan ada akhirnya, karena di atas langit masih ada langit. Begitu juga saat membandingkan pasanganmu dengan orang lain, kamu hanya akan merasa terus kekurangan hingga perasaan cinta kamu memudar.

4. Kesibukan padat sehingga tidak meluangkan waktu

Kesibukan yang padat hingga kurangnya komunikasi akan membuat sebuah hubungan terasa hambar. Tidak heran jika akhirnya perasaan cinta satu sama lain mulai berkurang, bahkan menghilang begitu saja.

Alasan wanita kehilangan rasa cinta

Banyak wanita yang kehilangan rasa cinta karena sikap pasangan yang tidak lagi seromantis dulu. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sikapnya berubah total, sehingga membuat wanita tidak lagi nyaman berada di dekatnya.

Berikut adalah alasan mengapa wanita kehilangan rasa cinta:

a. Sering disakiti

Wanita yang sudah sering disakiti dengan tidak dihargai, sikap kasar, dan kurang perhatian akan kehilangan rasa cintanya. Apalagi jika wanita sudah sering menangis karena hal tersebut, tidak ada lagi cinta yang harus dipertahankan.

b. Tidak lagi diutamakan

Banyak wanita yang menerima bahwa mereka tidak menjadi yang pertama atau menjadi prioritas bagi pasangannya. Hal ini bisa membuat wanita merasa sendirian meski punya pasangan. Jika wanita sudah muak karena sikap pasangan yang tidak sadar, maka rasa cintanya pun akan pudar karena tidak merasa dihargai.

c. Berkurangnya kepercayaan

Landasan dari sebuah hubungan adalah saling percaya, tidak sedikit hubungan yang berakhir karena hal tersebut. Kehilangan kepercayaan akan beriringan dengan kehilangan rasa cinta.

d. Tidak cocok

Wanita akan kehilangan rasa cinta jika sudah merasa tidak ada kecocokan dengan pasangannya. Hal ini biasanya terjadi setelah fase jatuh cinta yang menggebu-gebu, perasaan cinta kemudian akan menurun setelah mengetahui sisi lain dari pasangan.

Tips mengatasi rasa hilang cinta

Perasaan cinta yang hilang bukan berarti bahwa kamu harus mengakhirinya. Jika kamu berpikir untuk menghidupkan kembali cinta tersebut, simak beberapa tipsnya berikut ini:

Mundur selangkah dan evaluasi

Cobalah ingat kembali apa yang membuat kamu jatuh cinta sebelumnya, tanyakan kepada diri sendiri apa yang salah dengan hubungan ini. Kamu bisa melakukan evaluasi sendiri sebelum membicarakannya bersama pasangan.

Mengingat hal manis tentang pasangan

Kamu juga bisa mengingat hal apa saja yang telah dilalui bersama pasangan, sifat apa yang kamu sukai darinya. Coba ingat kembali apakah kamu melalui banyak hal baik dan buruk bersama pasangan atau tidak.

Bangun sikap saling menghargai

Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi setiap orang akan merasa senang jika dihargai bahkan untuk hal kecil. Misalnya, memuji pasangan karena telah bekerja dengan baik atau karena telah berhasil melewati hari yang padat.

Luangkan waktu untuk berkencan

Cara ini dapat menyalakan kembali api cinta yang padam, kamu bisa flashback ke masa-masa pertama kali bertemu dengan pasangan dan mengulangnya kembali. Tidak perlu kencan yang mahal, yang penting kamu dan pasangan memiliki banyak waktu berdua.

Jika kamu sudah menikah, ingatlah bahwa masalah ini bukan berarti bahwa kamu dan pasangan harus berpisah. Pikirkan tentang apa yang harus kamu pertahankan, ajak pasanganmu berbicara dan mencari solusi bersama untuk situasi ini. Untuk meningkatkan kualitas hubungan suami istri tentu dibutuhkan banyak perjuangan.

Share artikel ini
Reference