bucin artinya

Woman blinded by big love. Young female holding red hearts over eyes and smiling. Be my valentine. Girl showing love fun affection. Copy space. Happy Valentines Day. Female in love.

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan istilah bucin bukan? Tapi apakah kamu tahu sebenarnya bucin artinya apa ya? Bucin sendiri umumnya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang terlalu mencintai orang lain atau pasangan dan rela melakukan apa yang diminta. Yuk, kenalan lebih jauh dengan apa itu bucin yang sebenarnya.

Bucin artinya

Bucin atau budak cinta adalah ketika kamu tidak lagi dapat melihat seseorang dari kacamata logis, sehingga kamu hanya menganggap orang tersebut sebagai sosok yang sempurna dan berhak mendapatkan semua yang ia inginkan. 

Menurut teori psikologi Sigmund Freud, bucin artinya seseorang yang membuat orang lain terlihat ideal, baik secara sadar maupun tidak sadar. Idealisasi ini terwujud dengan rasa mencintai kepada orang lain dengan segenap jiwa dan raga. 

Pengorbanan ini mereka lakukan untuk menarik hati orang yang mereka cintai untuk menjadi pasangan hidup atau pacar. Bucin sendiri bukan hanya terjadi pada pasangan saja, namun orang yang tidak atau belum menjadi pasangan juga dapat bucin. Sehingga orang tersebut rela berkorban untuk orang yang dicintainya meskipun cintanya tidak terbalas. 

Ciri-ciri orang bucin

Berikut beberapa ciri-ciri orang bucin. Ayo, kamu termasuk bucin, tidak?

beda cinta dan sayang

1. Merasa tidak berguna ketika ditinggalkan

Saat orang yang bucin ditinggalkan orang orang yang ia sayangi, biasanya ia akan merasa putus asa, enggan melakukan apapun, menangis, bahkan seolah tidak nafsu makan. Ia juga akan merasa rugi karena telah ditinggalkan karena ia sudah melakukan banyak pengorbanan untuk orang yang dicintainya. 

2. Selalu memikirkan orang yang ia sukai

Ciri-ciri bucin selanjutnya adalah selalu memikirkan orang yang ia sukai. Bahkan, tidak henti untuk chat dan menghubunginya serta tidak ragu untuk mengungkapkan perasaannya pada pasangan baik cinta maupun rasa rindu. Bahkan, orang yang sedang menjadi budak cinta juga dapat berperilaku berlebihan sampai segala hidupnya hanya berkutat pada orang tersebut saja. 

3. Melindungi pasangan yang berbuat salah

Melindungi pasangan tidak selamanya baik misalnya ketika pasangan berbuat salah tapi masih bela bahkan ketika ia berperilaku buruk pada orang lain. Rasa cinta yang terlalu besar dapat membutakan perilaku yang tidak seharusnya dibenarkan. 

4. Tidak menjadi diri sendiri 

Biasanya, seorang budak cinta juga tidak menjadi diri sendiri karena ia mengikuti apa yang pasangan inginkan, alih-alih melakukan apa yang ia inginkan. Misalnya, mengubah penampilan, tidak melakukan hal-hal yang biasanya ia sukai hanya karena orang yang ia cintai tidak menyukainya. 

5. Mudah galau 

Mereka juga mudah galau terutama ketika orang yang ia sukai sedang cuek atau tidak seantusias seperti yang diharapkan. Padahal, bisa saja orang tersebut sedang sibuk sehingga tidak sempat berkomunikasi atau bertemu. 

6. Selalu minta maaf terlepas siapapun yang salah

Orang yang bucin juga cenderung untuk selalu meminta maaf sekalipun yang salah bukan mereka. Ia tetap akan merasa bersalah dan khawatir bahwa pasangannya akan kecewa atau marah sehingga ia akan meminta maaf. 

7. Mau disuruh melakukan apa saja

Tidak salah jika bucin artinya budak cinta. Pasalnya, mereka memang mau melakukan apapun untuk pujaan hatinya seperti layaknya budak. Misalnya, membelikan apa yang pasangan mau, antar jemput meskipun jauh serta hal-hal lain yang sang pujaan hati mau. 

8. Jarang kumpul bersama teman

Terlalu sibuk soal asmaranya membuat orang yang bucin menjari jarang berkumpul dengan teman-temannya. Pasalnya, kegiatan yang ia lakukan hanya berkutat pada orang yang ia sukai tersebut. 

Dampak negatif orang bucin

Setelah mengetahui bucin artinya apa dan ciri-cirinya, kamu juga perlu tahu apa sebenarnya dampak negatif orang bucin. Pasalnya, cinta yang berlebihan hingga buta ternyata membawa beberapa dampak buruk, seperti:

cinta bertepuk sebelah tangan

1. Mendapat kritik dari lingkungan sekitar

Orang yang bucin menjadi jauh dari pergaulan pertemanan bahkan aktivitas yang biasa ia lakukan mungkin menjadi hilang karena yang ia pikirkan hanya cinta saja. Perilaku seperti ini kerap mendapatkan kritik dari lingkungan sekitar. Namun, karena perasaan yang buta, kritik tersebut hanya sebagai angin lalu saja. 

2. Sulit mencapai tujuan

Akibat terlalu fokus pada percintaan, tujuan atau target yang telah direncanakan sebelumnya mungkin menjadi terganggu apalagi, jika kamu menjadi sosok yang kurang produktif karena hanya memikirkan soal cinta saja. 

3. Melukai psikologis

Mereka kerap mencari pembenaran atas perilaku orang yang ia sukai dan mengikuti semua keinginan orang tersebut. Lama kelamaan tindakan ini justru akan melukai perasaannya sendiri bahkan berpengaruh negatif pada kondisi psikologisnya

Mengapa seorang bisa menjadi bucin 

Penyebab seseorang menjadi bucin ternyata dapat dijelaskan dari kacamata sains. Ada dua faktor dalam tubuh manusia yang dapat menyebabkan seseorang menjadi buta akan cinta, yaitu:

1. Faktor kimia

Ketika jatuh cinta hormon dopamin yang ada di dalam otak akan diproduksi lebih banyak sehingga cinta akan lebih candu. Ini sebabnya mengapa seseorang yang jatuh cinta dapat mencapai level bucin. Sehingga, semua yang pasangan lakukan menjadi hal menyenangkan. 

2. Faktor psikologis

Faktor psikologis juga berpengaruh pada tingkat kebucinan seseorang. Semakin rendah harga diri, emosional, dan keadaan mentalnya semakin besar pula kemungkinan seseorang menjadi budak cinta.

Share artikel ini
Reference