Makanan Untuk Penderita Hipotiroid

Makanan untuk penderita hipotiroid adalah makanan utuh yang tidak melalui banyak proses pengolahan. Menu makanan dan pola hidup yang tepat dapat membantu meringankan gejala hipotiroid yang kamu alami.

Hipotiroid adalah penurunan fungsi tiroid yang menyebabkan tubuh tidak menghasilkan cukup hormon untuk mengatur banyak sistem tubuh yang penting. Menurut Mayo Clinic, hal ini sering membuat orang merasa lelah atau lesu, sensitif terhadap dingin, kulit kering atau sembelit, dan berat badan bertambah.

Rekomendasi makanan untuk penderita hipotiroid

makanan untuk penderita leukimia

Penderita hipotiroid mungkin merasa kegiatan sehari-harinya sangat terganggu dan tidak nyaman. Beberapa rekomendasi makanan ini akan menjadi menu yang tepat untuk penderitanya:

1. Kacang-kacangan dan polong-polongan

Kacang-kacangan dan polong-polongan mengandung selenium yang tinggi, yang dapat memengaruhi aktivasi hormon tiroid. Khususnya kacang Brazil, mengandung tingkat selenium yang sangat tinggi: hampir 1.000% dari nilai harian yang direkomendasikan hanya dalam satu ons, menurut National Institutes of Health.

2. Telur

Telur mengandung selenium dan yodium, keduanya dapat meningkatkan fungsi tiroid secara keseluruhan. Satu rebus besar mengandung 27% selenium dan 17% yodium, angka yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

3. Tuna dan sarden

Tepat di bawah kacang Brazil dalam daftar makanan tinggi selenium, yaitu tuna dan sarden, yang masing-masing mengandung 167% dan 82% dari nutrisi harian. Tinjauan studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam International Journal of Endocrinology menegaskan, bahwa mempertahankan tingkat selenium yang tepat sangat penting untuk mengobati dan mencegah penyakit tiroid.

7 Makanan untuk Penderita Prostat, Cek Di Sini!

4. Tiram

Zinc juga merupakan nutrisi penting dalam mengelola kondisi tiroid. Zinc membantu tubuh memproduksi hormon tiroid, meskipun kasus kekurangan Zinc jarang terjadi. Tiram berada di urutan teratas dalam daftar nutrisi dengan kandungan Zinc tertinggi, satu porsinya saja menyediakan 673%.

5. Ayam

Kamu bisa memilih sumber daging protein tanpa lemak seperti ayam daripada daging sapi. Daging putih mengandung lebih sedikit Zinc, tetapi masih merupakan bagian dari diet tiroid yang sehat.

Makanan terburuk untuk penderita hipotiroid

makanan untuk penderita infeksi usus

Faktor makanan sangat mempengaruhi perawatan hipotiroid, jangan sampai kamu mengalami kondisi yang lebih parah hanya karena makanan. Hindari beberapa makanan ini:

  1. Makanan dengan kedelai, termasuk edamame dan tahu

Sudah lama ada kekhawatiran tentang potensi efek negatif yang mungkin ditimbulkan oleh senyawa tertentu dalam kedelai, yang disebut isoflavon pada tiroid. Beberapa peneliti percaya bahwa terlalu banyak kedelai dapat meningkatkan risiko hipotiroidisme seseorang

  1. Sayuran silangan seperti brokoli dan kembang kol

Sayuran silangan, seperti brokoli dan kol, kaya akan serat dan nutrisi lain, tetapi dapat mengganggu produksi hormon tiroid jika kamu kekurangan yodium.

  1. Gluten, pada roti dan pasta

Penderita hipotiroidisme mungkin harus mempertimbangkan untuk meminimalkan asupan gluten, protein yang ditemukan dalam makanan yang diproses dari gandum, seperti tepung untuk bahan dasar roti, pasta, dll. 

  1. Makanan berlemak seperti mentega, daging, dan semua yang digoreng

Lemak telah ditemukan mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap obat pengganti hormon tiroid. Lemak juga dapat mengganggu kemampuan tiroid untuk memproduksi hormon. Beberapa ahli kesehatan menganjurkan agar menghentikan semua makanan yang digoreng.

7 Makanan untuk Penderita Skizofrenia yang Menyehatkan

Cara alami menghilangkan hipotiroid

Tujuan pengobatan alami atau pengobatan alternatif adalah untuk memperbaiki akar penyebab masalah tiroid. Sedangkan akar masalah tiroid terkadang dimulai dari beberapa hal yang dianggap sepele seperti:

  • Pola makan buruk,
  • Pengelolaan stress yang buruk,
  • Nutrisi yang hilang dalam tubuh.

Mengubah pola makan dan mengonsumsi suplemen herbal adalah dua cara untuk membantu kondisi tiroid. Pilihan ini mungkin memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada minum obat tiroid. Kamu bisa melakukannya jika kondisi hipotiroid masih belum terlalu parah.

Selain itu, mengonsumsi suplemen herbal untuk membantu mengatasi tiroid yang rendah atau kurang aktif, juga dapat membantu orang yang tidak merespons pengobatan dengan baik. Namun untuk memilih supelem herbal yang tepat, kamu harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Kondisi hipotiroid sangat erat kaitannya dengan pola makan dan pola hidup yang buruk. Memperbaiki pola makan dengan mengatur menu bernutrisi menjadi langkah baik untuk merawat hipotiroid dan mencegah gejalanya memburuk.

______

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference