berbahayakah benjolan kecil di kelopak mata bagian dalam atas

Mata adalah indra penting karena hampir semua kegiatan lebih mudah jika bisa melihat dengan jelas. Namun, mata juga sering mengalami masalah, salah satunya muncul benjolan. Lalu, bahayakah benjolan kecil di kelopak mata bagian dalam atas?

Jika ada benjolan kecil di kelopak mata bagian dalam atas, maka penglihatan bisa terganggu. Biasanya orang menyebutnya dengan bintitan, tetapi dalam medis ini disebut kalazion. 

Nah, seberapa bahaya kalazion dan bagaimana cara mengatasinya, ya? Yuk, simak artikel ini hingga tuntas supaya kamu tak penasaran lagi, Yoonies!

Benjolan kecil di kelopak mata bagian dalam atas adalah kalazion

Mirip dengan bintitan, kalazion adalah kondisi munculnya benjolan kecil di kelopak mata bagian dalam atas. Biasanya, seseorang menyadari benjolan karena merasa tidak nyaman atau ada yang mengganjal saat membuka kelopak mata. 

Kalazion juga disebut dengan kista meibom atau kista kelopak mata yang terbentuk akibat penumpukkan kelenjar minyak yang terus menerus sehingga menyebabkan penyumbatan. 

Penyakit ini bisa menyerang anak-anak maupun dewasa. Di awal kemunculan, kamu mungkin merasakan nyeri, tetapi sakitnya bertahan sementara dan hilang. Kalazion paling umum dialami orang dewasa usia 30-50 tahun. 

Kelenjar meibom berperan membuat minyak yang bercampur dengan air mata untuk melembapkan. Namun, jika minyak terlalu kental maka kelenjar akan tersumbat akibat peradangan.

Apa Penyebab Bintitan di Mata? Ternyata dari Kebiasaan Sehari-hari, Lho!

Apakah benjolan di dalam kelopak mata berbahaya?

kalazion penyebab benjolan kecil di kelopak mata bagian dalam atas

Umumnya, kalazion bisa hilang dengan sendirinya dan bukan penyakit mengancam nyawa. Hanya saja, benjolan akan menyebabkan rasa tidak nyaman setiap kali kamu membuka mata. Selain itu, membuat jadi tidak percaya diri. 

Orang yang mengalami kalazion mengalami gejala, seperti mata berair, penglihatan kabur, bengkak, merah, dan nyeri ketika bagian benjolan disentuh.

Faktor penyebab kalazion lainnya adalah radang kelopak mata, dermatitis, memiliki riwayat diabetes, infeksi virus, dan TBC. Apabila kamu pernah mengalami kalazion, besar kemungkinan mengalaminya lagi kemudian hari. 

Diagnosis benjolan kecil di kelopak mata bagian dalam atas

Kamu dapat memeriksa sendiri dengan bantuan cermin. Namun, untuk memastikan kalazion bisa didiagnosis dengan mengunjungi dokter spesialis mata untuk memastikan. Dokter akan memberikan pertanyaan seputar riwayat kesehatan, meminta kamu menjalani pemeriksaan mata eksternal dan menyeluruh. 

Lantaran tidak berbahaya, pengobatan kalazion bervariasi mulai dari perawatan rumahan dan medis. Pengobatan di rumah bisa dilakukan dengan mengompres benjolan dengan air hangat. Tempelkan selama kurang lebih 15 menit, lakukan minimal 2 kali sehari untuk membuka kelenjar minyak yang tersumbat. 

Selain itu, kamu bisa memijat dengan lembut kelopak mata secara rutin hindari menekan dengan keras. Ini hanya akan menyebabkan benjolan pecah dan menimbulkan masalah baru. 

Oleskan salep antibiotik untuk membunuh bakteri pemicu kalazion. Paling penting, jaga kebersihan, jangan menyentuh benjolan dengan tangan kotor. Apabila tak kunjung membaik, segera hubungan dokter untuk mendapat penangan medis. 

Papilledema Adalah: Gangguan Saraf Mata Tanda Penyakit Serius

Cara mencegah benjolan kecil di kelopak mata bagian dalam atas

Kalazion bisa kambuh lagi. Oleh karena itu, ikuti cara mencegah benjolan kecil di kelopak mata bagian dalam atas sebagai berikut: 

  1. Senantiasa menjaga kebersihan dan hindari menyentuh mata terlalu sering dengan tangan kotor
  2. Selalu mencuci tangan ketika ingin memasang lensa kontak
  3. Pastikan menghapus makeup dan mencuci muka sebelum tidur
  4. Mengganti makeup terutama bagian mata yang sudah kedaluwarsa

Penyakit lain penyebab benjolan kecil di kelopak mata

Selain kalazion, penyebab munculnya benjolan di bagian mata bisa disebabkan oleh penyakit lain diantaranya: 

  • Xanthelasma merupakan plak kuning lembut di bawah kulit biasanya di dekat hidung
  • Milium adalah kista putih berukuran kecil atau bahasa lainnya milia
  • Bintitan mirip seperti lepuh dan jerawat biasanya akan sakit ketika disentuh

Bintitan terbagi menjadi 2, yaitu internal dan eksternal. Bintitan internal terjadi ketika benjolan terbentuk di bagian luar kelopak mata alias bagian bawah, sedangkan bintitan internal yaitu benjolan menghadap ke dalam bola mata. 

Penanganan bintitan tidak jauh berbeda dengan kalazion, yaitu menjaga kebersihan dan tidak menyentuh bola mata terlalu sering.

Ciri-Ciri Sakit Mata akan Sembuh, Bye Bye Rasa Perih!

Itulah penyebab benjolan kecil di kelopak mata bagian dalam atas beserta cara mengatasinya. Semoga dengan informasi ini kamu kamu bisa menghilangkan kalazion dengan mudah ya, Yoonies!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference