vitamin tulang dan gigi untuk anak

Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Untuk itu, orang tua selalu ingin memberikan nutrisi terbaik untuk buah hatinya. Termasuk juga memberikan vitamin tulang dan gigi untuk anak.

Namun, apa saja vitamin yang cocok untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak? Apa saja manfaatnya?

Sebelum mengetahui jenis vitaminnya, mari simak terlebih dulu bagaimana pertumbuhan tulang dan gigi anak berikut ini.

Bagaimana pertumbuhan tulang dan gigi pada anak

vitamin untuk tulang dan gigi anak

Pertumbuhan tulang sebenarnya dimulai sejak bayi dalam kandungan hingga lahir. Jika bayi kekurangan vitamin dan mineral, pertumbuhan tulang bayi dapat terganggu.

Saat anak-anak hingga sebelum pubertas, tulang dan gigi dapat berkembang dengan cepat dan maksimal. Oleh sebab itu, vitamin tulang untuk anak sangat dibutuhkan sejak masih bayi.

Seperti halnya kemampuan berbicara dan berjalan, gigi juga memiliki tonggak pertumbuhan tersendiri.

Pertumbuhan gigi dimulai sejak bayi berada dalam kandungan, yakni sejak usia minggu ke-4 hingga bayi lahir.

Tingkat pertumbuhan gigi pada anak pun bervariasi. Salah satunya dipengaruhi oleh asupan kalsium saat ibu hamil.

Oleh karena itu, vitamin tulang dan gigi untuk anak sangatlah dibutuhkan demi tumbuh kembangnya yang optimal.

Ciri-ciri Bayi Tumbuh Gigi yang Wajib Orangtua Ketahui

6 Vitamin tulang dan gigi untuk anak

Menjaga kesehatan tulang memang bisa dicapai dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Namun, berbagai jenis vitamin juga dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan tulang. Berikut beberapa jenis vitamin untuk tulang dan gigi yang kuat:

1. Vitamin D

kelebihan vitamin d

Vitamin D berperan penting dalam membantu kalsium diserap ke dalam tubuh. Tanpa vitamin D, tubuh tidak dapat menyerap kalsium secara optimal.

Vitamin D juga sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan pencegahan osteoporosis. Selain itu, vitamin D memiliki efek menjaga kadar kalsium dan fosfor yang berfungsi untuk memperkuat jaringan gigi dari dalam.

Tubuh membutuhkan setidaknya 400-800 unit vitamin D per hari. Vitamin D bisa didapat dengan berjemur, mengkonsumsi produk susu, kuning telur, dan sayuran hijau, atau mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D.

2. Vitamin C

makanan yang mengandung vitamin C

Vitamin C membantu produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen tidak hanya baik untuk peremajaan kulit, tetapi juga merupakan komponen penting dari tulang dan persendian.

Kolagen membantu senyawa lain mengikat dengan mudah dan membentuk tulang yang kuat. Kolagen juga membuat jaringan tubuh tahan terhadap peregangan dan deformasi.

Tubuh membutuhkan setidaknya 500 miligram vitamin C per hari. Vitamin C bisa didapat dengan mengkonsumsi buah dan sayur atau mengonsumsi suplemen tambahan.

3. Vitamin K

makanan yang mengandung vitamin K

Vitamin K sangat bagus untuk memperkuat dan meningkatkan kepadatan tulang. Vitamin K memiliki banyak peran penting dalam mengangkut kalsium dari darah ke tulang, memperkuat osteokalsin dan komponen protein tulang, mencegah tulang keropos, dan membantu menyembuhkan patah tulang lebih cepat.

Pria membutuhkan 120 mikrogram vitamin K per hari, sedangkan wanita membutuhkan 90 mikrogram vitamin K per hari. Vitamin K bisa didapat dari sayuran seperti brokoli dan kembang kol, ikan, daging, dan telur.

4. Vitamin B12

Vitamin lain yang juga mendukung kesehatan tulang adalah vitamin B12. Jika tubuh kekurangan vitamin ini, bisa memicu pengeroposan tulang dan melemahkan tulang.

Selain itu, vitamin B12 juga berperan penting dalam kesehatan gigi, termasuk dalam mengurangi pendarahan gusi.

Anak-anak membutuhkan 0,5–3 mikrogram vitamin B12 per hari. Asupan ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi berbagai makanan laut, seperti herring, ikan tuna, kepiting, sarden, dan berbagai jenis ikan lainnya yang kaya akan vitamin B12.

5. Kalium

Selain bertanggung jawab untuk menyeimbangkan tingkat keasaman dalam tubuh, kalium juga memiliki efek mencegah kalsium terbuang dari tubuh, dengan kata lain dapat

Kebutuhan kalium untuk anak usia 1-3 tahun adalah sekitar 3.000 mg per hari dan usia 4-6 tahun sekitar 3.800 mg per hari.

Cobalah beri anak makan alpukat, brokoli, dan yogurt untuk memenuhi kebutuhan kalium anak.

6. Magnesium

makanan yang mengandung magnesium

Selain vitamin, mineral ini sangat penting untuk kesehatan struktur tulang, yaitu pembentukan magnesium. Perannya adalah memaksimalkan penyerapan kalsium untuk memperkuat tulang.

Anak-anak membutuhkan sekitar 80-240 mg magnesium per hari. Untuk mendapatkannya, coba berikan anak makan bayam, kacang tanah, tahu, dan kacang polong.

Manfaat vitamin yang baik untuk tulang dan gigi anak

manfaat vitamin tulang dan gigi untuk anak

Dari berbagai kandungan vitamin tulang dan gigi untuk anak yang telah disebutkan di atas, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh, yakni:

1. Penyerapan kalsium

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium. Kalsium (bersama dengan fosfor dan mineral lainnya) berperan penting dalam membangun dan memperkuat tulang jaringan gigi dari dalam.

Selain itu, kalsium juga dapat membantu dalam percepatan proses penyembuhan gigi anak yang berlubang.

2. Meminimalisir gangguan kesehatan tulang

Vitamin D sangat penting bagi anak untuk mencegah masalah kesehatan tulang. Anak-anak dapat mengalami gangguan kesehatan tulang yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya.

Nah, kekurangan vitamin D dapat membuat anak lebih rentan terhadap nyeri otot, kelelahan, dan hambatan untuk bergerak, dan berbagai masalah gigi.

3. Menjaga kepadatan mineral tulang

Vitamin K berperan penting dalam mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan mineral tulang. Oleh karena itu, konsumsi vitamin K sangat diperlukan agar anak tidak mengalami masalah tulang di hari tua.

4. Produksi kolagen

Vitamin C terlibat dalam produksi kolagen, protein yang merupakan bagian dari struktur tulang. Menjaga asupan vitamin C berarti meningkatkan kepadatan tulang.

Selain itu, Vitamin C juga juga memiliki kekuatan untuk memberikan struktur pada kulit, tulang, tendon, fibrocartilage, jaringan ikat, dan gigi.

5. Menjaga kepadatan tulang dan enamel gigi

Magnesium dan kalsium saling membantu, kalsium berfungsi untuk memperkuat tulang, dan magnesium ada untuk menjaga dan melindungi jaringan lunak dan tulang.

Magnesium juga melindungi gigi dari kerusakan gigi dengan menyimpan kalsium di email gigi.

Inilah 5 Akibat kekurangan magnesium dalam tubuh

Masalah tulang dan gigi anak akibat kekurangan vitamin

Bila terjadi pada anak-anak, kekurangan vitamin (terutama vitamin D) dapat menyebabkan berbagai gangguan, antara lain:

  • Rakhitis, yakni kondisi yang menyebabkan anak mengalami nyeri tulang kaki, nyeri otot, dan lemas.
  • Tumbuh kembang tidak optimal. Kekurangan vitamin D pada anak berdampak pada stunting.
  • Pertumbuhan gigi tertunda.
  • Suasana hati dan emosi tidak stabil.
  • Rentan terhadap infeksi, termasuk infeksi saluran pernapasan.
  • Gagal jantung.

Untuk mengatasi masalah tulang dan gigi pada anak, sebagai orang tua, jangan lupa penuhi nutrisi anak dengan berbagai vitamin tulang dan gigi untuk anak yaa!

Share artikel ini
Reference