kado valentine

Tanggal 14 Februari selalu menjadi hari spesial bagi banyak orang di seluruh dunia. Ini adalah peringatan hari kasih sayang dimana orang-orang mengekspresikan rasa cintanya dengan bunga, hadiah atau prilaku manis pada orang-orang yang mereka cintai. 

Yuk, ketahui lebih jauh mengenai sejarah hari valentine, ide hadiah, hingga ucapan valentine pada ulasan berikut ini.

Sejarah Valentine

beda cinta dan sayang

Sebelum merayakan hari valentine yang penuh dengan kasih sayang, kamu perlu tahu nih sejarah valentine terlebih dahulu. 

Valentine berasal dari legenda beberapa martir Saint Valentine pada masa pemerintahan Kaisar Romawi Claudius II. Ada dua saint Valentine yang terkenal, yaitu Saint Valentine of Rome dan Saint Valentine of Terni.

Menurut legenda, Saint Valentine of Rome adalah seorang pendeta Kristen yang hidup pada abad ke-3. Ia dikenal karena ia adalah sosok yang membantu pasangan-pasangan yang sedang kasmaran dan jatuh cinta untuk menikah, meskipun sebenarnya pernikahan dilarang oleh Kaisar Claudius II pada saat itu. 

Saint Valentine akhirnya ditangkap dan dipenjara karena hal ini, dan setelah beberapa bulan dalam tahanan ia kemudian mati dengan cara dipenggal.

Kapan Hari Valentine dan Apa Tips Menarik Untuk Merayakan Hari Kasih Sayang?

Sementara itu, Saint Valentine of Terni juga dikenal sebagai seorang pendeta yang membantu pasangan yang sedang jatuh cinta dan mempertemukan pasangan tersebut, meskipun pernikahan juga dilarang oleh pemerintah. Ia juga akhirnya ditangkap dan dipenjara kemudian dipenggal.

Meskipun legenda Saint Valentine mungkin belum tentu sebuah kenyataan namun hari Valentine tetap diperingati sebagai hari perayaan kasih sayang dan cinta hingga saat ini. 

Ide hadiah Valentine

kado ultah untuk pacar cewek

Untuk merayakan hari valentine yang spesial, orang-orang biasanya memberikan bunga atau hadiah kepada orang yang mereka sayangi sebagai cara untuk menunjukan rasa cinta tersebut. 

Buat kamu yang masih bingung memikirkan kado atau hadiah valentine, kamu bisa simak beberapa ide hadiah valentine berikut ini. 

1. Coklat

Makanan manis ini selalu identik dengan hari valentine dan hadiah kasih sayang untuk orang tercinta. Apalagi, biasanya produsen coklat juga membuat kemasan khusus di hari valentine sehingga rasanya menjadi lebih spesial untuk pasangan. 

Kamu bisa jadikan coklat sebagai kado valentine anti gagal, deh. 

2. Parfum

Parfum juga dapat menjadi hadiah yang tepat untuk kamu yang ingin merayakan valentine dengan orang terkasih. Parfum memiliki aroma yang wangi sehingga cocok untuk jadi hadiah di hari kasih sayang. Kamu bisa hadiahkan parfum dengan aroma yang pasangan kamu senangi.

3. Perhiasan

Untuk kamu yang ingin memberikan kado valentine mewah kamu bisa memberikan perhiasan sebagai hadiah. Kamu bisa memberikannya kalung atau cincin yang cantik sebagai tanda betapa kamu menyukainya. 

Mengenal Love Language Receiving Gifts, Apakah Materialistis?

4. Bunga

Hadiah selanjutnya adalah bunga. Apalagi, bunga juga memiliki banyak jenis dengan arti yang berbeda. Kamu bisa memilih jenis bunga yang sesuai dengan perasaan yang ingin kamu ungkapkan pada pasangan.

7 Bunga dan Maknanya untuk Pasangan

5. Cookies

Makanan manis memang menjadi salah satu hadiah valentine terbaik. Kamu bisa memberikannya cookies kesukaannya. Hadiah yang satu ini juga lebih cocok jika pasangan kamu memang penggemar makanan manis.

6. Hadiah buatan sendiri

Jika kamu ingin valentine terasa lebih spesial, kamu bisa memberikan hadiah buatan sendiri pada pasangan. Misalnya, makanan atau kue yang kamu buat sendiri atau rajutan yang sudah kamu siapkan untuk diberikan pada hari spesial ini. Kado seperti ini rasanya akan lebih personal dan spesial.

7. Tiket liburan

JIka kamu ingin melewati hari valentine berdua, kamu bisa belikan tiket liburan bersama. Kamu bisa berjalan-jalan ke tempat yang kalian sukai atau tempat bersejarah untuk kalian berdua. Selain itu, bisa juga beli tiket rekreasi untuk bersenang-senang bersama. 

8. Makan malam romantis

Kamu juga bisa memberikan kado valentine dengan makan malam romantis bersama pasangan. Kalian bisa menikmati momen romantis bersama dengan hidangan lezat sembari bertukar cerita. Jangan lupa reservasi terlebih dahulu, ya. 

Daftar ucapan Valentine

Selain menyiapkan kado valentine, kamu juga perlu menyiapkan ucapan valentine biar lebih berkesan. Ini dia sejumlah ucapan valentine yang bisa kamu berikan pada pasangan di hari kasih sayang ini.

Happy Valentine’s Day! My favorite place in the world is next to you.

(Selamat hari valentine! tempat yang paling aku sukai di dunia adalah berada di sampingmu)

Thank you for being mine.

(Terima kasih karena kau menjadi milikku)

Happy Valentine’s Day to the person who makes every day feel like a holiday. I love you more than words can say

(Selamat Hari Valentine untuk orang yang membuat setiap hari terasa seperti hari libur. Aku mencintaimu lebih dari kata-kata yang bisa diucapkan).

Happy Valentine’s Day to my sweetheart! I am so grateful for your love, all the joy and happiness you bring into my life

(Selamat Hari Valentine untuk kekasihku! Saya sangat berterima kasih atas cinta, semua kegembiraan dan kebahagiaan yang kamu bawa ke dalam hidupku)

To the person who holds the key to my heart, Happy Valentine’s Day! I love you now and always

(Kepada orang yang memegang kunci hatiku, Selamat Hari Valentine! Aku mencintaimu sekarang dan selamanya)

–  I never believed in luck until I found you. Happy Valentine’s Day!

(Aku tidak percaya pada keberuntungan sampai aku menemukannya. Selamat hari valentine!)

Every love story is wonderful but ours is my favorite

(Setiap kisah cinta itu indah tetapi kisah cinta kita adalah yang paling aku sukai)

I fell in love with you because of all the small things you don’t even realize you’re doing

(Aku jatuh cinta padamu karena semua hal kecil yang bahkan tidak kau sadari sedang kau lakukan)

Thank you for making me laugh and smile every single day since the day we met

(Terima kasih telah membuatku tertawa dan tersenyum setiap hari sejak kita bertemu)

Jadi, bagaimana apakah sekarang kamu sudah menemukan kado valentine terbaik dan ucapa yang akan kamu berikan pada orang yang kamu sayangi?


Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference