Manfaat green coffee untuk kesehatan

Pernahkah kamu mengkonsumsi green coffee sebelumnya? Green coffee merupakan salah satu jenis biji kopi yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, kira-kira apa saja manfaat green coffee untuk kesehatan bisa yang bisa kamu dapatkan?

Lalu, bagaimana cara konsumsi jenis kopi ini yang tepat? Nah, kamu sudah mengunjungi artikel yang tepat, kok. Di artikel ini kami akan memberikan ulasan menarik mengenai manfaat green coffee bagi kesehatan. Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

Mengenal apa itu green coffee

Green coffee adalah biji kopi berwarna hijau yang belum melewati proses dipanggang. Di mana proses pemanggangan ini akan membuat beberapa nutrisi penting dalam biji kopi akan berkurang. Nah, biji kopi ini memiliki kandungan nutrisi yang besar dan bermanfaat untuk kesehatan. Tak heran, biji kopi ini popular sebagai salah satu biji paling diminati untuk kebutuhan kesehatan dan mengatasi berbagai keluhan penyakit lain.

Kandungan dalam green coffee

Biji kopi dari buah coffea ini mengandung tingkat asam klorogenat yang diketahui lebih tinggi dari jenis kopi biasa. Biji kopi yang dipanggang mengurangi jumlah asam klorogenat sehingga kopi mentah ini lebih tinggi nutrisinya.

Komponen dalam green coffee yaitu kafein dan asam klorogenat disebut sebagai kandungan paling utama untuk kesehatan. Apa saja manfaat yang bisa dirasakan ketika mengkonsumsi jenis biji kopi ini?

Manfaat green coffee

Dari kandungan dan nutrisinya, manfaat dari kopi hijau sangat banyak untuk kesehatan, lho. Apa saja manfaatnya?

1. Menurunkan berat badan

Biji kopi hijau merupakan suplemen yang baik untuk membantu menurunkan berat badan. Potensi kandungan asam klorogenat membantu membakar glukosa dan lemak sehingga berat badan dapat dikontrol dengan baik.

Kandungan asam ini juga dapat menurunkan penyerapan karbohidrat, mencegah lonjakan gula darah dan menjaga lipid tetap terkendali. Konsumsi kopi hijau secara teratur dapat membantu membakar lemak, menjaga berat badan, dan memicu metabolisme tubuh.

2. Mengatur gula darah

Kandungan asam klorogenat dapat menstabilkan kadar gula darah dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi peradangan, dan akumulasi lemak. Hal ini membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Namun, selain mengonsumsi green coffee, kamu juga perlu menjaga makan dan penuhi pola hidup sehat untuk menyeimbangkan kadar gula darah.

3. Mengontrol tekanan darah

Manfaat green coffee selanjutnya adalah dapat mengontrol tekanan darah. Asam klorogenat dapat mengoptimalkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Nutrisi dan manfaat kopi hijau ini dapat membantu mengurangi kadar hormon stres kortisol dan melebarkan pembuluh darah.

4. Anti aging

Sifat antioksidan dalam kopi hijau ini dapat mendorong regenerasi sel kulit baru sehingga menyamarkan garis halus dan kerutan di wajah. Kopi hijau juga merupakan eliminator radikal bebas sehingga sering digunakan sebagai perawatan kecantikan yang cukup ampuh.

5. Mencegah kanker

Manfaat dari green coffee yang kamu dapatkan selanjutnya adalah mencegah kanker. Seperti diketahui, radikal bebas diketahui sebagai salah satu pemicu kanker dan penyakit kronis lain. Nah, biji kopi hijau ini dapat mencegah pembentukan sel tumor dan risiko kanker.

Green coffee untuk diet

Begitu banyak manfaat dari kopi hijau yang perlu kamu ketahui, bukan? Selain itu kerja kandungan asam klorogenatnya juga sangat ampuh membantu menurunkan berat badan. Untuk kamu yang sedang diet, konsumsi kopi hijau dapat mengontrol tubuh sehingga mendapatkan berat badan yang diinginkan.

Dalam penelitian Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, kopi hijau dapat menjadi suplemen yang dapat mengurangi lemak dalam tubuh. Meskipun masih dalam penelitian lanjutan, manfaat green coffee berupa kafein dan asam klorogenat dalam menurunkan berat badan layak menjadi pertimbangan.

Cara mengolah kopi hijau yang baik

Biji kopi yang mentah harus diolah dengan baik agar dapat memperoleh manfaat yang maksimal. Bagaimana cara mengolahnya untuk kebutuhan diet?

  • Siapkan biji kopi hijau yang mentah dan kering
  • Cuci bersih, tidak perlu menggosok terlalu kasar untuk menghindari nutrisi terbaik terkikis
  • Rebus dengan air dengan perbandingan 1:3
  • Rebus hingga mendidih
  • Kecilkan api dan aduk, tunggu hingga 12 menit
  • Saring air kopi hijau
  • Tambahkan madu dan kopi siap disajikan

Selain itu, kopi hijau juga dapat dikonsumsi dengan cara lain seperti teknik french press, drip method atau teknik turkish coffee yang sesuai dengan kesukaan kamu, ya.

Efek samping konsumsi kopi hijau, adakah?

Manfaat green coffee sudah tidak perlu diragukan lagi untuk kesehatan, namun tentunya semua konsumsi harus sesuai dengan takaran agar tidak menimbulkan efek samping negatif, seperti kecanduan kopi dan masalah lain. Kamu perlu tahu bahwa konsumsi kafein yang berlebihan juga dapat memicu beberapa keluhan seperti dibawah ini:

  • Insomnia
  • Gelisah/gugup
  • Sakit perut
  • Mual dan muntah
  • Detak jantung meningkat
  • Sakit kepala
  • Telinga berdenging

Selain itu ada beberapa kelompok yang tidak disarankan minum kopi hijau loh, siapa saja mereka?

Kelompok yang tidak disarankan minum teh hijau

Mengkonsumsi kopi hijau memerlukan kewaspadaan dan peringatan khusus, terutama orang-orang yang mengidap beberapa penyakit dibawah ini:

  • Gangguan kecemasan
  • Diabetes
  • Gangguan perdarahan
  • Diare
  • Glukoma
  • Osteoporosis
  • Kolesterol tinggi

Beberapa kelompok penderita penyakit ini tidak disarankan untuk mengkonsumsi teh hijau, namun jika kamu bukan kelompok ini, kamu dapat mengkonsumsi sesuai anjuran dan saran dokter. Konsultasi dengan dokter gizi agar terhindar dari efek samping negatif dan rasakan manfaat terbaik dari konsumsi teh hijau.

Share artikel ini
Reference