cara agar asi melimpah

Salah satu hal yang membuat ibu menyusui kerap stres adalah ASI yang sedikit. Apalagi, ASI memang sangat penting untuk memenuhi nutrisi si kecil. 

Namun, tidak perlu terlalu khawatir, ada cara agar ASI melimpah yang bisa langsung ibu praktekan. Berikut ulasannya.

Tips agar asi melimpah

bh menyusui

JIka ibu memiliki masalah dengan produksi ASI, ibu bisa coba beberapa tips ini supaya produksi ASI jadi lancar

1. Lebih sering menyusui

Cara agar ASI melimpah yang pertama adalah dengan lebih sering menyusui. Tubuh ibu akan lebih banyak menghasilkan ASI ketika ibu lebih sering menyusui. Ini akan membantu memberi sinyal pada tubuh untuk meningkatkan produksi ASI. Selama beberapa minggu pertama setelah melahirkan, ibu setidaknya menyusui setiap 2-3 jam sekali. 

2. Gunakan teknik kompresi payudara

Kompresi payudara adalah teknik yang digunakan untuk membantu bayi mendapatkan lebih banyak ASI saat menyusui. Ini juga merupakan cara untuk mengeluarkan lebih banyak ASI dari payudara saat ibu menggunakan pompa ASI.

Ibu tidak perlu menggunakan kompresi payudara jika bayi menyusu dengan baik. Namun, jika memiliki bayi yang sering tertidur atau bayi baru lahir yang tidak begitu kuat saat menyusu, ibu bisa pompa payudara supaya membuat aliran ASI tetap lancar dan bayi tetap dapat menyusu.

3. Pijat payudara

Mempelajari bagaimana cara mengeluarkan ASI dengan tangan bisa sangat berguna. Banyak ibu lebih suka menggunakan tangan daripada menggunakan pompa ASI karena lebih alami dan tidak memerlukan biaya.

Selama beberapa hari pertama menyusui, pijat payudara dengan tangan mungkin lebih nyaman, dan cara ini juga dapat meningkatkan produksi ASI.

7 Menu Makanan Ibu Menyusui saat Puasa dan Tips Sehatnya!

4. Lakukan perubahan gaya hidup sehat

Gaya hidup yang kamu lakukan ternyata dapat berpengaruh besar pada produksi ASI. Beberapa gaya hidup yang perlu dihindari adalah merokok, stres, terlalu lelah. Hal ini dapat menyebabkan produksi ASI terhambat.

Sebaiknya, rubah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi serta hindari stres dan jangan terlalu lelah. 

5. Menyusui lebih lama

Cara agar ASI melimpah selanjutnya adalah dengan menyusui lebih lama. Biasanya bayi baru lahir menyusu setidaknya selama 10 menit di setiap sisi payudara. Jika bayi tertidur, ibu bisa bagunkan si kecil dengan lembut untuk tetap dapat menyusui bayi. 

Semakin lama bayi menyusu, semakin banyak rangsangan yang akan didapatkan sehingga pasokan ASI juga akan semakin baik.

Cara memperbanyak asi dengan pompa

Jika ibu menyusui dengan memompa ASI, ibu juga bisa coba cara agar ASI melimpah berikut ini. Jadi pompa ASI ibu bisa tetap lancar dan melimpah.

1. Tingkatkan frekuensi pemompaan

Biasanya, ibu seharusnya memompa setiap 3 jam. Memompa lebih sering dapat membantu merangsang payudara untuk menghasilkan lebih banyak ASI. Ibu bisa mencoba memompa kedua payudara selama 15 menit setiap dua jam selama 48-72 jam. Kemudian, ibu bisa kembali ke jadwal pemompaan normal. 

8 Tips Diet Untuk Ibu Menyusui, Aman Dan Efektif!

2. Luangkan waktu untuk kontak kulit-ke-kulit

Kontak kulit-ke-kulit, juga disebut perawatan kanguru, adalah ketika seorang ibu atau ayah memegang bayi di dada mereka. Tindakan sederhana ini memiliki beberapa manfaat, termasuk:

  • Mempertahankan suhu tubuh bayi
  • Melambatkan pernapasan dan detak jantung bayi
  • Merilekskan dan menghibur bayi
  • Mendorong ikatan antara bayi dan orangtua
  • Manfaat penting lainnya bagi ibu adalah bahwa kontak kulit-ke-kulit juga membantu meningkatkan pasokan ASI. 

3. Pompa ASI di lingkungan yang nyaman

Buat tempat memompa asi senyaman mungkin. Ibu bisa cari tempat tenang dimana bisa leluasa untuk menyusun peralatan pompa. Atur perlengkapan yang diperlukan lalu ibu juga bisa buat suasana lebih nyaman misalnya dengan menyediakan cemilan atau sembari menyetel lagu kesukaan. 

Tips agar asi banyak dan kental

Bukan hanya soal ASI yang lancar saja, ibu juga tentu ingin memiliki ASI yang kental dan berkualitas. Berikut beberapa cara agar ASI melimpah. Tidak perlu khawatir, caranya juga mudah, kok. 

1. Perbanyak konsumsi air

Mengkonsumsi banyak air sangat penting untuk produksi ASI. Jika ingin ASI lebih banyak dan berkualitas, ibu perlu minum lebih banyak air. 

Ibu juga bisa mendapatkan asupan cairan dengan cara yang lebih bervariasi, misalnya dengan mengkonsumsi jus sayuran atau jus buah. Namun, hindari mengkonsumsi minuman kemasan dengan kandungan gula tinggi, ya. 

Minum air juga sangat penting untuk ibu menyusui, pasalnya ibu menyusui lebih rentang mengalami dehidrasi. Jika ibu mengalami dehidrasi karena tidak cukup air, maka produksi ASI juga akan berkurang. 

2. Lakukan pijatan Oksitosin

Metode pijatan oksitosin atau pijatan punggung bermanfaat untuk mempercepat pelepasan ASI. Pijatan ini dilakukan sepanjang tulang belakang. Gerakan pijatan ini memicu hormon prolaktin dan oksitosin yang mendukung produksi ASI. 

Hormon oksitosin membuat payudara berkontraksi sehingga dapat melepaskan ASI lebih lancar. Tidak hanya itu, pijatan juga dapat mengurangi pelepasan hormon kortisol yang biasanya dilepaskan oleh tubuh saat mengalami stres. Dengan menekan hormon kortisol, pelepasan hormon prolaktin dan oksitosin tidak terganggu.

Pijatan oksitosin tidak sulit dilakukan, ibu bisa meminta bantuan orang terdekat untuk melakukan terapi pijatan ini. Caranya, ibu bisa duduk sambil sedikit membungkuk ke depan, lalu pijat sisi tulang belakang menggunakan kepalan tangan dengan ibu jari mengarah ke depan. 

Lakukan pijatan dengan gerakan melingkar dan tekanan yang cukup kuat. Kemudian pijat tulang belakang dari atas ke bawah, dari leher hingga tulang belikat. Tidak memerlukan waktu lama, pijatan selama dua hingga tiga menit sudah bisa memberikan efek positif pada produksi ASI yang lancar.

3. Konsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan tinggi protein

Secara umum, ibu menyusui memerlukan 75-85 gram protein per hari untuk produksi ASI yang lancar. Baik protein nabati maupun hewani penting untuk produksi ASI dan kesehatan ibu menyusui. 

Protein nabati dari kacang-kacangan, tahu, dan tempe bermanfaat sebagai antioksidan agar ibu menyusui tidak rentan terhadap penyakit. Sementara itu, protein hewani dari ikan, telur, dan daging mengandung asam amino yang mudah dicerna oleh tubuh.

Buah-buahan dan sayuran membantu meningkatkan produksi ASI. Vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam sayuran dan buah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu dan membantu meningkatkan produksi dan kualitas ASI ibu.

4. Jaga kebahagiaan ibu

Cara agar ASI melimpah selanjutnya adalah dengan menjaga kebahagiaan ibu menyusui. Tidak hanya kondisi fisik dan asupan nutrisi, kondisi psikologis ibu menyusui juga memiliki peran penting agar ASI melimpah. 

Hormon stres dapat menghambat produksi ASI. Oleh karena itu, keluarga dan orang terdekat perlu memberikan perhatian khusus jika ibu menyusui mengalami stres atau mengalami baby blues pasca melahirkan. Dengan begitu, ASI akan lebih lancar dan berkualitas.

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference